Sponsors Link

15 Minuman dan Makanan yang Ampuh Usir Depresi

Sponsors Link

Depresi adalah bentuk dari suasana hati seseorang yang sedang tidak stabil dan berlangsung dalam waktu yang tidak bisa ditentukan, karena seseorang yang terserang depresi tidaklah sama , ada yang sebentar bahkan ada yang berbulan bulan. Depresi sangat berhubungan dengan perasaan perasan yang menekan  pikiran , mengintimidasi emosi, cemas berlebihankepanikan, ketidak berdayaan, kemarahan ataupun putus asa.

ads

Depresi dapat membuat seseorang mengalami banyak kerugian yaitu :

1. Kehilangan rasa percaya diri

Depresi cenderung menyebabkan seseorang kehilangan ketertarikanny pada hal hal yang berkaitan dengan kesukaan, kegemaran, hobi dan minat yang sehari hari menjadi semangat hidup. (baca juga: cara mengatasi depresi pada anak)

2. Merasa tidak berharga

Depresi yang berkepanjangan dapat mempengaruhi perilaku dan pola berfikir sehingga menjadi pribadi yang tertutup, kaku dan tidak mampu mengendalikan emosi. dimanapun berda diri mersa tidak berharga seperti terisolasi dari masyarkat. perasan yang berlebihan tersebut bisa berkembang menjadi penyakit jiwa termasuk gejala bipolar.

3. Ingin bunuh diri

Depresi yang berkepanjangan sangat berbahaya jika terus menerus muncul karena dapat menghilangkan rasa  semagat seseorang untyk bertahan hidup sehingga seseorang mampu melakukan bunuh diri akibat depresi yang tidak terkendali.  sifat mudah menyerahnya dapaat mengakibatkan seseorang ingin segera mengakhiri hidupnya.

4. Tidak mampu berfikir positif

Gejala depresi yang menyerang selama berbulan bulan mampu membuat seseorang kehilangan cara berfikir logis dan mudah tersinggung. ketidak mampuan berfikir positif cenderung membuat masalah baru dalam masyarkat berupa memicu pertengkaran, pertikaian atau bahkan permusuhan dengan orang lain. jika seseorang tidak maampu berfikir positif maka dirinya tidak akn pernah bisa mengendalikan emosinya.

5. Menurunkan kualitas hidup

Seseorang yang memiliki segudang keterampilan dan berotak cerdas akan berubah menjadi lambat dan bodoh dalam sekejab jika dirinya terus menerus dikuasai rasa depresinya dan tidak mampu mengendalikan emosinya. ciri-ciri depresi berat dapat menurunkan kualitas hidup seseorang termasuk kemampuan alademik, kemampuan intuisi, kemampuan hobinya, kemampuan berfikir cerdasnya dan lain lain.

Gejala gejala stres yang berkepanjangan jika tidak segera diatasi maka akan berubah menjadi depresi yang sulit dikendalikan. gejala tersebut antara lain :

  1. Kehilangan nafsu makan. (baca juga: cara meningkatkan nafsu makan)
  2. kehilangan minat bersosialisasi
  3. Kehilangan minat menikmati hidup
  4. Sering menyendiri
  5. sedih yang berlarut larut
  6. rasa gelisah dan cemas berlebihan
  7. merasa sendiri
  8. merasa gagal
  9. merasa bersalah
  10. mudah marah
  11. sering lupa
  12. Menjadi pemalas

Gejala fisik yang diakibatkan oleh depresi berat adalah :

  1. Tubuh mudah kelelahan. (baca juga: cepat lelah dan jantung berdebar)
  2. keringat sering mengucur
  3. bobot tubuh menurun
  4. sering pusimng pusing
  5. Badan pegal pegal
  6. nafsu sex berkurang
  7. tidak bisa tidur. (baca juga: efek tidak tidur 3 hari)
  8. jantung berdebar lebih cepat
  9. tampilan wajah cenderung suram dan kusam
  10. timbul kerutan halus pada wajah

