16 Penyebab Ngantuk Tapi Tidak Bisa Tidur di Malam Hari Penting Diketahui

933

Ngantuk adalah kondisi yang sangat manusiawi, khususnya bila setelah seharian melakukan aktivitas tanpa jeda untuk istirahat. Rasanya mata akan terlalu berat dan seharusnya pada malam hari Anda bisa tidur dengan nyenyak sesudah melakukan kegiatan seharian. Namun pada beberapa kasus, rasa ngantuk datang tapi tak kunjung terlelap, jadi apakah kira-kira penyebab ngantuk tapi tidak bisa tidur?

  1. Efek Obat Tertentu

Penggunaan atau konsumsi obat tertentu rupanya mampu menyebabkan rasa kantuk muncul namun tak bisa tidur dengan nyenyak. Obat tertentu yang memberikan efek serupa adalah:

  • Penggunaan obat kortikosteroid
  • Penggunaan obat untuk penyakit jantung.

Cobalah mengonsultasikan efek samping ini dengan dokter Anda bila memang obat-obat tersebut penyebabnya.

  1. Perubahan Jam Kerja

Jam kerja yang berubah dari yang sebelumnya, seperti misalnya pekerjaan yang mengharuskan seseorang bekerja secara shift mampu membuat Anda yang ngantuk tetap akan sulit tidur di malam hari. Bila biasanya shift Anda dari malam hingga pagi, otomatis jika berubah, malam akan mengalami susah tidur.

  1. Stres

Penyebab kebanyakan orang yang merasakan kantuk berat tapi sulit tidur di malam hari adalah stres. Stres pikiran yang menumpuk akan menyebabkan rasa cemas dan gelisah yang ikut menumpuk juga dan inilah alasan mengapa walaupun mengantuk tak bisa-bisa tidur juga. Cobalah untuk mencari cara mengatasi stres yang sesuai dengan penyebab stres Anda.

  1. Olahraga

Apakah Anda salah satu orang yang gemar melakukan olahraga di malam hari? Rupanya efek dari olahraga bukan saja membuat tubuh menjadi lemas dan menjadi lebih gampang tidur karena mengantuk. Justru olahraga pada malam hari mampu menaikkan energi sehingga meski rasanya ngantuk berat akan susah untuk tidur.

  1. Depresi

Selain stres, kondisi depresi pun memampukan seseorang untuk tak bisa tidur di malam hari walau sudah sangat mengantuk. Depresi akan menimbulkan rasa ketakutan dan kecemasan berlebih, bukan hanya pola pikir yang terganggu, melainkan suasana hati pada penderita depresi bisa terpengaruh di mana inilah yang kita sebut dengan gangguan kesehatan mental.

Tanda bahwa Anda sudah sampai pada tahap depresi selain tak bisa tidur walau mengantuk di malam hari antara lain adalah sering tidak fokus, mudah sekali marah, selera makan turun, gampang tersinggung, tubuh atau fisik cepat lelah, memiliki kecemasan berlebihan, dan sering menarik diri dari pergaulan. Segeralah mengatasinya sebelum depresi menjadi berlarut-larut dan berkepanjangan.

  1. Pikiran Aktif Berlebihan

Agak aneh atau lucu? Sebenarnya pikiran terlalu aktif bisa saja terjadi dan dialami oleh beberapa orang sehingga menyulitkan mereka untuk tidur meski sudah ngantuk. Pikiran yang aktif bisa saja meliputi memikirkan rencana aktivitas keesokan hari, memikirkan pekerjaan, memikirkan masa depan atau hal-hal lain yang bisa berkaitan dengan masa lalu atau masa depan.

  1. Pindah Tempat Tinggal

Kepindahan tempat tinggal apalagi dengan zona waktu yang berbeda ada kalanya berpengaruh pada pola tidur. Rasanya sangat mengantuk, namun tak kunjung bisa tidur bisa jadi adalah efek dari kepindahan Anda.

  1. Penyakit Tertentu

Walau sudah ngantuk, Anda kemungkinan bisa tak bisa mudah untuk tidur karena menderita penyakit tertentu. Penyakit yang berpotensi membuat gangguan tidur terjadi antara lain adalah:

Itulah sejumlah kondisi penyebab ngantuk tapi tidak bisa tidur mulai dari yang ringan hingga serius. Meski kondisi tak bisa tidur walau ngantuk cukup umum, sebaiknya Anda tak menyepelekan karena risiko masalah kesehatan serius kemungkinan berada dibaliknya.