10 Pantangan Makanan Penderita Tipes Wajib Dihindari

Tipes atau tifus dalam ilmu medis sering disebut sebagai demam tifoid ini menjadi penyakit yang kerap menyerang kesehatan. Penyakit yang mengancam lambung ini banyak muncul di daerah yang beriklim tropis. Penyakit ini dapat mengganggu kelangsungan kesehatan yang ada di dalam tubuh. Sebab orang bisa merasakan sakit yang sangat luar biasa di area perutnya. Bahkan tidak sedikit ada yang pingsan, tidak kuat menahan sakitnya.

Penyakit yang jamak menyerang siapa saja ini menjadi salah satu penyakit yang perlu perhatian lebih, sebab kapan saja penyakit ini bisa menjangkit tubuh kita. Tentu jika sampai hal itu terjadi, maka aktivitas kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari akan sangat terganggu. Untuk itu selain mengetahui khusus penyakit tipes, ada baiknya juga mengetahui beberapa makanan yang tidak baik dikonsumsi bagi penderita tipes. Sebab pemahaman ini bisa menjadi bekal Anda ketiak suatu waktu Anda, saudara, atau tetangga Anda mengalami penyakit yang satu ini. Berikut artikel ini akan menjelaskan beberapa pantangan makanan penderita tipes.

  1. Daging Sapi

Makanan pertama yang perlu dijadikan pantangan ketika terjangkit penyakit tipes adalah daging Sapi. Sebab daging ini memiliki banyak serat yang kasar. Sehingga dapat membuat lambung semakin parah. Hal ini dikarenakan lambung bekerja lebih keras dari biasanya dalam mencerna makanan yang satu ini. Untuk itu perlu dihindari sampai benar-benar penyakit tipes hilang.

  1. Daging Ayam

Selanjutnya daging ayam, makanan ini juga perlu dihindari bagi penderita tipes. Sebab daging ayam juga memiliki kandungan serat yang lumayan kasar. Sehingga masih memungkinkan lambung yang inveksi kasren virus tipes bisa menjadi semakin parah. Sebab lambung akan bekerja keras dalam mencerna daging ayam.

  1. Ikan Asin

Ikan asin juga menjadi salah satu makanan yang perlu dihindari ketika menderita penyakit tipes. Masalahnya sama, ikan asin juga masih memiliki kandungan serat yang tidak diperkenankan bagi penderita tipes. Sebab memungkinkan lambung akan kerja keras, hal itu justru akan berakibat buruk terhadap kelangsungan penyembuhannya.  Ada beberapa makanan yang mengandung antioksidan yang bisa dijadikan sajian lain bagi penderita tipes.

  1. Beras Ketan

Makanan selanjutnya yang juga harus dijadikan pantangan ketika Anda menderita penyakit tipes adalah ketan merah. Ketan merah memiliki tekstur lengket, dan kempel. Sehingga ketika masuh ke dalam tubuh maka akan mengakibatkan sistem produksi bekerja secara maksimal. Hal ini yang kemudian akan mengganggu dalam proses pemulihan lambung yang terkena inveksi tipes.


  1. Beras Merah

Selanjutnya beras merah, beras ini hampir sama kandungannya dengan beras ketan. Tekstur yang kempel juga memungkinkan lambung untuk bekerja lebih dari biasanya. Hal ini yang dikhawatirkan akan membuat lambung terluka dan justru akan memperparah kondisi lambung.

  1. Roti Gandum

Selain beras merah, makanan lain yang tidak kalah penting untuk dihindari bagi penderita tipes adalah roti gandum. Kenapa roti ini tidak disarankan dikonsumsi oleh penderita tipes? Sebab roti ini memiliki serat kasar. Dikhawatirkan juga akan melukai lambung yang dalam kondisi terluka.

  1. Ubi

Selanjutnya ada ubi. Makanan yang satu ini juga penting dihindari bagi Anda yang sedang menderita penyakit tipes. Tekstur ubi yang berserat ini menjadi alasan kenapa makanan harus dihindari. Sebab akan berdampak buruk terhadap kelangsungan pemulihan kesehatan penyakit tipes. Jika penderita tipes tetap memaksa memakannya, dikhawatirkan penyakit bisa semakin parah. Sebab kandung akan bekerja secara maksimal. Padahal penderita tipes perlu memanjakan lambung dengan makanan-makanan dengan tekstrur yang lembut.

  1. Singkong

Singokng hampir sama dengan ubi. Bahkan singkong lebih bahaya jika dikonsumsi. Kandungan yang kering (seret bahasa Jawanya) atau sedikit mineral ini bisa menimbulkan resiko yang mengerikan. Membuat luka pada lambung, tentu hal itu akan sangat berdampak buruk ke depannya. Sebab ada beberapa akibat kekurangan dan kelebihan mineral. Sebab takaran kandungan mineral normal di dalam tubuh mampu membantu dalam menjaga kesehatan tubuh.


  1. Kopi

Kopi masuk menjadi salah satu makanan yang perlu dihindari bagi penderita tipes. Kandungan kafein di dalam kopi bisa mengancam kelangsungan kesehatan penderita tipes. Bahkan kopi bisa membuat asa perih bagi penderita tipes menjadi dua kali lipat lebih sakit. Selain kopi yang berbahaya bagi penderita tipes, penting juga diketahui bahaya minuman lain bagi kesehatan, salah satunya adalah bahaya minum teh bagi kesehatan. 

  1. Alkohol

Selain kopi juga ada alkohol yang perlu dihindari bagi penderita tipes. Sebab kandungan panas yang ada di dalam alkohol bisa membuat lambung menjadi lepuh. Hal itu tentu akan sangat tidak diharapkan bagi penderita tipes.

, , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Penyakit Tifus