16 Bahaya Tipes Wanita yang Parah dan Berbahaya

Sebenarnya bahaya tipes wanita  dapat menyerang usia remaja, Dewasa dan orangtua yang meninggalkan efek buruk yaitu menyebabkan berbagai gangguan kesehatan pada organ tubuh bagian dalam  yang jika terlambat mendapat penanganan yang cepat dan tepat dari tim medis maka dapat menghilangkan jiwa seseorang.

 Jenis bakteri dan demam penyebab tipes

Ada 2 jenis bakteri berbahaya penyebab penyakit tipes yang dapat mudah menyerang wanita walaupun kenyataannya kaum pria juga tidak menutup kemungkinan bisa terserang salah satu dari 2 jenis bakteri penyebab tipes ini. Bakteri tersebut adalah

  1. Salmonella Enterica dan demam tifoid 

Bakteri Salmonella enterica adalah bakteri penyebab munculnya gejala demam tifoid  pada dewasa dan anak atau yang paling banyak menyerang wanita hamil, Ibu menyusui bahkan wanita sehat yang sedang tidak hamil, Contohnya bisa melalui makanan yang telah dihinggapi lalat dimana lalat tersebut membawa bakteri jenis salmonella.

2.Genus Ricktessia dan demam Ricktessia 

Bakteri Genus ricktessia adalah bakteri penyebab demam Ricktessia , Yaitu penyakit tipes yang dibawa oleh kutu kutu yang ada dikepala manusia dimana kutu tersebut membawa atau telah terkontiminasi dengan bakteri Genus Ricktessia dimana penyakit tipes jenis ini relatif lebih jarang muncul ketimbang jenis tipes tifoid.

Bahaya Tipes Wanita

1. Demam berkepanjangan

Awal dari gejala tipes adalah munculnya demam ringan yang berangsur angsur meningkat hingga mencapai 39 derajat celcius atau bahkan lebih.  Demam tinggi yang berkepanjangan merupakan salah satu dari ciri ciri tipes kronis yang harus anda ketahui. Demam tinggi pada kasus tipes wanita cenderung berlanjut selama berhari hari  bahkan hingga 2 minggu tanpa henti.

2.Dehidrasi

Menderita dehidrasi adalah bahaya tipes wanita yang dapat menyebabkan tubuh menjadi pucat dan nampak membiru. Kondisi ini jika tidak segera ditindak lanjuti dengan peningkatan cairan tubuh dengan memberikan air minum secara berkala atau penggunaan infus jika tersedia, Maka yang akan terjadi adalah tubuh akan mengalami  demam kejang.

3.Peradangan organ tubuh

Bahaya tipes wanita yang sangat mengkhawatirkan adalah terbentuknya luka luka kecil , Iritasi ringan hingga peradangan diberbagai organ tubuh yang berbeda secara perlahan lahan atau bahkan ada yang terjadi pada beberapa organ tubuh pada saat yang hampir bersamaan, Misalnya organ ginjal, Hati atau usus.

4. Kerusakan usus

Kerusakan usus merupakan bahaya tipes wanita yang menyebabkan penderitanya merasakan nyeri luar biasa pada ususnya hingga apapun yang dimakannya tidak bisa diolah kembali secara normal karena fungsi usus mulai terganggu. Kondisi ini disebabkan karena usus mengalami peradangan dan berlubang.

5. Paranoid jangka panjang

Wanita hamil dan menyusui yang menderita tipes  akan mengalami perubahan emosional yang signifikan yang mengacu pada serangan paranoid jangka panjang  yaitu mengalami ketakutan, Kecemasan, Kepanikan atau rasa curiga yang berlebihan pada lingkungannya.

6. Tidak nafsu makan

Dikarenakan usus mengalami luka dan penuh dengan lubang dan diiringi dengan peradangan di beberapa organ tubuh bagian dalam maka bisa dipastikan bahaya tipes wanita selanjutnya adalah hilangnya nafsu makan seseorang atau tidak nafsu makan sama sekali.