Pemicu munculnya depresi

Sponsors Link

Depresi sifatnya sementara dan berlaku berbeda pada setiap individu, ada yang mengalami depresi hanya beberapa hari saja tetapi dilain pihak ada juga yang mengalaminya selama berbulan bulan dan berakhir dengan aksi bunuh diri atau percobaan bunuh diri. Peristiwa tragis termasuk kehilangan, penghianatan, kematian atau yang lainnya dapat memicu munculnya stres yang berkelanjutan  yang bisa berubah menjadi depresi, seperti berikut :

  1. Depresi sebelum dan sesudah melahirkan
  2. Masalah keuangan pribadi atau rumah tangga
  3. Karena pekerjaan
  4. trauma masa kecil yang tidak bisa dilupakan
  5. Depresi karena ketergantungan narkoba. (baca juga: 20 jenis-jenis narkoba, gambar, dampak dan pengertiannya)
  6. Ketergantungan minuman keras. (baca juga: bahaya minum alkohol 70 persen)
  7. kehilangan seseorang yang sangat disayangi
  8. kegagalan cita cita
  9. kehilangan benda berharga
  10. masalah dendam karena sakit jhati pada seseorang

Depresi yang berkepanjangan dapat menyebabkan beberapa komplikasi yang berhubungan dengan kesehatan tubuh, diantaranya:

  1. Dapat memicu munculnya bahaya jantung koroner
  2. Mengganggu kinerja kelenjar tiroid menjadi tidak stabil
  3. Terserang penyakit gejala vertigo dan migrain secara berkesinambungan
  4. Memicu peningkatan tekanan darah (darah tinggi)
  5. memicu penyakit Alzheimer

Bagiamana cara meredakan dan melenyapkan depresi ?

  1. Mendengarkan musik
  2. Melakukan aktifitas olahraga. (baca juga: cara agar nafas panjang saat berlari)
  3. Melakukan minat dan bakat
  4. Makan sesuatu yang disukai
  5. Membaca buku yang sesuai minat
  6. Menonton pertunjukan atau bentuk lain
  7. Rekreasi pada alam bebas
  8. Bersosialisasi dengan masyarakat

Depresi dapat diobati dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi yang memiliki zat zat gizi tertentu. Berikut ini jenis minuman dan makanan yang ampuh usir depresi :

1. Jenis ikan

Ilkan Salmon, tuna dan sarden mempunyai kandungan asam omega 3 yang tinggi yang dapat memperbaiki suasana hati yang sedang turun karena zat protein ikan mampu mempengaruhi kinerja otak menjadi lebih aktif sehingga dapat mengubah tingkat dopamin dan serotonin yang nantinya dapat meredakan kecemasan dan rasa gelisah yang berlebihan. (baca juga: makanan yang mengandung omega 3)

2. Jenis cokelat

Cokelat hitam dapat memnperngaruhi suasana hati seseorang menjadi lebih baik, karena didalamnya mengandung zat anti depresi yang kuat seperti Phenylethylalanine, methyl-xanthine dan theobromine yang telah terbukti mampu meregangakan otot yang tegang dan kaku, bersifat menenangkan, memberi efek menggembirakan, mengaktifkan simpul saraf otak agar lebih sehat dan menyembuhkan kepenatan atau kelelahan otak. (baca juga: jenis kelainan saraf)

3. Daging kalkun

daging kalkun mengandung asaam amino triptofan yang dapat melepaskan banyak hormon serotonin yang menyebbakaan rasa senang pada seseorang sedang terserang stres berat atau depresi. (baca juga: cara mencegah depresi)

4. Beras merah

Beras merah kaya dengan vitamin B1 dan B3 serta asam folaat yang dapat memproduksi dan melepaskan zat glukosa dalam aliran darh diseluruh tubuh yang nantinta bisa mengendalikan suasana hati seseorang menjadi lebih tenang daan lebih bisa berfikir logis. (baca juga: penyebab depresi)

5. Kurma tua

Buah kurma yang tua memiliki kandungan serat dan zat antioksidan . dapat memberikan energi positif untuk melenturkan ketegangan otot kepala dan meredakan depresi secara perlahan namun terbukti nyata jika kurma rajin dikonsumsi setiap hari (cukup 3 buah saja). (baca juga: makana untuk menghilangkan stres)

