Anak 2 Tahun Meninggal Setelah Pulang dari Kebun Binatang di San Diego, Ini Penyebabnya!

183

Diberitakan pada hari Jumat (28 Juni 2019) seoarang anak berusia 2 tahun meninggal setelah pulang dari kebun binatang dalam acara San Diego County Fair. Kejadian ini langsung mengejutkan semua pihak sampai akhirnya pejabat setempat meminta arena kebun binatang ditutup dan tidak boleh dikunjungi oleh siapapun. Menurut rumah sakit yang merawat anak tersebut, bahwa anak terkena infeksi E. Coli yang memicu komplikasi cepat dan menyebabkan kematian mendadak.

Selain satu anak yang meninggal dunia juga ada empat anak yang perlu mendapatkan perawatan di rumah sakit dan berhasil disembuhkan. Lantas apa penyebab anak ini bisa meninggal setelah pulang dari kebun binatang? Berikut informasi lengkapnya.

Penyebab

Menurut tenaga medis yang merawat anak-anak ini dinyatakan telah terinfeksi oleh E.Colli yang menghasilkan racun shiga. Pada dasarnya jenis racun ini bisa disembuhkan namun terlambat perawatan bisa menyebabkan gagal ginjal yang membuat penderita bisa mengalami kematian.

Racun Shiga adalah jenis racun yang memang dihasilkan oleh bakteri E.colli dan jenis bakteri lain untuk menghancurkan sel darah merah. Ketika sel darah merah rusak maka sistem kerja ginjal akan terganggu seperti gagal ginjal dan HUS (hemolytic uremic syndrome).

Tapi pada dasarnya kemungkinan anak tersebut bisa meninggal bukan karena gagal ginjal. Karena biasanya ketika dokter tahu sudah terjadi gagal ginjal maka bisa dirawat segera dengan dialisis. Namun penyebab sebenarnya dari komplikasi HUS yang bisa terjadi pada anak ini seperti:

  1. Pendarahan yang dipicu dari racun yang merusak sistem pembekuan darah.
  2. Komplikasi stroke dan pembengkakan otak akibat pembekuan darah yang sulit terjadi.
  3. Bakteri E.Colli yang masuk ke dalam tubuh dan tinggal dalam usus akan menyebabkan rasa sakit. Kemudian luka dan rasa sakit yang terus menerus bisa menyebabkan diare sampai ada robekan pada usus atau perforasi. Kondisi ini yang membuat kotoran bocor ke semua bagian perut yang bisa sangat mematikan.

Cara Pencegahan

Jika anak Anda memang menyukai binatang maka tidak masalah jika anak sering meminta pergi ke kebun binatang. Hanya saja ada beberapa cara mencegah yang perlu dilakukan seperti: mencuci tangan baik sebelum masuk dan keluar dari kebun binatang. Kemudian jika Anda memiliki binatang peliharaan di rumah maka jaga kebersihan rumah Anda. Kebiasaan ini juga diperlukan ketika Anda mau atau setelah makan bersama agar tidak bahaya tidak mencuci tangan sebelum makan.