Home Penyakit dan KelainanPenyakit Ginjal 15 Akibat Gagal Ginjal Tidak Cuci Darah Berbahaya dan Mematikan

15 Akibat Gagal Ginjal Tidak Cuci Darah Berbahaya dan Mematikan

by Erlita

Hemodialisis atau yang juga dikenal dengan istilah cuci darah merupakan sebuah jenis tindakan medis yang harus ditempuh oleh sejumlah pasien penyakit ginjal. Cuci darah adalah solusi perawatan yang kiranya harus dijalani pasien hingga ia memperoleh donor ginjal atau bahkan bisa sampai seumur hidupnya. Lalu, apakah akibat gagal ginjal tidak cuci darah bisa fatal?

  1. Penurunan Fungsi Ginjal

Akibat dari tidak menjalani cuci darah di kala menderita gagal ginjal salah satunya adalah fungsi ginjal yang menurun. Tidak cuci darah atau bahkan hanya telat beberapa kali untuk melakukannya, secara perlahan fungsi ginjal tak lagi maksimal alias menurun dan menjadi lebih lemah dari normalnya.

  1. Peningkatan Kadar Kreatinin

Kreatinin merupakan limbah kimia yang terdapat di dalam darah di mana ginjal adalah organ yang mampu menyaringnya dan membuang melalui urine. Jadi, ketika kadar kreatinin meningkat karena penderita gagal ginjal tidak atau terlambat cuci darah, bisa dibayangkan betapa berbahayanya limbah kimia yang menumpuk di dalam darah bukan?

  1. Peningkatan Kadar Ureum

Ureum diketahui sebagai hasil terakhir dari proses metabolisme protein di dalam tubuh. Ureum juga asalnya dari asam amino yang amonianya berpindah pada organ hati dan sampai ke organ ginjal dengan proses ekskresi sehari rata-rata 30 gram. Normalnya, pada setiap 100 ccm darah, kadar ureum adalah 20-40 mg, jadi cukup berbahaya bila mengalami peningkatan kadar.

  1. Peningkatan Kadar Racun

Selain kreatinin dan ureum, toksin atau racun di dalam tubuh pun ikut meningkat karena gagal ginjal yang menurunkan fungsi ginjal. Proses penyaringan zat-zat racun yang tanpa kita sadari sudah masuk ke dalam tubuh melalui minuman dan makanan yang dikonsumsi pun akhirnya terganggu. Dari situlah kemudian kadar racun menumpuk.

  1. Kerusakan Jaringan Ginjal

Bila ginjal sudah terkena penyakit semacam gagal ginjal, lalu penderita tak segera melakukan aksi cuci darah, jaringan ginjal yang seharusnya bisa diselamatkan pun akhirnya menjadi terganggu. Kerusakan pada jaringan ginjal menjadi risiko berbahaya yang harus ditanggung nantinya.

  1. Penyaringan Darah oleh Ginjal Tak Maksimal

Ginjal berfungsi pula menjadi penyaring darah, hal ini kemudian menjadi pemicu cairan menumpuk sehingga pembengkakan kaki dan tangan pun terjadi. Ketika darah tak tersaring dengan baik oleh ginjal, hal ini pun mengakibatkan sesak nafas sehingga cuci darah perlu segera dilakukan.

  1. Kerusakan Sel Organ Tubuh Lain

Bukan hanya jaringan ginjal, sel organ tubuh lainnya pun bakal turut terancam karena gagal ginjal tak segera memperoleh penanganan berupa cuci darah. Tidak cuci darah artinya juga membiarkan sel organ tubuh lain mengalami kerusakan secara perlahan karena sel-sel tersebut tentunya tak mampu bekerja secara sendiri sehingga kerusakan mudah terjadi.

  1. Gangguan Suplai Darah

Gagal ginjal adalah jenis penyakit ginjal yang akan menghambat penyaringan darah dalam tubuh dan karena tak banyak yang disaring, kotoran-kotoran limbah kimia dan berbagai racun pun akan menumpuk pada aliran darah. Cuci darah adalah untuk membantu masalah tersebut, jadi bila tidak menempuh perawatan tersebut, berbagai kondisi tubuh akan terjadi seperti halnya:

  1. Fungsi Ginjal Berhenti

Tidak cuci darah ketika sudah tahu mengidap gagal ginjal artinya Anda membiarkan fungsi ginjal bukan hanya menurun tapi juga berhenti sepenuhnya. Ginjal yang tak diatasi dengan cuci darah bisa mudah kehilangan fungsinya sama sekali, jadi apapun efek samping cuci darah, cobalah menempuhnya karena ginjal adalah organ vital Anda.

  1. Kematian

Akibat dari tidak cuci darah pada penderita gagal ginjal yang paling fatal adalah kematian. Pada poin sebelumnya sudah disebutkan bahwa ginjal mampu kehilangan seluruh fungsinya karena tak mendapatkan perawatan, dan oleh karena fungsi hilang sepenuhnya, kematian adalah akibat paling berbahaya.

Demikian serangkaian akibat gagal ginjal tidak cuci darah yang paling berbahaya dan patut Anda waspadai dengan baik. Pertimbangkan kembali hal-hal tersebut dan lakukan cuci darah demi kesehatan ginjal Anda dan supaya mampu bertahan hidup jauh lebih baik dan perhatikan makanan yang baik untuk cuci darah pasca tindakan tersebut ditempuh.

You may also like