9 Cara Meningkatkan Mood di Tempat Kerja Simpel dan Ampuh

56

Tahu-tahu sudah masuk awal minggu lagi dan harus bekerja lagi. Berkutat dengan segudang pekerjaan, belum lagi menghadapi atasan yang mungkin bikin sedikit tegang dan bete, hal-hal seperti ini sering membuat mood turun tapi tak bisa dihindari. Kalau begitu, cobalah beberapa cara meningkatkan mood di tempat kerja agar tidak kehilangan semangat untuk tetap memberikan yang terbaik.

  1. Memejamkan Mata

Cara paling simpel yang bisa dilakukan ketika berada di kantor dan ingin menaikkan mood adalah dengan memejamkan mata lebih dulu. Sambil mata terpejam, bernafaslah perlahan dengan mengambil nafas dalam-dalam, lanjutkan dengan mengeluarkannya pelan-pelan lewat mulut. Beberapa kali cara ini bisa diulangi sampai perasaan dan mood kembali baik.

  1. Mencoreti Buku

Sediakan atau bawa sebuah buku khusus untuk wadah corat-coret ketika sedang bad mood. Penulis buku The Doodle Revolution, Sunni Brown mengatakan bahwa dengan mencorat-coret di buku sesuai keinginan kita, ini adalah sebuah penyaluran apa yang kita rasakan. Secara tak langsung, segala masalah yang bikin kita kepikiran dan tak enak hati jadi terasa lebih ringan.

  1. Mendengarkan Musik/Lagu Favorit

Agar mood kembali naik dan pikiran juga lebih segar, coba saja dengarkan musik atau lagu kesukaan sambil sedikit bersenandung mengikutinya. Hanya saja, kendalikan diri ya saat melakukannya agar tidak kebablasan dan terlalu menghayati layaknya sedang berkaraoke ria. Agar produktivitas kerja dan otak terstimukasi, musik berirama cepat atau justru musik klasik bisa jadi pilihan.

  1. Minum Kopi, Coklat atau Teh

Bagi penggemar kopi, cobalah untuk menikmati secangkir kopi dulu di kala mood sedang down dan pikiran sedang keruh. Namun bagi yang tak suka atau sedang menghindari kopi, jadikan teh atau coklat panas sebagai alternatif karena minuman-minuman ini benar-benar bisa mendukung agar mood naik dan diri sendiri lebih rileks.

  1. Ngemil Coklat

Supaya mood naik lagi, kenapa tak coba ngemil coklat saat berada di tempat kerja? Coklat hitam kaya antioksidan adalah pilihan camilan yang oke dalam mengembalikan mood sekaligus fokus dan kekuatan tubuh kita lho menurut penelitian. Jangan takut gemuk karena asalkan menikmati tidak berlebihan maka coklat justru memberikan keuntungan bukan kerugian.

  1. Mengunyah Permen Karet

Bukan hanya coklat, kopi dan teh, permen karet bisa jadi pilihan sebagai peningkat mood. Kunyah-kunyahlah permen karet sebagai stimulan bagi saraf otak agar tak mudah ngantuk, lebih aktif, lebih fokus dan lebih waspada. Dengan mulut yang aktif mengunyah, hal ini juga mampu memicu produktivitas ikut meningkat lho.

  1. Melompat

Mood turun saat di tempat kerja juga bisa disiasati dengan melompat. Alternatif cara menaikkan mood ini layak dicoba apalagi dilakukan berulang kali sekuat tenaga sebagai cara melancarkan peredaran darah. Tak hanya itu, produksi hormon serotonin sekaligus metabolisme tubuh jadi ikut bertambah sehingga stres gampang hilang dan kestabilan sistem saraf terjaga lebih baik.

  1. Mengenakan Pakaian Warna Terang

Jika tak ada aturan khusus dalam mengenakan pakaian kerja di kantor, tentunya kebebasan seperti ini perlu dimaksimalkan. Pilih pakaian yang bisa meningkatkan mood, seperti pakaian dengan warna cerah supaya mood ikut selalu cerah. Tambah pula dengan aksesoris kesukaan yang bikin rasa percaya diri ikut meningkat sehingga performa kerja juga terpengaruh positif.

  1. Membuat Rencana Aktivitas untuk Akhir Pekan

Baru saja masuk awal minggu sih, tapi tak ada salahnya mulai menyusun rencana untuk akhir pekan. Merencanakan hal-hal yang bikin hati senang walau harinya masih jauh tak masalah, sebab mood kita jadi ikut naik dan bekerja jadi jauh lebih bersemangat lho.

Berbagai rekomendasi cara meningkatkan mood di tempat kerja tersebut cukup mudah bukan? Hal-hal tersebut walau nampak begitu simpel namun ketika dipraktekkan dapat mengubah mood yang tadinya turun kembali naik. Jadi, selamat mencoba dan semoga bermanfaat dalam meningkatkan semangat kerja.