16 Cara Mengobati Gondongan dengan Cepat

12206

Setiap orang pasti pernah mengalami gejala penyakit gondongan bahkan ada yang sudah merasakan penyakit gondongan tersebut. Saat baru gejala, seseorang hanya akan merasakan ketidaknyamanan di tenggorokannya saja akibat pembesaran kelenjar parotid. Namun saat sudah menjadi penyakit gondongan dan gondongannya sudah menyebar, maka penyakit ini tidak boleh disepelekan. Gondongan sering juga disebut dengan penyakit gondokan, ciri umum dari penyakit gondongan ini adalah orang yang menderita gondongan akan mengalami pembengkakan di bagian lehernya, selain itu penderita gondongan juga akan kesulitan dalam menelan makanan. ( Baca : Gondongan pada anak )

Sebelum kita mengetahui cara mengobati gondongan ada baiknya kita mengetahui apa itu penyakit gondongan. Gondongan adalah penyakit dimana kelenjar parotid atau keenjar yang bertugas memproduksi air liur mengalami pembengkakan. Pembengkakan ini biasa disebabkan oleh virus dan letak dari kelenjar parotid ini ada di bagian bawah telinga di samping wajah. Ketika mengalami penyakit ini bagian samping wajah akan mengalami pembengkakan bahkan tidak jarang pembengkakan itu bisa sampai ke bagian leher. Karena disebabkan oleh virus, pada umumnya penyakit ini menular. Penyakit ini disebabkan oleh virus bernama paramyxovirus dan penyebarannya sangat mirip dengan virus flu dan batuk. Sehingga saat berada di dekat orang yang mengalami penyakit gondongan, anda menghirup virus yang dikeluarkan oleh orang tersebut maka resiko anda tertular gondongan akan semakin besar. Berikut ini adalah cara efektif untuk mengobati gondongan yang bisa anda lakukan :

  1. Supplemen Vitamin C

Yang namanya virus tidak bisa disembuhkan namun bisa dilemahkan, oleh sebab itu untuk mengobati penyakit ini anda harus meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda terlebih dahulu. Salah satu cara meningkatkan sistem imun adalah dengan mengkonsumsi supplemen vitamin C atau makanan dan minuman yang banyak mengandung vitamin C. Buah yang mengandung vitamin C pun harus anda konsumsi agar sistem imun meningkat dan stabil. Siste imun yang meningkat dan stabil bisa digunakan untuk melemahkan virus penyebab gondongan tersebut. Oleh seba itu jika sistem imun melemah maka penyakit gondongan tidak akan mudah hilang.

Baca : Kekurangan dan kelebihan vitamin CPenyakit akibat kekurangan vitamin CMakanan yang mengandung vitamin C

  1. Mencukupi Kebutuhan Gizi

Untuk bisa meningkatkan sistem imun di dalam tubuh anda bisa mencukupi kebutuhan gizi. Gizi yang seimbang bisa menyehatkan tubuh, di dalam tubuh yang sehat terdapat sistem imun yang kuat. Gizi yang seimbang ini bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsi makanan 4 sehat dan 5 sempurna. Kebutuhan tbuh akan vitamin dan mineral bisa diatasi dengan mengkonsumsi gizi yang seimbang.

Baca : Gizi buruk pada anak dan dewasaAkibat kekurangan gizi

  1. Kompresan Air Hangat

Karena pembengkakan yang terjadi, kelenjar parotid akan terasa nyeri dan berdenyut-denyut. Oleh sebab itu and aperlu mbgurangi rasa sakit yang anda derita. Anda bisa meringankan rasa sakit itu dengan kompresan air hangat. Rasa hangat yang dihasilkan dari kompresna tersebut akan membuat rasa sakit dan nyeri bisa menjadi hilang. Berikut ini adalah cara mengompres gondongan dengan baik dan benar :

