10 Cara Menyembuhkan Phobia Terbukti Ampuh

Rasa takut dan cemas merupakan suatu hal yang wajar dimiliki oleh setiap orang. Tapi apa jadinya apabila takut dan cemas itu terjadi secara berlebihan dan tidak terkendali ? Maka hal itu adalah sebuah kelainan. Kondisi tersbut merupakan jenis penyakit gangguan mental yang secara psikomedik disebut Axietas Phobic atau phobia. Secara definitif dijelaskan bahwa phobia adalah rasa takut dan cemas secara berlebihan terhadap sesuatu benda, makhluk hidup dan kondisi tanpa sebab yang jelas yang sesuai dengan aktual. Phobia dapat terjadi akibat hal-hal traumatis yang pernah dialami oleh penderita dan atau terajadi karena faktor keturunan. Ibu hamil yang mendadak takut kucing misalnya, anaknya bisa saja phobia terhadap kucing. Selain itu phobia juga dapat dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Contohnya apabila dalam suatu keluarga menganggap bahwa gelap adalah suatu ha yang buruk dan harus dihindari, maka keturunannya kemungkinan besar akan merasa phobia bila berada pada kondisi yang gelap. Oleh karena efeknya ang cukup kompleks, perlu edukasi cara menyembuhkan phobia untuk mengatasinya.

(Baca Juga: Trypophobia , Perbedaan Depresi dan Gangguan Bipolar)

Berdasarkan data yang masuk, tercatat lebih dari 150 jenis phobia. Sebagai usaha untuk memudahkan penanganan dan cara menyembuhkan phobia, para ahli kemudian mengklasifikasikannya menjadi 3 jenis, yaitu :

  1. Phobia spesifik : yaitu phobia terhadap benda, makhluk atau situasi tertentu seperti ketinggian dan kecoa.
  2. Phobia sosial : jenis phobia terhadap situasi sosial di lingkunganya seperti keramaian, pesta dan keributan.
  3. phobia kompleks : jenis phobia dimana phobia spesifik dan phobia sosial dialami bersamaan.

Penderita phobia biasanya berfikir bahwa menghindari objek yang membuatnya phobia merupakan satu-satunya hal yang harus dilakukan untuk mengatasinya. Itu wajar, tapi tetap kita tidak dapat memprediksi area aman dan kapan waktu objek phobia muncul sehingga dapat dihindari. Terlebih, reaksi yang ditimbulkan akan terasa mengganggu baik bagi penderita yang akan berpengaruh pada kehidupannya, ataupun pada orang lain yang melihat dan atau mendengarnya. Oleh karena itu perlu diketahui cara menyembuhkan phobia sehingga pendeita dapat belajar dan beusaha untuk menekan dan mengatasi rasa takut dan kecemasanya. Berikut adalah beberapa cara alternatif yang dapat menyembuhkan phobia:

(baca juga : cara menghilangkan rasa takut belebih, gangguan jiwa dan mental, gangguan mental pada anak)

1. Hipnoterapi

Hipnoterapi merupakan cara yang populer untuk mengatasi phobia. Melalui penanaman sugesti-sugesti positif tentang objek phobia kepada pasien yang terlebih dahulu dihipnotis. merangsang dan mempengaruhi alam bawah sadar sehingga dapat menghilangkan rasa takut dan kecemasan akan suatu hal. Meskipun metode ini bukan merupakan solusi jangka panjang karena dapat kambuh bila kondisi psikis pasien labil, para ahli tetap banyak yang merekomendasikan sebab prosesnya yang smooth dan tidak beresiko.

Baca Juga:

2. Desentiasi

Desentiasi adalah metode dimana pasien penderita phobia akan dibuat berada dalam kondisi senyaman mungkin. Berbagai macam cara dapat dilakukan untuk menciptakan suasana nyaman, dari menonton film, mendengaran musik, bercerita dan lain sebagainya. Setelah dirasa pasien dalam kondisi cukup nyaman, barulah didatangkan objek phobia. Kondisi psikologi yang tenang diharapkan akan berpengaruh terhadap turunnya reaksi dari rasa takut ataupun cemas yang muncul saat phobia.


3. Abreaksi

Abreaksi adalah metode atau cara menyembuhkan phobia yang menggunakan tehnik talk teatments. Abreaksi dilakukan dengan memberikan penjelasan dan pengertian akan objek phobia. Mengedepankan pendekatan objek yang ditakuti, diharapkan pasien dapat mengenal objek tersebut sehingga rasa phobianya dapat berkurang, bahkan hilang.

4. Flooding

Cara menyembuhkan phobia yang dianggap paling ekstrim adalah flooding. Hal ini dikarenakan pasien akan dipaksa untuk berada dalam satu ruangan dengan objek phobia selama beberapa watu. Jelas apabila pasien akan bereaksi sejadi-jadinya di awal pengulangan metode ini. Pada umumnya reaksi pasien mulai berkurang pada pengulangan ke-5, dan diharapkan akan sembuh karena dipaksa terbiasa berada dengan objek phobianya.