6. Bayam

bayam merah atau bayam hijau memilki zat besi yang tinggi dan vitamin B yang mampu memproduksi zat serotonin agar suasana hati meningkat menjadi lebih tenang . (baca juga: 29 makanan yang mengandung zat besi  super tinggi)

7. Asparagus

Aparagus baik bagi penderita depresi atau bahkan baik untuk pencegahan stres bagi orang orang sedang dalam keadaan sehat (stabil). Asparagus mempunyai kandungan asam folat yang tinggi yang bisa mempertahankan suasana hati agar tetap stabil dan tidak mudah terserang stress. Asam folat dapat memproduksi hormon serotoninn yang memicu perasaan senang, bahagia dan nyaman . (baca juga: cara menghilangkan stres)

8. Brokoli

Brokoli mengadung zat folic acid yang mampu meredakan stres, menyembuhkan depresi dan bersifat menenangkan pikiran termasuk menyembuhkan sindrom panik pada orang orang yang terserang depresi berat. untuk penyembuhan depresi dapat mengkonsumsinya setiap hari dengan takaran yang semangkok kecil saja yang bisa dicampurkan dengan menu makanan lain ketika sedang makan. (baca juga: penyebab stress)

ads

9. es krim + yogurt

Es krim yang mengandung buah buahan, susu, cokelat dan tambahan yogurt sangat baik bagi kesehatan pencernaan , namun dapat juga mempengaruhi mood yang sedang tidak stabil. rasa es krim dan yogurt yang nikmat memberi efek menyenankan dan menenangkan sehingga dapat membuat otak melupakan sejenak kepenatan pikiran karena rutinitas kerja atau sebab lain. (baca juga: 15 cara mengatasi stress super ampuh)

10. Buncis

Buncis mengadung senyawa hipo glikemil yang mempunyai sifat menenangkan pikiran dan melonggarkan ketegangan dan tekanan pada saraf saraf disekitar kepala dan leher bagian belakang. jika mengkonsumsi Buncis tiga kali dalam seminggu secara teratur dapat menghindari seseorang terserang depresi. (baca juga: buncis bagi penderita asam urat)

11. Kacang almond

Kacang almond memiliki kandungan vitamin E dan C yang bertindak sebagai antioksidan yang kuat dalam melawan efek buruk radikal bebas, salah satu penyebab depresi. jadkan kacang almond sebagi camilan disiang hari atau malam hari ketika frekuensi radikal bebas yang dihasilkan dari polusi udara sedang sangat kuat. (baca juga: daftar 25 buah yang mengandung vitamin E tinggi)

12. Jamu kunyit asam

Selain makanan ada pula minuman segar dan menyehatkan yang dapat menyembuhkan depresi yaitu jamu kunyit asam yang bisa dibuat sendiri dirumah. kunyit memiliki zat anti peradangan dan anti depresi yang dapat meningkatkan kelenturan saraf sekitar otak  dan bersifat menenangkan ketegangan otot otot disekitar kepala akibat berfikir terlau keras atau karena tekanan pikiran. (baca juga: cara meningkatkan kinerja otak)

13. Susu kacang kedelai

Kombinasi anataara susu dan kacang kedelai adalah minuman super sehat yang dapat membunuh perasaaan gelisah yang berlebihan karean zat trytofan pada kacang kedelai dan protein tinggi pada susu mamapu meningkatkan produksi seotonin dalam jaringaan darah dan mampu menyembuhkan depresi dengan cepat.

14. Susu rendah lemak

Susu rendah lemak memounyai protein dan kalsium yang tinggi yang dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang, rileks dan mencegah seseorang yang sedang stres agar cepat mempunyai mood yang menyenangkan stabil kembali dan terhindar dari serangan depresi berat. (baca juga: 29 makanan yang mengandung kalsium tinggi)

15. Teh hijau

Jnagan anggap remeh keajaiaban teh hijau . Teh hijau memiliki zat catehin dan asam amino thenine yang dapat menenangkan otak dan memberi efek menyenangkan. bahkan teh hijau mampu membuat pola pikir manusia lanjut usia menjadi lebih realistis dan terhindar dari stres.

