Home Tips KesehatanKesehatan Ginjal 6 Ciri-ciri Penyakit Ginjal Stadium Awal Para Wanita dan Pria

6 Ciri-ciri Penyakit Ginjal Stadium Awal Para Wanita dan Pria

by Putri Yohani Masnun

Penyakit ginjal termasuk salah satu penyakit yang ditakuti karena dapat membahayakan nyawa. Gangguan pada ginjal dapat terjadi karena adanya infeksi yang berlangsung lama, pengendapan zat sisa metabolisme maupun penyakit tertentu yang dialami seseorang. Jika ginjal sakit, kemampuannya dalam membuang racun dari dalam tubuh akan berkurang dan semakin lama kehilangan fungsinya. Jika tidak segera ditangani penderita dapat kehilangan nyawa. Sangat penting bagi kita untuk mengetahui apa saja ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal seperti berikut ini, agar dapat lebih waspada terhadap penyakit tersebut.

1. Perubahan Warna Urin

Saat ginjal bermasalah, ciri yang paling utama dan langsung terlihat adalah dari perubahan warna urin. Biasanya warna urin yang normal adalah bening hingga agak kekuningan, namun penyakit ginjal dapat membuatnya menjadi berwarna keruh. Tidak hanya itu, frekuensi buang air kecil juga mengalami perubahan, dan tak jarang disertai sakit saat buang air kecil.

2. Mudah Lelah

Orang yang mengalami tanda-tanda penyakit ginjal juga kerap merasakan tubuhnya sangat mudah lelah bahkan tanpa aktivitas yang berat. Hal ini dikarenakan ginjal juga memiliki peran yang penting dalam proses pembentukan sel darah merah. Saat tidak dapat berfungsi dengan baik, maka produksi sel darah merah pun ikut menurun. Dampaknya oksigen yang masuk ke tubuh juga berkurang dan menjadikan tubuh lemas.

3. Timbul Gatal-gatal

Ciri-ciri Penyakit Ginjal Stadium Awal juga bisa menimbulkan gatal-gatal pada kulit, termasuk munculnya ruam dan kemerahan. Gatal-gatal tersebut muncul karena zat racun yang tidak dapat dikeluarkan oleh ginjal akan menumpuk di dalam tubuh dan menyebar hingga ke bawah kulit. Sayangnnya, banyak yang mengabaikan gejala ini dengan menganggapnya gatal biasa tanpa melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

4. Sakit pada Pinggang

Dengan posisi ginjal yang berada di sisi kanan dan kiri pinggang, sangat mungkin ginjal mengalami rasa sakit saat ginjal bermasalah. Sakit yang muncul bisa dikarenakan adanya jenis penyakit ginjal seperti batu ginjal, juga bisa dikarenakan gagal ginjal. Jika pinggang sering terasa sakit dan berlangsung cukup lama, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

5. Mual dan Muntah

Saat tubuh menimbun banyak limbah akibat tidak bisa dikeluarkan oleh ginjal, maka tubuh akan membengkak, juga sering mengalami mual dan muntah. Hal ini terjadi karena kelebihan racun dalam tubuh akan merangsang otak untuk mengirim sinyal agar racun tersebut dikeluarkan lewat saluran pencernaan, dengan cara dimuntahkan.

6. Sesak Napas dan Pusing

Kurangnya kadar oksigen dalam tubuh akibat menurunnya fungsi ginjal, akan menyebabkan napas menjadi berat karena paru-paru kekurangan oksigen. Begitu pula dengan otak yang kekurangan suplai oksigen akan mengalami gangguan fungsi sehingga sulit untuk berkonsentrasi dan kerap mengalami sakit kepala.

Ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal seperti di atas umumnya dianggap sebagai gejala penyakit biasa, karena itu sering diabaikan sehingga penyakit menjadi semakin parah. Dengan mengetahui gejala awal penyakit ginjal kita dapat mencegah penyakit bertambah parah.

You may also like