Artikel Lainnya:

5. Reframing

Reframming adalah tehnik talk treatment lainnya karena prosesnya yang mengedepankan komunikasi verbal secara aktif. Dalam metode ini pasien akan diinstruksikan untuk membayangkan dan mengingat kembali peristiwa yang menyebabkanya trauma sehingga mengalami phobia. Setelahnya, pasien akan diminta menceritakan peristiwa tersebut oleh konsultan atau psikiaternya. Ketenangan dan kefasihan pasien dalam bercerita menjadi indikator utama metode ini. Hal ini karena semakin tenang dan fasih pasien bercerita, maka dianggap reaksi phobia suatu objek akan berkurang dan hilang.

6. Terapi medisinal

Terapi medisinal sebenarnya bukanlah sebuah proses penyembuhan. Hal ini karena penggunaan obat bukan untuk mencegah, melainkan membantu mengatasi rasa takut dan cemas saat dalam kondisi phobia. Meskipun ada yang mengatakan bahwa dirinya dapat sembuh, hanya beberapa persen saja yang benar benar terbukti sembuh dari phobia. Sisanya bahkan pasien banyak yang semakin tertekan dan bergantung pada obat yang digunakan sehingga menimbulkan masalah baru. obat obatan yang digunakan dalam metode ini biasanya berupa anti-depressan dan obat penenang.

7. Terapi musik

Metode alternatif yang baru-baru ini dikembangkan oleh para ahli adalah pengembuhan phobia menggunakan musik. Nada-nada hasil penelitian terhadap syaraf sensorik dan motorik digabungkan menjadi sebuah musik terapi bagi penderita phobia. Metode ini diangga sangat aman karena kemudahanya dan fleksibilitasnya yang dapat dilakukan dimana saja. Saat ini metode terapi musik menjadi primadona untuk mengatasi berbagai gangguan mental dan depresi, bukan hanya pobhia.

artikel terkait :

8. Cognitive behaviour Therapy

Metode cognitive behaviour therapy atau biasa disebut (CBT) adalah metode yang mengedepankan penyesuaian reaksi penderita phobia bila bertemu dengan objek yang ditakuti. Pasien akan diajarkan bagaimana mengendalikan situasi sehingga reaksinya tidak berlebihan. Dalam metode ini pasien akan dimasukkan dalam skema simulasi keseharian untuk kemudian belajar mempraktikan teori yang didapatkannya. Sebagai contoh bila penderita phobia kecoa saat makan siang secara tidak sengaja merlihat kecoa melintas, maka pasien akan diinstruksikan mengambil nafas panjang agar bisa tetap tenang. Dengan begitu diharapkan pasien akan terbiasa dan dapat sembuh dari phobia ang dideritanya.


9. Neuro-Linguistic Programming

Neuro-Linguistic Programming atau NLP adalah sebuah metode penyembuhan phobia baru yang dipaparkan oleh Jemmer pada awal 2005. Dalam metode ini pasien akan diminta menilai dan menganalisa reaksi dirinya saat mengalami phobia. Pada awalnya, pasien akan diperlihatkan secara langsung objek phobia yang ditakuti untuk kemudian direkam reaksinya. Selanjutnya pasien akan diperlihatkan rekaman reaksinya sendiri dan diminta menceritakan tanggapan saat melihatnya. Dengan begitu diharapkan pasien dapat menyadari bahwa ada yang salah terhadap dirinya dan timbul motivasi untuk memberanikan diri dan tetap tenang saat bertemu objek phobia sehingga pada akhirnya pasien tersebut sembuh.

10. Self treatment

Self treatment merupakan sebuah metode mandiri yang dapat dilakukan oleh setiap orang. Metode ini sangat bergantung pada motivasi dan kesungguhan diri untuk bisa sembuh dari phobia. Secara garis besar, terdapat 3 langkah yang harus dilakukan oleh pasien, diantaranya adalah :

  1. memotivasi untuk memberanikan diri menghadapi objek phobia.
  2. sengaja melihat objek phobia secara berulang sehingga dapat belajar membiasakan diri dan mengontrol reaksi terhadap objek.
  3. menjaga pola makan dan berolahraga agar tetap dalam kondisi tenang sehingga dapat menekan tingkat stres yang timbul akibat phobia.

Meskipun phobia dianggap hanya penyakit atau kelainan sederhana, tapi tetap saja dapat mengganggu diri sendiri dan orang dilingkungan sekitar. Oleh karenanya sekecil apapun phobia, disarankan untuk segera ditangani. Semoga beberapa cara menyembuhkan phobia ini dapat bemanfaat. Salam sehat.

, ,
Post Date: Monday 25th, September 2017 / 08:09 Oleh :