  • Siapkan handuk kecil dan bersih.
  • Siapkan baskom dengan isi air hangat di dalamnya.
  • Celupkan handuk bersih ke daam baskom tersebut. Peras kemduian tempelkan handuk ersebut ke bagian yang ada pembengkakan.
  • Anda bisa elakukan cara ini sebanyak tiga kali dalam sehari atau sesering yang anda inginkan. Jika anda merasa rasa nyeri dan sakit itu tidak tertahankan anda bisa melakukan cara ini.
  1. Istirahat Cukup

Ketika anda sedang menderita gondongan ada baiknya anda istirahat cukup dan menghindari kebiasaan buruk bergadang. Bergadang akan memperburuk kondisi anda, alasannya adalah ketika anda bergadang sistem imun akan menurun. Saat sistem imun menurun kondisi penyakit gondongan tersebut. Saat istirahat cukup, smeua organ yang ada di dalam tubuh anda pun juga beristirahat dengan cukup, fungsinya akan semakin maksimal sebab organ diberikan kesempatan untuk beristirahat.

Berbeda halnya dengan orang ang bergadang dengan terus terusan, orang yang bergadang terus terusan akan memaksa organnya untuk bekerja secara terus menerus sehingga muncullah disfungsi organ. Tidak mengherankan jika orang yang suka bergadang akan cenderung sakit skaitan dibandingkan dengan orang yang memiliki pola tidur yang rutin dan teratur.

Bac : Bahaya tidur di bawah ACBahaya tidur tengkurapCara agar tidur sebentar tapi berkualitas

  1. Tidak Keluar Rumah

Selama masih mengalami penyakit gondongan, ada baiknya anda tidak keluar rumah terlebih dahulu. Alasannya adalah orang yang mengalami gondongan sistem imunnya mash belum stabil dan masih rendah sehingga dia masih rawn untuk terken penyakit lainnya. Saat ini di saat cuaca dan iklim sedang ekstrim, banyak virus bertebaran di udara sehingga memungkinkan anda untuk terkena berbagai macam penyakit virus lainnya. Jika anda terkena penyakit virus lebih dari satu maka komplikasi pun bisa terjadi. Jia sudah terkena komplikasi maka penyakit akan sulit disembuhkan. Oleh sebab itu penting bagi kita yang sakit untuk tidak keluar rumah terutama bagi anak kecil yang sistem imunnya belum stabil.

Baca : Virus ebolaVirus zika

  1. Konsumsi Cukup Cairan

Tubuh memerlukan cairan yang cukup untuk melakukan fungsinya dengan baik. Jika tubuh kekurangan cairan akibatnya fungsi organ tidak bisa bekerja dengan maksimal. Kelenjar partoid merupakan organ tubuh yang membutuhkan air putih untuk melakukan kinerjanya. Jika kelenjar partoid dehidrasi, penyakit gondongan akan semakin terasa menyakitkan sebb rasa nyeri dan linu aka semakin menjadi jadi. Oleh sebab itu usahakan tubuh terhidrasi dengan baik.

Baca : Terapi air putihAkibat kelebihan air putihAkibat terlalu banyak minum air putih

  1. Hindari Jus Buah

Memang buah kaya akan vitamin dan mineral namun siapa sangka bagi orang yang menderita gondongan, jus buah sangat tidak dainjurkan untuk dikonsumsi. Alasannya adalah jus buah itu bisa menyebabkan kelenjar partoid yang membengkak semakin terkena dehidrasi. Jika dehidrasi, aliran darah di kelenjar itu tidak lancar sehingga bisa menyebabkan rasa nyeri dan linu semakin parah. Saat terkena gondongan sebaiknya mencukupi kebutuhan air putih agar peredaran darah menjadi lancar.

  1. Mengkonsumsi Makanan yang Lunak

Agar gejala gondongan tidak semakin bertambah parah, ada baiknya anda mengkonsumsi makanan yang luak. Makanan seperti bubur lebih baik dikonsumsi dibadingkan dengan makanan yang kasar. Saat gondongan sebaiknya menghindari mkanan mie instan sebabmie instan merupakan makanan yang sulit dicerna. Saat penderita gondongan mengkonsumi makanan yang kasar dan sulit dicerna, akibatnya adalah dia akan merasakan linu pd kelenjar partoidnya. Tidak hanya itu saja, makanan itu pun akan kesulitan ditelan sehingga akan membuat penderita semakin merasa kesakitan.

