Home Tips KesehatanKesehatan Otot 2 Cara Melemaskan Otot Tangan Yang Kaku dan Penyebabnya

2 Cara Melemaskan Otot Tangan Yang Kaku dan Penyebabnya

by Nur Wachid, S.Pd

Saat anda beraktivitas pasti pernah mengalami otot tangan yang kaku. Kondisi itu pasti akan mengganggu pekerjaan anda, selain tangan anda terasa sakit dan tidak bisa digerakkan anda juga akan mengalami hambatan dalam pekerjaan anda. Penyebab utamanya adalah aktivitas yang terlalu berat dan penggunaan berbagai jenis obat analgesik fungsi efek samping dosisnya. Nah, untuk penanganannya sendiri dapat menggunakan beberapa metode dan sangat mudah untuk dilakukan.

Artikel berikut akan membahas 2 cara melemaskan otot tangan yang kaku dan penyebabnya. Sehingga selain anda dapat mengatasi tangan anda yang kaku, anda juga dapat mencegahnya agar tidak mengalami otot tangan yang kaku. Berikut adalah ulasannya.

  1. Penanganan Sendiri

Apabila otot kaku yang anda derita masih tergolong ringan dan tidak terlalu parah maka anda dapat melakukan penanganan dengan menjalaninya di rumah. Berikut akan kami jabarkan:

  1. Mengonsumsi obat pereda rasa sakit seperti paracetamol atau ibuprofen. Selain mengonsumsi anda juga dapat menggunakan krim dengan kandungan ibuprofen yang dioleskan di area tangan yang kaku.
  2. Mengompres pada area tangan yang kaku menggunakan es batu selama satu sampai tiga hari. Hal ini akan membuat tangan yang kaku akan segera memulih dan mengurangi rasa sakit yang anda rasakan. Pelajarilah cara kompres yang benar untuk demam.
  3. Penanganan yang selanjutnya yang sangat mudah anda lakukan adalah dengan istirahat. Mengistirahatkan otot yang kaku akan membuat otot anda terasa lebih ringan dan tidak sakit karena aktivitas berat yang anda lakukan.
  4. Lakukan pijatan ke arean tangan yang kaku. Perlu anda perhatikan dalam melakukan pijatan anda harus melakukan dengan cara lembut dan hindari resiko yang justru akan membuat cedera otot tangan anda.
  5. Cobalah untuk merileksasikan saraf otak anda. Dengan demikian anda akan mengurangi stress dan akan memicu untuk meredakan otot tangan yang kaku. Anda disarankan untuk dapat mengelola stress agar dapat menghindari kejadian otot tangan yang kaku.
  6. Penanganan selanjutnya adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Perlu anda ketahui bahwa manfaat olah raga bagi kesehatan tubuh sangatlah banyak. Namun demikian, anda harus memerhatikan porsi olahraga anda, jangan sampai berlebihan dan melebihi kemampuan tubuh anda.
  7. Penanganan Medis

Jika anda mengalami otot tangan yang kaku kemudian kondisinya sudah sangat parah atau beresiko tinggi untuk terkena cedera, maka langkah yang perlu anda ambil adalah penanganan secara medis. Namun demikian, langkah ini disarankan untuk anda tempuh setelah melakukan penanganan sendiri. Dengan penanganan medis anda dapat mengetahui penyebab dan bagaimana penanganan sesuai dengan tingkat cedera yang dialami oleh otot tangan anda yang kaku. Jika anda terlambat menangani otot tangan yang kaku ini dikhawatirkan akan menyebabkan komplikasi penyakit lainnya. Sebagai tolak ukur gejala yang membuat anda harus mengambil jalan penanganan medis adalah sebagai berikut:

  1. Rasa otot kaku semakin terasa parah dan sakit sehingga akan menghambat kegiatan anda sehari-hari.
  2. Otot kaku tidak kunjung reda setelah melakukan penanganan sendiri di rumah.
  3. Anda merasakan otot tangan yang kaku sangat nyeri dan membengkak di sekitar otot kaku.
  4. Timbul gejala lain seperti demam maupun sakit kepala.
  5. Setelah anda mengonsumsi obat tertentu tiba-tiba anda mengalami otot tangan yang kaku.
  6. Otot tangan yang kaku sulit untuk anda gerakkan.
  7. Urin yang anda keluarkan lebih sedikit dibanding biasanya pada saat kondisi normal.
  8. Anda mengalami gejala muntah-muntah.

Demikianlah beberapa cara yang dapat anda tempuh untuk melemaskan otot tangan yang kaku. Anda tidak usah khawatir karena biasanya otot tangan yang kaku hanya berlangsung sebentar saja. Namun demikian, anda juga tidak boleh menyepelekannya karena bisa jadi itulah adalah kelainan otot pada manusia. Untuk menghindari dari otot tangan yang kaku sebaiknya anda melakukan olahraga rutin sehingga otot anda lemas dan akan mendukung dalam aktivitas harian anda. Berikut adalah penyebab yang membuat otot tangan anda kaku:

Faktor pertama adalah terlalu memaksakan kerja otot. Biasanya penyebab ini paling sering terjadi ketika anda bekerja. Anda akan mengetahui penyebab ini ketika anda sudah mengalami otot tangan yang kaku. Kondisi ini juga akan membuat otot cepat lelah. Faktor selanjutnya adalah cedera yang meliputi terkilir dan tegang. Biasanya kondisi ini akan membuat otot tangan anda kaku dan disertai dengan nyeri.

Penyebab selanjutnya adalah Firomyalgia atau penyakit yang menyerang otot. Faktor selanjutnya adalah stres. otot yang kaku pada tangan bisa berasal dari otot saraf yang menuju ke otak anda dan kondisi ini adalah saat anda mengalami stress.

You may also like