14 Cara Mengatasi Gangguan Kecemasan Paling Alami

1322

Gangguan kecemasan atau anxiety disorder terdiri dari banyak jenis yang umumnya pernah dialami setiap orang dengan tingkat yang ringan ataupun parah sehingga berpengaruh terhadap aktivitas sehari hari. Gangguan kecemasan merupakan dimana kondisi seseorang yang merasa cemas terlalu berlebihan karena sebuah masalah yang memicu stress.

Gejala yang ditimbulkan dari gangguan kecemasan ini meliputi rasa cemas yang terbawa mimpi, sering mengalami serangan panik terlalu berlebihan, susah fokus, sering pusing dan mual, sering kesemutan, keringat dingin sesak nafas dan detak jantung tidak beraturan. Untuk mengatasi gangguan kecemasan tersebut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan tanpa perlu berkunjung ke dokter sebab bisa dilakukan sendiri di rumah seperti ulasan cara mengatasi gangguan kecemasan dari kami berikut ini.

  1. Jahe

Jahe yang merupakan rimpang ini sangat baik digunakan untuk meredakan gejala gangguan kecemasan seperti rasa mual dan juga cara menghilangkan rasa gelisah. Ekstrak jahe sendiri juga bisa ditemukan dengan mudah dalam bentuk kapsul atau minyak di berbagai toko makanan sehat. Jahe juga memberikan efek yang sangat kuat, sehingga disarankan untuk membatasi asupan jahe yakni tidak melebihi dari 4 gram per hari.

  • Sedangkan untuk ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi jahe lebih dari 1 gram per hari dan juga tidak boleh dikonsumsi oleh seseorang yang memiliki masalah penggumpalan darah atau sedang mengkomnsumsi obat pengencer darah seperti aspirin.
  • Jahe bisa ditambahkan pada tumis, marinade atau berbagai resep masakan.
  1. Teh Kamomil

Kamomil sangat baik untuk mengurangi stres, kecemasan dan juga insomnia serta sangat efektif untuk mengatasi gangguan kecemasan ringan sampai sedang.

  • Buat teh kamomil dengan cara mencampur 240 ml air panas dengan 2 sampai 3 sendok teh bunga kamomil kering.
  • Diamkan selama 10 sampai 15 menit dan minum sebanyak 2 sampai 3 kali sehari terutama sebelum tidur.
  • Teh kamomil ini tidak boleh dikonsumsi oleh anak anak dan harus dikonsultasikan pada dokter anak terlebih dulu.
  • Jangan juga dikonsumsi oleh seseorang yang sedang mengkonsumsi obat penenang, obat pengencer darah, pil KB, statin dan juga obat tekanan darah atau diabetes.
  1. Lavender

Lavender merupakan herba yang memiliki aroma kuat dan juga mempunyai efek penenang sehingga bisa digunakan sebagai aromaterapi untuk memicu relaksasi. Dari penelitian membuktikan jika aroma lavender akan memberikan efek menenangkan sehingga bisa mengurangi gangguan kecemasan, insomnia dan juga depresi.

  • Tambahkan 2 hingga 4 tetes minyak esensial dalam 480 sampai 720 ml air panas dan hirup uapnya untuk meredakan sakit kepala, kecemasan, insomnia dan depresi.
  • Konsultasikan dengan dokter apabila anda memiliki gangguan pernapasan atau iritasi mata dan paru paru.
  • Cara lainnya adalah dengan membuat teh lavender yakni menyeduh 1/2 sendok teh bunga lavender kering dengan 240 ml air panas.
  • Saring dan minum sebanyak 2 kali sehari atau sesuai petunjuk dokter.
  • Jangan menambahkan minyak esensial lavender pada makanan sebab bisa menyebabkan keracunan jika dikonsumsi secara oral.
  1. Teh Hijau

L theanine merupakan asam amino yang ada dalam teh hijau dan juga beberapa jenis suplemen. L theanine sudah terbukti ampuh dalam meredakan stres mental atau fisik dan juga memberikan rasa menenangkan tanpa menimbulkan rasa kantuk. Untuk pemberian teh hijau pada anak, akan lebih baik untuk dikonsultasikan terlebih dahulu pada dokter terutama jika mengkonsumsi suplemen, herba ataupun obat anti cemas lainnya.

  1. Tidur Cukup

Mencukupi kebutuhan tidur juga menjadi cara mudah untuk mengatasi gangguan kecemanasa. Dari penelitian membuktikan jika kurang tidur bisa meningkatkan produksi hormon stres yang membuat rasa cemas semakin bertambah dan imun tubuh yang semakin lemah. Selain itu, hindari juga mengkonsumsi kafein, nikotin dan juga alkohol serta minuman manis antara 4 hingga 6 jam sebelum pergi tidur. Semua zat ini merupakan stimulan yang bisa membuat seseorang tetap terjaga.

  1. Yoga

Yoga menjadi salah satu jenis olahraga yang bisa memberikan relaksasi sekaligus meredakan stres dan juga gangguan kecemasan. Yoga juga sangat baik untuk meningkatkan kesehatan, kebugaran dan juga rasa percaya diri. Berlatih cara yoga untuk pemula dengan teratur tidak hanya memberikan postur tubuh yang baik namun juga menambag rentang gerak, kelenturan, mengatur pola tidur, meningkatkan konsentrasi, meningkatkan pencernaan dan tentunya mengatasu gangguan kecemasan.