  1. Obat

Untuk menyembuhkan peradangan dan pembengkakan yang terjadi pada orang yang mengalami gondongan ada baiknya anda mengkonsumsi obat obatan yang telah dianjurkan dan sesuai resep dokter. Obat obatan yang bisa digunakan untuk meedakan pembengkakan dan peradangan adalah parasetamol dan juga ibuprofen. Kedua obat itu selain bisa meredakan demam akibat virus juga bisa digunakan mengurangi rasa nyeri akibat peradangan dan juga pembengkakan.

Baca : Efek sampng captoprilBahaya makan durian setelah minum obat

  1. Yodium

Orang yang mudah terkena gondongan adaah mereka yang kekurangan yodium, meski begitu tidak memungkiri orang yang sudah memiliki kecukupan yodium pun bisa terkena penyakit gondogan. Oleh sebab itu salah satu cara yang bisa digunakan untu mengobati gondongan adalah dengan mencukupi kebutuhan tubuh akan yodium. Yodium ini bisa anda temukan pada sayuran yang kaya akan yodium. Mengkonsumsi garam yang kaya akan yodium tidak diperbolehkan berlebihan sebab bisa menyebabkan hipertensi. Oleh sebab itu sebaiknya anda mengkonsumi sayuran yang menganung yodium tinggi.

Baca : Kekurangan dan kelebihan yodiumAkibat kekurangan yodium

  1. Dandellion

Tahukah anda apakah dandellion itu?, dandellion merupakan gulma atau tanaman gulma yang cantik. Hal itu dikarenakan bunga dandellion bisa ditiup kemudian bunga itu akan bertebaran di udara. Yang bisa anda lakukan untuk mengobati gondongan adalah dengan menggunakan daun dari bunga dandellion tersebut. Cara mengobati gondongan mengguakan dandelion ini pun termasuk mudah yaitu dengan cara mengkoncumi daun dandellion yang dicuci bersih terlebih dahulu, kemudian anda bisa menjadikannya sebagai lalapan. Daun dandellion ini bisa berfungsi untuk menghilangkan nyeri dan sakit akibat pembengkakan yang terjadi di kelenjar parotid.

  1. Bawang Putih

Khasiat bawang putih untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi, selama ini bawang putih banyak digunakan untuk mengobati sakit gigi dan juga mengobati gusi bengkak.

Tidak hanya itu saja, bawang putih ternyata bisa digunakan untuk mengobati gondongan. Bawang putih ini bisa digunakan untuk mengobati gondongan pada anak anak. Cara mengobati gondongan menggunakan bawang putih ini sangat mudah sekali yaitu anda tinggal memasak masakan untuk anak-anak dengan menambahkan banyak bawang putih di dalamnya.Bawang putih ini mampu merangsang produksi glutathione di dalam tubuh, glutathione ini berfungsi sebagai penambah kinerja dari kelenjar parotid tersebut.  Semakin baik kinerja dari kelenjar parotid tersebut bisa menyebabkan pembengkakan menjadi menghilang atau bisa kempes secara perlahan lahan.