Istirahat yang cukup adalah hal yang paling mudah untuk memulihkan kondisi pikiran yang sedang galau atau gelisah. instirahat mampu menenagkan saraf saraf seputar otak dan memperbaiki kerusakan jaringan saraf disekitar kepala akibat kelelahan atau pikiran berat selama beraktifitas sehari hari.

Seseorang yang kurang tidur akan mengalami depresi kembali secara perlahan ytanpa disadarinya. karena ketika seseorang kurang istirahat maka saraf saraf disekitar otak tidak beristirahat dan terus  bekerja keras hingga meningkatkan ketegangan otot dan memicu penyumbatan aliran darah akibat pasokan oksigen dan sel darah berkurang. hal inilah yang membuat seseorang akan terserang sakit kepala, rasa khawatir yang berlebihan dan kembali tidak mmapu berfikir dengan baik. (baca juga: penyebab ngrokok saat tidur)

Benarkah penggunaan obat depresi sangat berbahaya?

  • Obat depresi tidak bisa dikonsumsi tanpa resep dan rekomendasi dokter karena dapat memberi dampak buruk pada sipenderita. hanya dokter yang berwewenang memberikan obat depresi atau tidak pada seseorang setelah pemeriksaan terlebih dahulu. Tingkat depresi seseorang dan daya tahan tubuh seseorang berbeda beda maka obat depresi tidak boleh sembarangan dikonsumsi. lebih bijak konsultasikan dulu pada dokter.
  • Obat depresi hanya diberikan pada orang orang yang memiliki tingkat gangguan kejiwaan yang parah dan harus didampingi psikater. Depresi yang masih bisa disembuhkan dengan hal hal yang menyenangkan misalnya mendengarkan musik, mendapat hadiah uang atau mobil atau karena melakukan rekreasi dan lain lain maka seseorang tersebut tidak memerlukan obat depresi.
  • Obat depresi dapat menyembuhkan dengan efektif bagi orang orang yang menderita gangguan kejiwaan yang parah termasuk penyakit bipolar. tetapi obat depresi akan berubah menjadi obat yang berbahaya jika dikonsumsi pada orang orang yang depresi tetapi bukan termasuk gangguan kejiwaan yang tidak bisa disembuhkan dengan hal hal yang menyenangkan. depresi yang masih bisa berubah menjadi tenang karena hal hal yang menyenangkan itu pertanda anda hanya mempunyai tingkat depresi yang masih wajar bukan bipolar! (baca juga: jenis-jenis penyakit sakit jiwa)

Obat depresi banyak memiliki dampak tidak baik jika diberikan pada seseorang yang mengalami depresi tetapi belum membutuhkan penanganan psikater. Jika anda nekat menggunakan obat depresi padahal anda tidak membutuhkannya maka akan ada dampak buruk yang akan menjadi konsekuensinya dimasa depan, diantaranya:

  1. Mengalami impontensi (bagi pria)
  2. Mengalami insomnia. (baca juga: penyebab insomnia)
  3. Berkurangnya ketajaman dalam penglihatan
  4. pelonjakan bobot tubuh (penyebab obesitas)
  5. Meningkatkan rasa ingin bunuh diri yang justru tidak terkendali.

Ingatlah obat depresi hanya diberikan pada orang orang yang mengalami tingkat gangguan kejiwaan yang berat dan memerlukan pendampingan psikater!

Sebenaarnya stres dibutuhkan tubuh namun dalam kadar yang sangat rendah. Stres dibutuhkan tubuh untuk membuat tubuh lebih peka dan mampu merespon cepat segala sesuatu (termasuk masalah duniawi yanag sedang dihaadapi) yang menyerang dari luar tubuh,  sehingga tubuh dalam keadaan selalu waspada dan mampu berfikir lebih realitis atau logis sehingga bisa mencari solusinya. namun jika kadar stres sudah berlebihan dan terjadi terus menerus selama berbulan bulan, maka akan berubah menjadi penyakit depresi yang bisa mengacaukan prilaku dan pola pikir seseorang.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 29th, April 2016 / 04:54 Oleh :
Kategori : Depresi