  1. Taichi

Taichi merupakan olahraga bela diri yang memiliki tingkat kedisiplinan tinggi. Sebagian besar gerakan yang ada pada taichi sangat baik untuk menciptakan ketenangan, meningkatkan kesehatan fisik, kebugaran dan juga gejala gangguan mental secara menyeluruh. Gerakan taichi bisa membuat otot menjadi lebih rileks sekligus meningkatkan sirkulasi oksigen dan darah ke seluruh tubuh.

  1. Metode Biofeedback

Biofeedback merupakan metode pengendalian tubuh yang berguna untuk mengatur proses normal tubuh seperti detak jantung, ketegangan otot, suhu tubuh dan juga tekanan darah. Semua proses tubuh nantinya akan berada dibawah pantuan elektrode yang di pasang di tubuh.

Terapi ini akan dilakukan oleh terapis biofeedback dimana anda akan diajarkan untuk mengatur setiap bagian dari beberapa proses tubuh tersebut. Metode ini juga sudah terbukti ampuh dalam mengatasi gangguan kecemasan, depresi, nyeri kronis dan juga sakit kepala.

  1. Akupuntur

Akupuntur sangat baik dilakukan untuk merangsang beberapa titik tubuh tertentu dengan cara menusukan jarum tipis menembus kulit. Dari penelitian membuktikan jika akupuntur bisa meredakan kecemasan, mengurangi stres dan juga meringankan sakit kepala.

Akupuntur biasanya tidak menimbulkan efek samping sama sekali jika dilakukan oleh seorang praktisi yang sudah berpengalaman. Akan tetapi, jika penggunaan jarum tidak dilakukan dengan tepat, maka bisa menyebabkan beberapa efek samping berbahaya.

  1. Konsumsi Omega 3

Dalam asam lemak omega 3 sangat baik untuk meredakan gejala gangguan kecemasan dan mningkatkan mood dengan cara menurunkan kadar bahan kimia stres seperti adrenalin dan juga kortisol di dalam tubuh. Beberapa makanan yang ampuh usir depresi dan juga sumber omega 3 terbaik diantaranya adalah 1 kaleng ikan berlemak seperti salmon dan tuna, eknari dan juga biji rami. Dari penelitian di Israel menemukan jika siswa yang mengkonsumsi suplemen minyak ikan, mempunyai sangat sedikit kadar kecemasan yang diukur dari kebiasaan makan dan tidur, kadar kortisol dan juga mental.

  1. Tingkatkan Asupan L-lysine

L-lysine merupakan asam amino yang bertugas untuk membawa pesan kimia oada otak yang disebut dengan neurotransmitter. Dalam penelitian sudah menunjukkan jika seseorang yang secara teratur mngkonsumsi suplemen L-lysine bisa mengurangi gejala gangguan kecemasan dan mengurangi kadar hormon stres. Sedangkan L-lysine pada makanan bisa didapat dari daging, ikan dan juga jenis kacang kacangan.

  1. Olahraga 21 Menit Setiap Hari

Olahraga tidak hanya baik dilakukan untuk meningkatkan kesehatan tubuh, namun juga akan meningkatkan endorfin. Dari beberapa riset ditemukan jika panas tubuh yang dihasilkan saat berolahraga sangat baik untuk mengubah sirkuit saraf untuk mengendalikan fungsi kognitif dna juga mood termasuk mempengaruhi serotonin neurotransmitter. Para periset meyakini jika olahraga yang dilakukan setidaknya 21 menit sehari akan memberikan relaksasi dan meringankan gejala gangguan kecemasan.

  1. Mandi Air Hangat dan Garam Epsom

Mandi air hangat yang ditambahkan dengan garam epsom sangat baik untuk menenangkan dan meningkatkan panas tubuh sehingga bisa mengatur suasana hati dan juga mengurangi kecemasan. Magnesium sulfat dalam garam sudah terbukti ampuh untuk menenangkan kecemasan dan juga tekanan darah. Selain itu, anda juga bisa menambahkan minyak esesial lavender atau vanilla dalam air mandi untuk memberikan aroma menenangkan dan meredakan stres berlebih.

  1. Kurangi Kafein

Ada lebih dari 20 efek bahaya kafein bagi tubuh sehingga penggunaannya harus dibatasi. Kafein bisa meningkatkan energi dan juga menambah rasa gelisah serta cemas saat dikonsumsi. Kurangi konsumsi minuman berkafein setidaknya 1 cangkir setiap hari. Beberapa minuman berkafein yang harus dihindari diantaranya adalah kopi, teh, coklat dan juga soda. Kafein merupakan salah satu zat yang menjadi penyebab cemas berlebihan apabila dikonsumsi terlalu banyak.

Beberapa cara mengatasi gangguan kecemasan diatas adalah cara terbaik dan termudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi gangguan kecemasan atau anxiety disorder. Lakukan cara cara tersebut dengan teratur sehingga gangguan kecemasan bisa dihindari selamanya.