20 Ciri Demam Biasa pada Anak, Bayi dan Dewasa

Ciri demam biasa dapat mudah disembuhkan tanpa bantuan medis lebih lanjut, Kondisi ini dikarenakan masuknya benda asing dalam jaringan (bisa berupa bakteri Kuman, Parasit atau virus) yang telah melemahkan sistem kekebalan tubuh belum merusak jaringan tubuh secara luas.

Ciri Demam Biasa

1.Wajah pucat dan layu

Pada awalnya munculnya ciri demam biasa adalah wajah pucat dan layu.  Wajah terlihat tidak segar dan pandangan nampak seolah olah  mata kosong, Hal ini disebabkan kondisi kesehatan tubuh sedang dalam keadaan tidak baik .

2. Sakit kepala

Ciri demam biasa ditandai dengan munculnya sakit kepala ringan yang timbul tenggelam. Sakit kepala yang dimaksud dapat berbentuk pusing pusing, Pegal pegal diarea bahu atau terserang migrain yang dapat hilang dengan sendirinya ketika sipenderita beristirahat.

3. Keringat dingin

Keluarnya keringat dingin merupakan ciri demam biasa yang disebabkan serangan virus atau benda asing penyebab demam yang masuk dalam jaringan sistem pernafasan, Sistem pencernaan atau jaringan lain .

4.Tubuh menggigil

Tubuh mengigil selalu muncul setelah keringat dingin keluar, Kondisi ini adalah tanda bahwa tubuh sedang merespon atau menolak adanya benda asing yang masuk dalam tubuh yang tujuannnya untuk mempertahankan kondisi suhu tubuh agar tetap stabil.

5. Tubuh lemas

Ciri demam biasa yang paling mudah dilihat adalah tubuh menjadi lemas, Tidak bersemangat, Selalu ingin tidur dan tubuh kurang tenaga. Kondisi ini dipicu karena tubuh sedang mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh yang muncul akibat adanya benda asing berupa kuman, bakteri, Parasit atau virus yang telah menyebar dan merusak jaringan.

6. Gangguan tenggorokan

Gangguan tenggorokan adalah salah satu dari bagian dari ciri demam biasa yang biasanya muncul bersama munculnya sakit kepala, Tubuh dehidrasi dan Tubuh menggigil kedinginan. Gangguan tenggorokan meliputi nyeri tenggorokan, Tenggorokan terasa panas dan sakit saat menelan makanan.  Pada dasarnya gangguan tenggorokan pada demam ringan dapat mudah disembukan selama peningkatan suhu tubuh secara  signifikan tidak terjadi.  Sudah waktunya  anda mengetahui bagaimana cara mengatasi sakit tenggorokan – Secara alami dan medis guna mempercepat penyembuhan.

7. Nyeri sendi

Persendian mengalami rasa pegal dan nyeri yang timbul tenggelam merupakan ciri khas dari demam biasa yang sering menyerang usia dewasa dan lanjut usia. Untuk mengatasi nyeri sendi pada demam biasa sebaiknya tidak menggunakan obat obatan secara oral tetapi bisa dengan cara yang lebih aman dan terbukti ampuh yaitu dengan melakukan olahraga untuk sendi paling wajib dicoba yang dapat diterapkan secara teratur pada latihan rutin diberbagai lembaga kesehatan yang tersebar diseluruh nusantara.


8. Nyeri otot

Ketika persendian mengalami nyeri maka akan disusul dengan nyeri otot yang menyebabkan tubuh menjadi terasa pegal pegal dan tegang. Nyeri otot yang muncul seperti nyeri pada orang orang yang sering mengangkat beban berat atau yang terbiasa dengan rutinitas kerja berat.

9. Tidak nafsu makan 

Ciri demam biasa yang menyerang semua usia adalah tidak nafsu makan akibat kondisi kekebalan tubuh yang sedang menurun. Ketika sistem pertahanan tubuh melemah maka seluruh jaringan ikut melemah termasuk hormon yang bekerja untuk menjaga metabolisme agar tetap stabilpun ikut terganggu.

10. Gangguan ritme jantung

Salah satu penyebab gangguan ritme jantung  adalah aliran darah dijantung yang tidak stabil. Ciri demam biasa yang cukup mengkhawatirkan ketika menyerang anak anak  adalah munculnya gangguan ritme jantung yang meliputi detak jantung yang tidak beraturan yaitu  semakin lambat atau semakin cepat. Detak jantung yang terlalu cepat dapat menyebabkan dada nyeri dan kehilangan kesadaran sedangkan ritme jantung yang lambat menyebabkan aliran darah dari jantung yang menuju keseluruh tubuh menjadi terganggu.