7. Keguguran

Bagi wanita yang sedang hamil muda atau memasuki trimester antara 2 hingga 3 bulan masa kehamilan maka  bakteri akan mudah menyebar  dan menyerang bakal janin yang belum terbentuk dengan sempurna., Yang akhirnya bisa menghancurkan janin atau terjadi keguguran.

8. Kualitas ASI buruk

Pada wanita yang sedang menyusui, Penyakit tipes yang tidak segera diobati dapat menyebabkan kualitas ASI menjadi buruk dan dapat meracuni bayi. Keracunan bayi karena menyusui ASI yang telah terkontiminasi dengan bakteri penyebab tipes adalah berbentuk muntah muntah dan terserang diare.

9. Gejala anemia

Wanita yang terkena tipes rentan terserang gejala kurang darah yang mengacu pada gejala anemia. Bakteri penyebab tipes mampu memgikat sel sel darah manusia dan merusaknya hingga tubuh tidak lagi bisa memanfaatkan fungsinya. Akibatnya tubuh akan kekurangan sel darah merah secara bertahap hingga pada akhirnya terkena anemia.

10. Gangguan perut

Bahaya tipes wanita seringkali menyerang bagian perut yang meliputi  gangguan lambung,  sakit maag dan terganggunya sistem pencernaan lain yang dapat berupa perut mual, Perut terasa sakit dan melilit dibarengi kondisi ulu hati kurang nyaman hingga keinginan untuk muntah muntah sangat besar.

11.Tubuh melemah

Penyakit tipes dapat mengakibatkan stamina tubuh hilang dan lemas tanpa daya. Penyebaran bakteri salmonella penyebab  tipes mampu merusak jaringan tubuh relatif lebih cepat dari jenis bakteri lainnya. Tak heran jika dalam waktu satu hari saja seseorang yang terserang tipes tetapi tidak segera  mendapat penanganan secara medis maka sistem kekebalan tubuhnya akan cepat melemah . 


12.Sakit kepala luar biasa

Menderita serangan sakit kepala yang terus menerus atau timbul tenggelam adalah salah satu ciri ciri tipes yang sudah parah harus diwaspadai dan secepatnya  ditindaklanjuti secara medis.  Sakit kepala yang luar biasa dan sering muncul  dapat menyebabkan:

Penyakit tipes yang tidak segera diobati dapat menyebabkan munculnya sakit kepala berupa pusing pusing, Sakit kepala sebelah, Leher bagian belakang terasa berat dan nyeri bahkan rasa sakitnya bisa meluas kearah saraf saraf bagian bahu.

13. Bercak pada kulit

Munculnya bercak bercak kemerahan pada kulit merupakan tanda dari bahaya tipes wanita yang banyak tidak disadari para penderitanya. Bercak bercak tersebut dapat berupa bentol kecil seperti bekas gigitan serangga tetapi bedanya tidak meninggalkan jejak rasa gatal . Bercak bercak tersebut merupakan bentuk dari respon tubuh yang sedang berusaha menolak pergerakan bakteri yang dicurigai sebagai benda asing yang harus segera diblokir.

14. Dada sakit

Bakteri salmonella penyebab tipes mampu menembus sistem pernafasan manusia atau bagian dada yang meliputi bagian paru paru dan jaringan lain yang ada didekatnya, Akibatnya dada akan terasa sakit, Berat dan mempengaruhi kelancaran dalam bernafas.

15. Komplikasi

Pada stadium lanjut atau telah melewati fase stadium 1 dan 2 maka komplikasi karena bahaya tipes wanita akan mernunjukkan tanda tanda khas berupa munculnya berbagai macam keluhan kesehatan lain misalnya menurunnya fungsi ginjal , Hati , Usus dan organ  lainnya.

16. Kematian

Ketika komplikasi telah terjadi maka yang akan terjadi selanjutnya adalah kerusakan satu persatu jaringan organ tubuh yang dapat menyebabkan hilangnya kesadaran seseorang bahkan kematian.

, ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Penyakit Tifus