17 Penyebab Keringat Dingin dan Cara Mengatasinya

280

Keringat dingin bukanlah sebuah penyakit tetapi bisa dijadikan sebagai indikasi bahwa didalam tubuh sedang terjadi gangguan dan keluhan kesehatan.

Penyebab

1.Stres

Dalam keadaan stres karena kecemasan, Kepanikan, Ketakutan atau rasa gelisah yang luar biasa maka kondisi psikologi menjadi tidak stabil yang akan menyebabkan penderitanya tidak bisa berfikir jernih dan perubahan prilaku. Dalam keadaan itu tubuh akan mengalami peningkatan suhu tubuh,  Detak jantung tidak beraturan dan muncul keringat keringat dingin. Salah satu ciri ciri stres yang mengancam kesehatan tubuh adalah munculnya gejala insomnia.

2. Sakit kepala migrain

Munculnya gejala migrain penting untuk diwaspadai karena Sakit kepala jenis  migrain dapat menjadi penyebab keringat dingin muncul tiba tiba, Hal ini merupakan bentuk dari  respon alami tubuh yang sedang berusaha mempertahankan kesadaran dan keseimbangan tubuh agar tetap stabil.

3. Nyeri akibat cedera

Ketika didalam tubuh mengalami cedera misalnya akibat benturan keras maka akan menimbulkan rasa sakit. Rasa sakit itulah yang menyebabkan adanya tekanan terhadap pembuluh darah atau jaringan yang terkena cedera. Nyeri akibat cedera merupakan penyebab keluarnya keringat dingin yang muncul sebagai respon tubuh terhadap rasa nyeri itu sendiri.

4. Infeksi

Didalam tubuh yang menderita infeksi karena masalah pneumonia, Tuberkulosis atau penyakit malaria maka sebagai bentuk reaksi tubuh yang memberi sinyal ke otak agar pertahanan tubuh tetap baik adalah munculnya keringat dingin yang biasanya terjadi di malam hari.

5. Gejala kanker

Salah satu penyebab keringat dingin adalah gejala awal kanker yang menyerang bagian tubuh, Misalnya kanker limfoma dimana tanda tanda yang paling mudah diketahui adalah berupa keluarnya keringat dingin.

6. Reaksi alergi

Ciri ciri alergi yang perlu diwaspadai adalah alergi yang Alergi yang dapat membahayakan jiwa seseorang karena bisa berdampak pada kematian. Misalnya tersengat kalajengking atau akibat penggunaan obat obatan tertentu yang menimbulkan masalah pada pembuluh darah dan jantung. Reaksi alergi yang berbahaya atau anafilaksis merupakan penyebab keringat dingin akibat penyebaran racun ke dalam jaringan darah atau partikel asing lainnya yang tidak segera diatasi dengan tindakan medis.

7. Penggunaan alkohol

Mengkonsumsi alkohol setiap hari secara berlebihan dapat dijadikan salah satu penyebab keringat dingin muncul yang diiringi dengan sakit kepala bagian belakang. Kondisi ini disebabkan karena alkohol telah meracuni darah dan mencederai organ tubuh sehingga respon terbaik dari tubuh untuk melawannya adalah dengan jalan keluar keringat dingin.

8. Hiperhidrosis

Hiperhidrosis adalah kondisi dimana seseorang memiliki kecenderungan mudah berkeringat. Keringat berlebih dapat disebabkan karena gangguan tiroid atau faktor genetik yang diturunkan dari salah satu atau kedua orangtuanya.

9. Reaksi injeksi

Reaksi injeksi pada tiap orang berbeda beda ada yang mengalami pembengkakan kulit, Muncul ruam kemerahan bahkan ada yang mengeluarkan keringat dingin. Kondisi tersebut merupakan reaksi alami dari tubuh yang secara kasat mata memberi sinyal pada otak bahwa cairan yang dmasukan dalam tubuh melalui suntikan telah diterima oleh tubuh dengan baik.

10. Aktivitas berat

Penyebab keringat dingin bisa juga disebabkan karea aktivitas berat yang dilakukan berulang uang. Aktivitas berat dapat menyebabkan kelelhan, Nyeri pada beberapa bagian tubuh hingga akhirnya memicu muncunya keringat dingin.

11. Pendarahan dalam tubuh

Pendarahan yang terjadi didalam organ tubuh misalnya ginjal, Paru paru, Lambung dan lain lain dapat menyebabkan peradangan dan rasa nyeri, Dimana rasa nyerinya akan memicu munculnya keringat dingin.

12. Anemia

Gejala anemia kerab ditandai dengan munculnya keringat dingin dan wajah yang pucat. Anemia adalah kondisi dimana tubuh kekurangan sel sel darah merah dan pasokan oksigen sehingga tubuh secara alami akan bertahan agar keseimbangan tubuh tetap terjaga.

13.Menopause

Gejala menopause pada wanita adalah proses alamiah yang akan dialami setiap wanita yang telah berusia diatas usia 40 tahun yang mana selalu ditandai dengan muncuknya keringat dingin.

14.Tekanan darah rendah

Gejala tekanan darah rendah yang penting anda ketahui salah satunya adalah adalah keluarnya keringat dingin. Tekanan darah rendah merupakan penyebab keringat dingin yang muncul sebagai indikasi bahwa tubuh membutuhkan kinerja jantung yang lebih baik.

15. Sesak nafas

Salah satu penyebab sesak nafas terlalu sering adalah bisa disebabkan karena serangan asma yang kambuh . Sesak nafas adalah bagian dari serangan jantung (angina) atau penyakit jantung yang dapat menyerang siapa saja. Sesak nafas merupakan penyebab keringat dingin yang muncul sebagai tanda bahwa jantung sedang mengalami gangguan dalam memompa darah atau karena sebab lain.

16. Panas dalam

Waspada dengan gejala panas dalam dan cara mengatsinya penting untuk diketahui lebih dini karena Panas dalam adalah kondisi umum yang hampir setiap orang pernah mengalaminya yang bisa muncul karena kelelahan, Kelaparan, Perubahan cuaca yang ekstrem atau akibat suhu tubuh yang kelewat tinggi bahkan bisa menyebabkan seseorang mengalami pendarahan yang keluar melalui rongga hidung atau mimisan. Panas dalam merupakan salah satu penyebab keringat dingin yang muncul sebagai tanda jika daya tahan tubuh sedang melemah.

17.Tindakan operasi

pada sebagian orang pasca operasi misalnya operasi pengangkatan tumor, Operasi jangung dan lain lain dapat menjadi penyebab keringat dingin yang muncul sebagai respon alami tubuh sebagai tanda jika bagian tubuh yang telah mengalami tindakan pembedahan sedang mengalami pemulihan sendiri . Kondisi berhubungan dengan karakteristik tubuh manusia yang pada dasarnya  memiliki daya tahan tubuh dan anti bodi yang berguna menyembuhkan dirinya sendiri disamping karena pemberian berbagai macam obat pasca operasi dari dokter yang terkait.