Home Penyakit dan KelainanMata Juling 5 Terapi Mata Juling Pada Anak dan Orang Dewasa

5 Terapi Mata Juling Pada Anak dan Orang Dewasa

by Fenny Cresi Damayanti

Terapi mata juling yang dapat diterapkan demi kesembuhan penderita ada beberapa opsi pilihannya. Hal ini biasanya dipilihkan dan ditempuh sesuai dengan kebutuhan serta kondisi yang melatarbelakangi kemunculan gangguan mata tersebut. Ada beberapa jenis kondisi pasien yang mengarah pada manifestasi mata juling muali dari kelainan genetik. Pada kasus lain juga ditemui dengan penurunan dan pelemahan kondisi penglihatan penderita dan mengarah pada keluhan mata juling yang dikarenakan faktor usia dan seterusnya.

Topik lainnya terkait masalah organ mata: Kelainan pada Retina MataJenis Kelainan Refraksi pada MataGangguan Refraksi Mata

Untuk semakin memperkaya wawasan demi mengusahakan kesembuhan yang maksimal maka mari kita simak berikut di bawah ini ada beberapa alternatif terapi mata juling yang bisa kita coba untuk terapkan.

1. Operasi

Setelah konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter ahli maka jika disimpulkan bahwa mata juling yang diderita lantaran kelainan genetik akan anatomi organ mata secara garis besar maka tindakan pembedahan bisa menjadi sebuah saran. Yakni dokter akan melakukan operasi kecil dengan menyayat bagian putih mata untuk menyerasikan utamanya ukuran otot mata yang berperan penting dalam mengendalikan tampilan mata normal. Jika otot mata mendapat kelainan yang terlalu panjang maka pemotongan otot tersebut akan dilakukan. Namun dalam keadaan sebaliknya jika kelainan lantaran otot terlalu pendek maka dokter akan menyambungnya sehingga ukuran otot mata kanan dan kiri menjadi sinkron dan keluhan mata juling dapat diatasi.

Topik lainnya terkait operasi: Makanan yang Cepat Menyembuhkan Luka OperasiBahaya Operasi Plastik

2. Plester mata

Penggunaan penutup ataupun plester mata sebagai opsi lainnya demi menjalankan terapi untuk mata juling haruslah dalam awasan ahlinya. Secara teknis hal ini dilakukan dengan menutup salah satu mata sesuai dengan yang dianjurkan ahli dalam kurun waktu rutin dan berkala. Dengan latihan satu ini difokuskan bagi penderita mata juling dengan kemungkinan disebabkan oleh pelemahan otot mata. Dan hanya efektif jika dilakukan terapi pada anak utamanya sejak usia dini. Sekitar umur delapan tahun saja sudah tidak begitu optimal perkembangan hasil yang didapat. Maka dari itu dalam terapi ini faktor usia harus diperhatikan betul kecocokkannya.

3. Lensa mata

Opsi selanjutnya yakni kita dapat berkonsultasi dengan ahli medis dan dibantu dengan penggunaan lensa mata. Hal ini baik dalam bentuk lensa kontak maupun kacamata. Hal ini biasa lebih sering digunakan pada penderita mata juling akibat penurunan kekuatan otot mata.

Yang bisa jadi dilantarkan faktor usia dan seterusnya. Hal yang perlu dilakukan yakni hanya dengan melakukan pemeriksaan. Dan selanjutnya menemukan jenis lensa yang sesuai demi meminimalisir gangguan mata yang terjadi. Dan juga pastinya untuk mencegah keparahan sehingga jangan sampai merebak dan memburuk seiring waktu.

Topik lainnya terkait lensa mata: Bahaya Lensa Kontak pada MataBahaya Lensa Kontak untuk Mata

4. Game Tetris

Belum lama ini beberapa ahli medis bidang penanganan mata juling melakukan riset dengan beberapa anggota penderita mata juling. Satu kelompok dibagikan kacamata khusus dan dijadwalkan memainkan game balok tetris secara rutin dan berkala. Sedangkan satu kelompok lagi hanya dibagikan kacamata tanpa ada tuntutan melakukan kegiatan tambahan tertentu layaknya kelompok pertama. Dalam kurun waktu selanjutnya dilakukan pemeriksaan. Dan ternyata hasil dari riset tersebut yakni nampak perkembangan kesehatan mata meningkat pada kelompok yang diberi stimulasi penglihatan melalui game tetris.

Sedangkan pemeriksaan pada pasien yang tidak melakukan permainan tetris didapati perkembangan kesehatan mata yang stagnan tanpa kemajuan. Dari sini dapat disimpulkan bahwa ternyata ada permainan tertentu yang jika dipadukan dengan ahli ilmiah bidang medis akan menghasilkan rangsangan efektif. Dan ini sangat membantu pengoptimalan kesembuhan pasien mata juling tersebut.

Topik lainnya terkait terapi unik: Terapi Air PutihKegunaan HipnoterapiBahaya Terapi Listrik

5. Asupan nutrisi

Di lain sisi yang dapat kita lakukan demi memaksimalkan kesembuhan kinerja mata yakni dengan mengkonsumsi beberapa kudapan dengan kandungan nutrisi tinggi. Ini utamanya baik untuk mendukung kesembuhan kelainan mata juling. Mari langsung saja disimak daftar berikut ini ya:

  • Zinc

Bermanfaat sangat bagus untuk merilekskan syaraf dan otot organ penglihatan yakni mata. Juga sangat baus dalam mengatasi alergi pada mata. Dari produk asal tumbuhan dapat kita dapati kandungan zinc tinggi pada cokelat pekat, sayur bayam, jamur, bawang putih, kacang-kacangan ataupun biji-bijian. Sedangkan dari produk hewani kandungan zinc berlimpah dapat kita temukan dari jenis daging, kuning telur, tiram, serta kepiting dan seterusnya.

Topik lain terkait zinc: ZincFungsi Zinc

  • Riboflavin

Disebut juga dengan vitamin B2. Sangat bagus untuk mengatasi kelelahan mata dan juga beberapa potensi kelainan mata seperti katarak atau rabun. Dari sumber nabati dapat ditemui dari jenis jamur, bayam, tomat, kekacangan, asparagus serta brokoli. Sedangkan dari sumber hewani riboflavin melimpah dapat ditemui dari produk susu, telur, hati jeroan, keju, beragam ikan laut dan seterusnya.

Baca tautan selengkapnya: Riboflavin

Nah itulah beberapa daftar terapi mata juling yang beragam dan bisa dijadikan opsi demi mendapatkan kesembuhan. Imbangi dengan asupan nutrisi kaya gizi juga dapat memeberi efek langsung demi mendukung terapi mata juling yang dijalani.

Topik lainnya terkait tips kesehatan mata: Cara Menghilangkan Mata MerahCara Menghilangkan Mata Sembab dengan Cepat

Jangan lupa juga untuk lebih bijak dalam merawat organ penglihatan. Usahakan tidak terlalu banyak memberi beban mata. Pelajari tentang cara baca dan menonton ideal yang tidak membahayakan kesehatan mata. Perbanyak asupan air mineral sesuai kebutuhan. Yang terpenting jangan enggan untuk mematuhi terapi yang telah ditetapkan ahli untuk kesehatan anda sendiri.

You may also like