Dada Dan Punggung Terasa Panas, Gejala Penyakit Berbahaya ?

784

Sekilas letak antara rongga dada dan punggung berjauhan tetapi keduanya saling berkaitan karena mempunyai aliran darah, Pembuluh arteri, Tendon, Saraf dan otot yang saling berkesinabungan, Sehingga rasa nyeri yang berakhir dengan sensasi panas dari salah satunya akan mempengaruhi yang lain.

Penyebab

1.Aktivitas berat

Aktivitas berat adalah penyebab dada dan punggung terasa panas  karena Saat sedang beraktivitas termasuk para pekerjaan berat yang mengandalkan tangan, bahu dan kepala untuk mengangkat beban seringkali seseorang melakukan gerakan yang tidak beraturan, mendadak atau kesalahan dalam bergerak sehingga otot terkilir atau mengalami saraf kejepit sehingga muncul rasa nyeri dan sensasi panas secara bersamaan, kondisi ini dikarenakan ada otot, Tulang, Persendian, Tendon dan saraf yang cedera.

Cara mengatasi :  Membiasakan diri melakukan peregangan otot disela sela aktivitas agar terhindar dari masalah otot kaku, Tegang , Terkilir atau saraf kejepit dan imbangi dengan minumm air putih secara berkala untuk mempertahankan stamina sekaligus terhindar dari masalah dada sesak dan nyeri akibat dehidrasi.

2. Gangguan jantung

Gangguan jantung merupakan salah satu penyebab dada dan punggung terasa panas yang paling banyak menyerang manusia dewasa. Gangguan jantung dapat berupa gagal jantung atau serangan jantung mendadak yang muncul karena ada penyumbatan pembuluh darah jantung yang menyebabkan tekanan dan rasa nyeri pada rongga dada dimana rasa nyerinya bisa menjalar ke bagian punggung dan meninggalkan jejak berupa sensasi rasa panas.

Cara mengatasi :  Melakukan pertolongan pertama serangan  jantung mendadak sesuai dengan prosedur kesehatan misalnya meminta penderita untuk segera mengkonsumsi obat jantung yang biasa di gunakan atau melakukan tindakan CPR saat penderita jantung kehilangan kesadaran.

3. Gangguan paru paru

Waspadalah terhadap gangguan paru paru karena ada banyak bentuk dari gangguan paru misalnya gejala paru paru hitam atau bisa karena gejala Paru paru bocor dan penyebabnya harus segera diketahui ,  Flek pada paru , Nampak ciri ciri radang paru paru atau karena paru paru berair dimana  kondisi medis terdebut bisa menjadi penyebab dada dan punggung terasa panas.

Gangguan paru paru beragam penyebabnya, Ada yang disebabkan karena kebiasaan merokok berlebihan, Serangan bakteri atau virus tertentu atau akibat polutan udara yang mengandung radikal bebas . Hal tersebut dapat menyebabkan tekanan berulang pada rongga dada termasuk paru paru yang ditandai oleh nyeri pada dada, Sesak nafas dan terasa berat dimana konsekuensinya adalah rasa nyerinya menyebar ke bagian punggung belakang sehingga menimbukkan rasa panas .

Cara mengatasi :  Hindari bahaya tar pada rokok dan Penggunaan alkohol lalu disiplin untuk menjalani pengobatan, Perawatan dann pemulihan sesuai dengan anjuran dokter terkait.

4. Cedera

Terjatuh atau terkena benturan keras yang mengenai bagian dada akan menimbulkan trauma luka pada jaringan otot, Tendon, Saraf, Pembuluh darah dan jaringan kulit yang menimbulkan rasa nyeri dan sensasi rasa panas dimana kondisi tersebut menjalar kebagian punggung belakang . Juga bisa terjadi sebaliknya jika bagian punggung yang terkena benturan hebat.

Cara mengatasi:   Mengompres bagian yang terkena cedera dengan es batu untuk kemudian segera bawalah ke dokter ahli saraf atau tullang untuk dilakuakn serangkaian pemeriksaan fisik agar lebih cepat diketahui seberapa parah kerusakan otot, Tendon , Saraf dan pembuluh darah sehingga bisa cepat pula dilakukan tindakan medis yang telah disesuikan dengan kondisi jaringan tubuh.

5. Anemia

Salah satu penyebab dada dan punggung terasa panas adalah gejala anemia atau penyakit anemia adalah kondisi dimana jumlah sel sel darah merah berkurang didalam tubuh, Kekurangan sel darah merah dapat menyebabkan tubuh kehilangan kemampuannya menyebarkan oksigen ke seluruh jaringan tubuh sehingga mudah menimbulkan sesak nafas, Airan darah tidak lancar, Tubuh lemas, Sering pusing, dada sakit hingga rasa sakitnya melebar kepunggung bagian belakang yang diiringi sensasi rasa panas seperti terbakar.

Cara mengatasi:   Memperbanyak makanan yang mengandung serat dan zat besi misalnya sayuran, Buah dan susu tetapi bisa pula di imbangi dengan mengkonsumsi suplemen zat besi dengan dosis yang telah dianjuran oleh ahli gizi atau dokter terkait.

6. Kelelahan

Penyebab dada dan punggung terasa panas  pada pria dan wanita yang memiliki rutinitas kerja harian adalah kelelahan. Kelelahan merupakan hal yang umum yang dialami semua manusia yang memiliki aktivitas. Namun tubuh yang mengalami kelelahan luar biasa bukan hanya akan menurunkan daya tahan tubuh tetapi juga bisa menjadi penyebab dada dan punggung terasa panas, karena saat tubuh kelelahan maka seluruh jaringan secara alami akan melindungi dirinya sendiri dan bekerja lebih ekstra untuk berupaya menjaga daya tahan tubuh agar keseimbangan tubuh tetap stabil, Akibatnya jantung memompa darah lebih cepat lalu menyebabkan dada terasa tertekan dimana rasa sakitnya menjalar ke bagian punggung hingga pada akhirnya muncul sensasi rasa hangat secara bersamaan.

Cara mengatasi :  Mulailah membiasakan diri merubah pola tidur agar kualitas tidur lebih baik misalnya beristirahat malam setidaknya 7 hingga 8 jam untuk orang dewasa, Cukup minum air putih dan mengkonsumsi suplemen makanan yang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi.

7. Pasca operasi

Bagian rongga dada yang mengalami pembedahan,maka ketika operasi telah selesai dan efek obat bius atau suntikan anesti berangsur angsur berkurang akhirnya rasa nyeri pasca operasi  akan muncul secara perlahan lahan, Namun hal itu adalah hal yang wajar di dunia medis karena seiring berjalannya waktu rasa nyeri akan hilang dengan sendirinya.  Saat efek obat bius semakin berkurang maka akan muncul rasa nyeri dimana rasa nyeri tersebut bisa melebar ke arah punggung dan tak jarang meninggalkan sensasi rasa panas .

Begitupula ketika sebaliknya, Jika bagian punggung belakang yang menjalani tindakan pembedahan maka rasa nyerinya saat operasi selesai akan menjalar ke arah bagian dada dan meninggalkan rasa panas. Pasca operasi pada dada atau bagian punggung merupakan penyebab dada dan punggung terasa panas . Hal tersebut terjadi dikarenakan pembuluh darah , Otot, Tendon dan saraf antara keduanya saling terhubung.