Baca : Efek samping bawang putihBahaya bawang putih mentah  –  Efek samping bawang merah

  1. Selada Air

Cara selanjutnya yang bisa anda gunakan untuk mengobat gondongana dalah degan menggunaakan selada air. Tentu selada air ini sudah tidak asingg lagi di telinga masyarakat mengingat banyak makanan yang menggunakan selada air ini. Misalnya saja burger dan lain sebagainya. Siapa sangka jika selada air tersebut bisa digunakan untuk menghilangkan gondongan. Caranya pun sangat mudah sekali yaitu dengan mengubah selada air itu menjadi sayuran atau masakan. Anda bisa menguah selad air menjadi sup, tumisan atau menjadikannya sebagai lalapan. Selada air tersebut merupakan  salah satu sayuran yang mengandung yodium tinggi sehingga jika dikonsumsi secara terus menerus bisa meredakan keluhan saat terkena gondongan. Tidak hanya itu saja pembengkakan akibat penyakit gondongan bisa mengempes seiring dengan berjalannya waktu. Hal itu dikarenakan kandungan yodium dalam selada air bisa digunakan sebagai pengempis gondongan.

  1. Buah Nanas

Siapa yang tidak kenal dengan buah yang kaya akan vitamin C ini. Buah yang sering dijadikan sebagai pantangan saat hamil muda ternyata memilikki manfaat untuk menghilangkan gondongan. Banyak orang yang tidak tahu apa saja manfaat dari mengkonsumsi buah nanas bagi kesehatan, yang mereka tahu hanyalah rasanya yang enak dan menyegarkanlah yang membuat mereka tertarik untuk mencicipi atau makan buah nana stersebut.

Buah nanas yang ada di sekitar anda memiliki manfaat untuk mengecilkan gondongan yang anda miliki. Nanas tersebut juga mampu mengecilkan gondongan lebih cepat dan mudah. Sayangnya anda harus berhati – hati dalam mengkonsumsi buah nanas ini sebab jika anda mengkonsumsi getahnya maka lidah anda justru merasakan gatal-gatal. Ketika anda mengkonsumsinya sebaiknya mencuci bersih nanas tersebut, pastikan buah nanas yag anda pegang tidak licin. Jika licin itu tandanya nanas yang anda pegang masih memiiliki getah yang banyak.

  1. Mengkudu

Siapa yang tidak kenal degan mengkudu tau noni. Noni atau mengkudu selama ini banyak dignakan dalam dunia medis untu mengatasi berbagai macam masalah kesehatan misalnya saja untuk menormalkan tekanan darah tinggi dan juga untuk mengatasi diabetes atau adar gula darah yang tinggi. Mengudu atau noni untuk mengobati gondongan ini bisa anda jadikan jus atau dikonsumsi secara langsung. Anda bisa mengkonsumsi noni atau mengkudu yang berwarna putih yang artinya sudah tua atau matang. Jangan mengkonsumsi noni atau mengkudu yang warnanya hijau sebab mengkudu yang warnanya hijau adaah mengkudu yang masih mentah sehingga rasanya tidak akan enak. Anda juga harus bersiap siap menahan bau buah noni yang khas dan sesikit menyengat tersebut. Konsumsilah buah noni atau mengkudu itu sebanyak tiga kali dalam sehari agar gondongan anda seera sembuh.

  1. Jahe

Jahe merupakan obat herbal alami yang dipercaya bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan. Jahe untuk menghilangkan gondongan ini sangat mudah yaitu sebagai berikut ini :

  • Siapkan 2 rimpang jahe dalam ukuran besar.
  • Tumbuh jahe tersebut sampai jahe benar benar halus dan lembut.
  • Saat jahe sudah halus atau lembut, tambahkanlah aiir ke dalam tumbukan jahe tersebut.
  • Setelah itu oleskanlah tumbukan jahe yag telah lembut ke bagian gondongan anda.
  • Cara lainnya anda bisa mengompres area yang bengkak tersebut menggunakan jahe yang teah diparut dan diberi air itu.
  • Lakukanlah secara teratur agar gondongan anda segera kempes.( Baca : Cara mencegah perut kembng dan masuk anginCara mengatasi perut kembung )

Itulah berbagai macam cara mengobati gondongan yang bisa anda coba di rumah. Mengobati gondongan akan terasa hasilnya jika dilakukan secara teratur, oleh sebab itu ada baiknya anda yang terkena gondongan melakukan berbagai macam cara mengobati gondongan di atas secara teratur dan tertib agar gondongan anda segera menghilang.