7 Penyebab Bibir Hitam pada Pria dan Wanita

603

Penampilan adalah hal yang terpenting ketika bersosialisasi dengan orang lain. Bukan hanya untuk wanita, pria pun juga tidak ingin kalah dalam hal penampilan. Seperti halnya perempuan yang tidak bisa lepas dari lipstiknya karena ingin terlihat menawan, pria pun juga mempunyai keinginan yang serupa. Bibir hitam terkadang sering ditemui pada sejumlah pria. Jika seorang wanita mempunyai bibir hitam tentunya dapat disiasati dengan penggunaan lipstik. Akan tetapi cara ini tentunya tidak bisa dilakukan oleh kaum pria.

Bibir hitam seringkali membuat penampilan menjadi kurang sempurna. Pria berbibir hitam terkadang lebih terlihat pucat dan tidak mempunyai semangat.  Hal yang paling sering disematkan pada pria yang berbibir hitam adalah perokok. Padahal tidak semua pria berbibir hitam adalah seorang perokok. Penyebab bibir hitam juga bisa karena faktor genetik dari orang tua. Selain itu, masih banyak alasan dibalik kondisi yang merupakan penyebab bibir hitam pada pria. Berikut diantaranya.

1. Merokok

Merokok diyakini membawa kerugian yang besat bagi penikmatnya. Bahkan bukan hanya perokok aktif saja yang menanggung dampak buruk merokok, akan tetapi para perokok pasif juga. Permasalahan kesehatan akan muncul seiring intensitas dan jangka waktu kebiasaan merokok, terutama bahaya merokok bagi alat pernafasan. Penyakit paru-paru, impotensi, gangguan kehamilan, hipertensi, hingga kanker menjadi ancaman nyata bagi para perokok aktif maupun pasif. Dan terlebih lagi, penampilan perokok pun akan menjadi tidak menarik.

Bibir hitam adalah salah satu dampak merokok yang dapat dikenali dari luar. Memang bukan merupakan faktor utama, akan tetapi hampir semua perokok pasti akan berbibir hitam. Zat racun dalam rokok akan secara bertahap merusak kolagen alami di bibir. Akibatnya, warna merah alami bibir akan menghilang.

2. Konsumsi Kafein yang Berlebihan

Jika tidak merokok apakah mungkin bibir menjadi hitam? Tentu saja. Faktor lain yang menjadi penyebab bibir hitam pada pria adalah konsumsi kafein yang berlebihan. Sudah tidak heran jika para pria seringkali tidak bisa terpisahkan dengan kopi. Kopi mengandung kafein yang tinggi. Kafein akan merangsang tubuh untuk mengeluarkan urin lebih sering dari biasanya. Aktivitas ini akan menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi dan juga berdampak pada warna bibir yang berubah menjadi hitam.

3. Bibir Kering

Saat wanita mengalami bibir kering, mereka akan dengan sigap menggunakan pelembab bibir. Tapi bagaimana dengan para pria? Bagi sebagian pria mungkin bukan merupakan hal aneh jika harus menggunakan pelembab bibir. Tapi mungkin bagi sebagian besar pria akan merasa risih dan juga enggan jika harus menggunakan pelembab bibir. Kondisi bibir kering tidak akan terlalu diperhatikan.

Kelembaban pada bibir sulit untuk bertahan lama, apalagi dalam kondisi cuaca panas seperti di Indonesia. Bibir kering akan sulit sekali untuk dihindarkan. Bibir kering dapat memicu pecah-pecah pada bibir dan lama kelamaan bibir akan menghitam. Itulah mengapa jika cuaca panas sangat penting sekali untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. Hal ini agar tidak menjadi penyebab bibir pecah-pecah dan kering.

4. Konsumsi Alkohol

Gaya hidup yang salah selanjutnya yang juga menjadi penyebab bibir hitam pada pria adalah konsumsi alkohol. Sama halnya dengan rokok, alkohol juga dapat memunculkan bintik-bintik hitam pada bibir. Selain bibir hitam, alkohol juga berdampak buruk untuk kesehatan dalam jangka panjang. Sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi alkohol, baik pria atau wanita.

5. Anemia

Anemia merupakan kondisi tubuh kekurangan sel darah merah (hemoglobin). Kondisi anemia bisa disebabkan karena kurangnya mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Selain menimbulkan ciri-ciri anemia seperti badan terasa lemah, cepat lelah, muka pucat, dan pusing, anemia juga berdampak pada kondisi bibir. Sebagian besar penderita anemia mempunyai kondisi bibir yang berwarna hitam.

6. Paparan Sinar Matahari

Penyebab bibir hitam pada pria selanjutnya adalah sering terpapar sinar matahari. Pria tentunya tidak memikirkan kondisi kulit ketika terpapar sinar matahari. Mereka lebih cuek untuk urusan yang satu ini. Paparan sinar matahari akan membuat kulit menjadi cepat kering dan kehilangan kelembabannya, termasuk area bibir. Bukan hanya kulit di area badan yang dapat menghitam karena sinar matahari, tetapi juga area bibir.

7. Infeksi Kulit

Penyebab bibir hitam yang satu ini tidak hanya terbatas pada pria, tetapi wanita juga dapat mengalami. Jenis infeksi kulit yang mungkin menyerang bibir adalah dermatitis kontak dan dermatitis atopik. Dari kedua jenis infeksi tersebut, dematitis kontak lebih berbahaya bagi kesehatan bibir. Biasanya infeksi ini muncul karena kesalahan penggunaan kosmetik atau produk perawatan kulit lainnya. Waspadalah jika ciri-ciri dermatitis mulai muncul.

Kondisi bibir yang sehat tentunya akan semakin menunjang penampilan. Itulah beberapa penyebab bibir hitam pada pria. Penyebab bibir hitam ini tidak hanya terbatas kaum pria saja, akan tetapi para wanita juga dapat mengalaminya. Perawatan bibir yang baik tentunya akan menghindarkan risiko bibir hitam. Walaupun pria tetapi tidak ada salahnya untuk tetap merawat bibir agar tetap sehat dan nyaman dipandang. Semoga informasi ini bermanfaat.