11.Perubahan suhu tubuh

Suhu tubuh normal manusia adalah pada titik antara 36,5  hingga 37,2 derajat celcius  tetapi jika terjadi Perubahan suhu tubuh berupa suhu tubuh yang semakin tinggi yang dapat melewati angka 37,2  derajat celcius maka bisa dikategorikan sebagai ciri demam biasa.  Perubahan suhu tubuh merupakan salah satu ciri demam biasa yang masih dapat mudah ditangani dengan cara dahi dikompres air dingin atau hangat  kemudian  mengkonsumsi obat demam biasa lalu beristirahat .

12.Sakit telinga

Sakit pada telinga merupakan ciri demam biasa yang dapat berupa munculnya rasa nyeri pada telinga bagian tengah dan dalam. Sakit telinga kadang diiringi dengan berdengung dan nyerinya hingga melebar kearah kelenjar getah bening (bawah telinga dekat leher)

13.sakit leher bagian belakang

Sakit leher bagian belakang berupa pegal pegal dan nyeri ketika ditekan jari akan sering muncul sebagai ciri demam biasa yang ternyata mudah timbul tenggelam dengan durasi yang pendek. Dengan beristirahat yang cukup sakit leher dapat hilang dengan sendirinya.

14.Gangguan pencernaan

Perut mual dan keinginan untuk muntah muntah merupakan ciri demam biasa yang biasanya hanya satu atau dua kali saja muncul. Kondisi ini menandakan jika gangguan pencernaan pada lambung manusia sedang terjadi dan dalam kondisi yang tidak stabil akibat serangan benda asing yang masuk dalam jaringan tetapi dalam kadar yang tidak banyak.

15.Ulu hati tidak nyaman

Ketika perut mual dan muntah muntah maka akan muncul masalah gangguan perut lain yaitu ulu hati yang terasa tidak nyaman. Ulu hati menjadi tidak enak akibat tekanan terus menerus dari kondisi sistem pencernaan yang sedang dalam keadaan terganggu.

16.Gangguan tidur

Ciri demam biasa adalah seseorang terserang gangguan tidur berupa kesulitan tidur tetapi biasanya tidak berlanjut setiap hari. Kesulitan tidur akan berubah muncul setiap malam jika kondisi demam ringan telah meningkat ke level yang lebih tinggi misalnya suhu tubuh telah melewati angka 38 derajat celcius tetapi tidak segera ditangani dengan pertolongan medis. 


17.Sulit berkonsentrasi

Sulit berkonsentrasi, dan Mudah lupa merupakan salah satu ciri demam biasa yang cukup mengkhawatirkan tetapi mudah kembali normal ketika demam ringan telah disembuhkan.

18. Gangguan suasana hati

Munculnya gangguan suasana hati adalah salah satu bagian dari ciri demam biasa tetapi bisa menjadi berat dan  semakin parah  ketika demam berubah menjadi demam yang berat. Gangguan suasana hati tersebut berupa stres ringan, Depresi ringan  atau rasa cemas yang timbul tenggelam.

19.Terserang batuk ringan

Batuk batuk ringan  tetapi tidak terus menerus muncul (kadang hanya malam atau siang dengan frekwensi yang jarang) merupakan ciri demam biasa yang dapat menyearng segala usia sebagai tanda bahwa imunitas tubuh sementara dalam kondisi melemah.

20. Diare

Ciri demam biasa yang telah berlangsung selama tiga hari adalah munculnya gangguan saluran pembuangan akhir atau terserang diare. Benda asing tersebut adalah berupa virus atau bakteri penyebab diare  paling berbahaya yang masuk dalam tubuh yang jelas akan meracuni jaringan pencernaan termasuk bagian pembuangan akhir (feses) sehingga jaringan kehilangan kemampuannya untuk mengendalikan air dalam tubuh yang pada akhirnya menyebabkan gagalnya proses pemadatan feses yang seharusnya telah siap untuk dikeluarkan. Kondisi inilah yang menyebabkan seseorang terserang diare setelah terserang demam.  Dibutuhkan segera pertolongan pertama pada penderita diare agar demam ringan tidak berubah menjadi demam tinggi.

,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Demam
Popular Topic

# Difteri | # Rubella | # Sakit Gigi

Info Grafik Difteri

Info Grafik Difteri