5 Bahaya Memakai BH Busa (No.3 Paling Bahaya)

12103

Apakah Anda adalah tipe wanita yang sangat suka memakai BH dengan busa yang tebal? Memakai BH dengan busa yang tebal memang bisa mendukung bentuk payudara menjadi terlihat lebih berisi sehingga mendukung penampilan fisik wanita. Karena itulah, banyak wanita yang menjatuhkan pilihan mereka terhadap BH dengan busa yang tebal karena dianggap proporsional untuk menunjang bentuk fisik. Namun, apakah hal tersebut tidak membahayakan kesehatan?

(Baca juga: bahaya menggunakan bra berkawat)

Beberapa waktu lalu, banyak wanita yang was-was untuk memilih jenis BH yang tepat dan tidak membahayakan kesehatan tubuh. Banyak rumor yang beredar bahwa BH dengan busa yang tebal bisa menyebabkan kanker payudara. Namun, pernyataan tersebut hingga saat ini masih belum bisa dipastikan kebenarannya. Butuh penjelasan lebih lanjut dan juga penjelasan ilmiah yang mampu memaparkan dampak dari pemakaian BH dengan busa yang tebal.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini 5 dampak atau bahaya yang muncul akibat terbiasa memakai BH dengan busa yang terlalu tebal.

1. Kulit Payudara Tidak Bisa “Bernapas”

Perlu Anda tahu bahwa payudara kita merupakan susunan dari organ yang hidup. Payudara membutuhkan waktu untuk “bernapas”. Jika Anda memakai BH dengan busa yang terlalu tebal, kulit payudara akan tertutup oleh busa yang ada pada BH. Akibatnya, pori-pori kulit payudara akan kesulitan bernapas sehingga lama kelamaan payudara akan terasa tidak nyaman. Rasa tidak nyaman pada payudara tersebut juga bisa muncul akibat tekanan berlebih yang disebabkan oleh busa berlebih pada payudara. Busa terlalu tebal secara otomatis akan menyebabkan tekanan yang lebih besar pada payudara sehingga payudara lama kelamaan akan terasa tidak nyaman.

(Baca juga: abses payudara)

2. Menyebabkan Iritasi Kulit

Kulit payudara yang tidak dapat “bernapas” lama kelamaan akan terganggu. Keringat tidak dapat diserap secara optimal oleh kain BH. Akibatnya, kumpulan keringat yang tidak dapat keluar dari pori-pori kulit payudara secara optimal akan menjadi sarang kuman. Jika hal tersebut terus terjadi, kulit bisa saja mengalami masalah iritasi dan timbul reaksi seperti alergi kulit.

(Baca juga: penyebab alergi kulitobat alergi gatal – makanan yang dapat menyebabkan gatal pada kulit)

3. Kanker

Meskipun masih diperdebatkan, pernyataan bahwa BH dengan busa tebal bisa menyebabkan kanker memang sangat mungkin terjadi. Alasannya, busa yang digunakan pada BH tidak ada bedanya dengan busa yang digunakan untuk mencuci piring atau jenis busa lainnya. Busa tersebut tentu telah mengalami proses pembuatan yang panjang dengan menggunakan ataupun tambahan bahan kimia di dalamnya.

Bisakah Anda membayangkan jika Ada terus-menerus menggunakan BH dengan busa yang mengandung banyak zat kimia tersebut. Bisa jadi zat kimia yang terkandung di dalam busa BH meresap melalui pori-pori kulit payudara. Dalam jangka waktu yang lama kondisi tersebut bisa menyebabkan perkembangan sel kanker. Melalui penjelasan ini, bisa dikatakan bahwa busa pada BH bisa saja menyebabkan kanker.

4. Sarang Kuman

Akibat busa BH terlalu tebal, kulit payudara tidak bisa “bernapas” secara optimal. Kuman-kuman yang seharusnya keluar bersama keringat justru terkumpul di area payudara karena busa BH menutupi area payudara. Tidak hanya itu saja, kuman jika lebih mudah bersarang di area busa BH. Jika hal tersebut terjadi, kuman bisa saja masuk ke dalam payudara melalui pori-pori kulit dan menyebabkan iritasi dan juga permasalahan lain seperti kanker.

(Baca juga: bahaya keluar keringat berlebihan)

5. Menekan Otot Payudara

Busa pada BH yang terlalu tebal akan menimbulkan tekanan yang lebih besar pada payudara dibandingkan dengan BH yang tidak menggunakan busa tebal. Tekanan itu akan menyebabkan otot-otot di area payudara tertekan. Rasa tidak nyaman merupakan dampak pertama yang akan muncul. Namun, jika hal tersebut terus terjadi, aliran darah di area payudara akan terhambat sehingga payudara menjadi tidak sehat. Tekanan yang ditimbulkan oleh pemakaian BH dengan busa tebal bisa diibaratkan seperti bahaya memakai celana ketat.

(Baca juga: makanan untuk melancarkan peredaran darah)

Itulah 5 bahaya memakai BH dengan busa tebal. Berbagai bahaya di atas tentu dapat dicegah dengan memilih jenis BH yang sesuai bagi payudara Anda. Jangan hanya sekedar memperhatikan penampilan fisik saja. Perhatikan juga bagaimana rasa nyaman yang ditimbulkan dari jenis BH yang Anda pakai. Untuk lebih jelasnya, berikut ada beberapa panduan bagi Anda untuk memilih jenis BH yang tepat:

  • Sebelum membeli, jangan ragu untuk mencoba mengepaskan BH pada payudara. Pilihlah BH yang pas dengan ukuran payudara dan sifatnya tidak terlalu memberikan tekanan.
  • Pilihlah BH dengan bahan katun sehingga bisa menyerap keringat pada payudara Anda.
  • Pilihlah jenis BH dengan busa yang tidak terlalu tebal.
  • Pilihlah jenis tali BH yang elastis sehingga lebih fleksibel dan terasa lebih nyaman pada pundak Anda.
  • Saat berolah raga, pilihlah jenis BH yang khusus digunakan saat olah raga, yaitu BH yang tidak akan menyebabkan goncangan berlebih pada payudara namun tidak menimbulkan tekanan yang berlebih pada payudara.

(Baca juga: tips olah ragamanfaat olah raga bagi kesehatan tubuhkurang olah raga)

Itulah beberapa panduan yang bisa Anda terapkan ketika memilih jenis BH yang sesuai sekaligus nyaman bagi payudara Anda. Aspek penampilan fisik memang penting. Namun, kenyamanan dan juga aspek kesehatan juga tidak boleh Anda kesampingkan.