11 Penyebab Badan Panas dan Pusing yang Penting Anda Ketahui

2042

Kesehatan tubuh yang tidak dijaga secara maksimal akan menyebabkan berbagai panyakit, salah satunya badan panas dan pusing. Sakit ini begitu familier di masyarakat karena sering mengalaminya. Perlu anda ketahui penyakit ini disebabkan oleh virus maupun bakteri yang hinggap di tubuh anda. Kurang nutrisi, kurang istirahat, dan banyak aktivitas yang menyebabkan penyakit mudah menempel. Selain itu, kekebalan tubuh yang menurun juga berimbas pada penyebarannya. Untuk itu, anda disarankan menjaga tubuh tetap baik dan sehat.

Tentunya bagi anda yang terserang badan panas dan pusing akan mengalami kebigunggan. Terlebih tidak memiliki riwayat pendidikan kedokteran. Jangan khawatir, karena artikel berikut akan mengulas tentang penyebab badan panas dan pusing. Sehingga, akan dapat menghindari sedini mungkin akan penyakit ini. Adapun penyebab yang ditimbulkan sebagai berikut.

  1. Common Cold

Penyebab badan panas dan pusing pertama berupa common cold. Anda pasti akan bertanya-tanya akan istilah ini. Perlu anda ketahui common cold merupakan istilah dari flu. Penyebab penyakit ini dikarena bakteri dan menyerang sistem kekebalan tubuh. Ketika anda terserang penyakit ini akan mengalami gejala badan panas dan pusing. Selain itu, juga disertai dengan hitung tersumbat. Sebuah penyakit yang tentu akan mengurangi rutinitas anda sehari-hari. Penting bagi anda untuk tetap menjaga tubuh dari serangan penyakit. Baca juga tentang  penyebab luka di lambung dan cara mengatasinya.

  1. Infeksi Bakteri

Penyebab badan panas dan pusing selanjutnya berupa infeksi banteri. Ketika anda mengalami infeksi banteri akan menemukan ciri-ciri sebagai berikut, demam tinggi, sakit kepala/pusing, ditambah mual. Tubuh yang terserang banteri akan menurunkan imun tubuh sehingga akan rentan tersang berbagai macam penyakit. Adapun panyakit itu berupa cacar air, campak, flu burung, dan flu singapur. Selain itu, anda juga disarankan untuk mengetahui tentang malaria.

  1. Peradangan

Penyebab badan panas dan pusing berikutnya disebabkan oleh peradangan. Tubuh yang terjangkit penyakit ini akan mengalami pembekakan. Biasanya penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang menyerang tubuh. Tubuh yang terserang akan menghambat proses metabolisme, sehingga menyebabkan berbagai penyakit. Penyakit yang disebabkan oleh peradangan berupa amadel, radang paru-paru dan radang tenggorokan. Gejala yang akan anda temui ketika terserang penyakit ini berupa badan panas dan pusing pada kepala. Anda juga wajib tahu tentang bahaya akibat kurang air minum.

  1. Dehidrasi

Dehidrasi merupakan sebuah kondisi di mana tubuh mengalami banyak kehilangan cairan. Beragam hal yang menyebabkan tubuh kehilangan cairan, salah satunya akibat aktivitas yang berlebih. Selain itu, juga bisa disebabkan oleh penyakit misalnya diare. Tubuh yang kehilangan banyak cairan akan mengalami lemas dan kurang tenaga. Tidak saja itu, tubuh akan mengalami badan panas dan pusing. Untuk itu, bagi anda diwajibkan menjaga asupan cairan tubuh secar baik. Salah satunya dengan minum 2 liter setiap hari. Anda juga diajurkan untuk mengetahui tentang darah rendah.

  1. Terlalu Lama di Bawah Matahari

Penyebab badan panas dan pusing berikutnya berupa terlalu lama berada di bawah matahari. Matahari memang bagus untuk tubuh karena mengandung vitamin D. Tetapi, penting untuk anda ketahui vitamin D ini hanya terdapat pada sinar matahari pagi. Berbeda ketika siang hari, anda yang terlalu lama berada di bawah matahari akan mengalami gejala badan panas dan pusing. Hal ini disebabkan oleh pancaran panas matahari. Tubuh akan mengalami banyak kehilangan cairan yang akhirnya terjadi dehidrasi. Tentu akan menganggu proses metabolisme tubuh anda. Penting untuk menjaga asupan nustrisi karena akan membantu sistem kekebalan tubuh. Selain itu, penting juga untuk mengatahui bahaya akibat tidak makan seharian.

  1. Anemia

Penyebab badan panas dan pusing selanjutnya disebabkan oleh anemia. Anemia di sini merupakan sebuah kondisi tubuh mengalami kekurangan darah. Darah bagi tubuh sangat vital karena akan membawa oksigen ke seluruh tubuh. Ketika mengalami kekurangan tentu akan menghambat proses sistem kerja tubuh. Karena memang tubuh membutuhkan asupan oksigen itu. Tubuh yang mengalami anemia biasanya di tandai oleh badan panas dan pusing. Bisa juga di tandai tubuh yang lemas dan mudah capek. Anemia secara lebih lanjut dan parah akan menyebakan kematian. Penting bagi anda untuk tetap menjaga asupan makanan yang akan menambah darah.

  1. Efek Samping Obat

Penyebab badan panas dan pusing selanjutnya bisa karena efek samping obat. Obat memang berguna untuk menyembuHkan penyakit tertentu. Namun, obat juga memiliki efek samping yang tidak baik untuk tubuh. terlebih bagi anda yang mengkonsumsi obat dalam jangka panjang, tentu dampak itu akan dirasakan secara intens. Biasanya dampak dari obat yang anda minum berupa badan panas dan pusing. Golongan obat semacam steroid, pengatur tekanan darah, antidepresi, dan antihistamin. Termasuk jenis obat yang sering efek sampingnya berupa badan panas dan pusing.

  1. Gastroenteritis

Jenis penyakit ini lebih pada menyerang usus perut anda. Akibat dari virus atau bakteri yang menempel pada tubuh anda. Adapun gejala yang ditimbulkan berupa badan panas, pusing, dan terkadang ada nyeri sendi. Bagi anda yang menderita penyakit ini sangat berbahaya karena menyerang organ vital yaitu usus.

  1. Chikungunya

Jenis penyakit ini disebabkan oleh gigitan nyamuk, sama halnya denga deman berdarah. Namun, nyamuk yang mengigit berbeda. Begitu juga akan dampak yang ditimbulkan. Gajala yang timbul dalam penyakit ini berupa nyeri sendi dan penderita tidak susah untuk mengerakkan anggota tubuh.

  1. Kecapekan

Tubuh tidak tidak seperti mesin yang bisa ditekan untuk melakukan sesuatu aktivitas berlebih. Justru jika dipaksakan akan berakibat kelelahan yang angkut. Dampak dari kelelahan tentu akan menimbulkan badan terasa sakit semua. Selain itu, juga berakibat pada badan panas dan pusing.

  1. Kurang Istirahat

Istirahat bagi tubuh merupakan cara untuk menumbuhkan kembali sel-sela yang rusak. Selain itu, juga untuk meregerasinya. Tentu jika kurang istirahat akan menimbulkan dampak yang merugikan salah satunya adalah badan panas dan pusing. Hal ini disebabkan oleh metabolisme yang terganggu.