Ini 4 Terapi Tekanan Darah Tinggi Paling Ampuh Layak Dicoba !

217

Tekanan darah pada orang dewasa yang normal adalah berada pada angka 90/60 mmHg sampai dengan sekitar 120/80 mmHg di mana bila kurang dari 90/60 mmHg adalah tanda bahwa seseorang mengalami tekanan darah rendah, sementara di atas angka 120/80 mmHg artinya sudah hipertensi. Jenis aktivitas fisik yang dilakukan sehari-hari turut memengaruhi tekanan darah bisa melonjak atau bahkan menurun.

Jika Anda ingin mewaspadai penyakit tekanan darah tinggi, kenali lebih dulu akan tanda-tanda awal penyakit darah tinggi, seperti misalnya:

Seseorang berisiko tinggi menderita hipertensi apabila anggota keluarnya ada yang memang memiliki penyakit ini sehingga memang perlu adanya pemeriksaan rutin demi mencegah agar hipertensi tak telanjur semakin serius. Lalu, bagaimana kalau sudah telanjur mengalami hipertensi? Berikut adalah beberapa rekomendasi terapi tekanan darah tinggi yang bisa Anda coba lakukan untuk menormalkan kadarnya kembali.

  1. Terapi Pijat

Banyak orang yang tengah mengalami tekanan darah tinggi tapi takut untuk dipijat karena dikhawatirkan mampu memicu pembuluh darah untuk pecah. Kabar baiknya, telah dibuktikan oleh sejumlah penelitian bahwa justru hipertensi dapat diatasi justru dengan terapi pijat di mana terapi ini mampu menormalkan kembali kadar yang tinggi.

Anda pasti tahu betul bahwa stres adalah salah satu faktor yang paling sering menjadi pemicu tekanan darah naik. Oleh karena itu, pijat aromaterapi diyakini mampu menurunkan tekanan darah secara alami dan efektif. Pemijatan menggunakan minyak melati, minyak mawar merah, minyak lavender, atau minyak mawar geranium telah terbukti ampuh.

Pembuluh darah setiap manusia dikendalikan oleh saraf simpatik dan saraf bisa menjadi tegang lalu menyempit saat seseorang mengalami tekanan atau stres. Dengan penerapan pijat aromaterapi ini, dapat membuat sistem saraf simpatik menjadi jauh lebih tenang. Saat sistem saraf simpatik jauh lebih santai karena pijatan, ini menjadi cara melancarkan peredaran darah yang aman sehingga tekanan darah pun bakal normal lagi.

  1. Terapi Buah

Untuk para penderita tekanan darah tinggi, asupan makanan yang tepat sangat penting dalam menormalkannya kembali. Oleh karena itu, terapi buah adalah salah satu jenis terapi yang kiranya dapat Anda andalkan. Berikut adalah beberapa jenis buah yang paling baik untuk Anda bisa konsumsi setiap hari dalam upaya mengatasi hipertensi.

  • Jeruk
  • Tomat
  • Mentimun
  • Semangka
  • Delima

Dalam menormalkan kembali tekanan darah yang sempat naik, penting pula untuk mengombinasikan lemon dan bawang putih. Vitamin C di dalam buah lemon siap untuk memperkuat dinding arteri, sementara kandungan hidrogen sulfida pada bawang putih akan menjadi penurun tekanan darah.

  1. Terapi Aktivitas Fisik

Selain terapi buah dan pijat, Anda juga dapat melakukan terapi berupa aktivitas fisik yang rutin untuk mendukung organ jantung supaya bisa melakukan fungsinya sebagai pemompa darah secara maksimal. Melakukan rangkaian kegiatan di bawah ini mampu menjadikan tubuh Anda menurunkan tekanan darah karena berkurangnya tekanan di arteri.

  • Berkebun
  • Berjalan kaki
  • Naik turun tangga
  • Bersepeda

Anda perlu tahu bahwa kurang olahraga kerap kali menjadi faktor yang membuat risiko tekanan darah tinggi meningkat. Oleh karena itu, jika Anda tak memiliki waktu untuk berolahraga, setidaknya ada aktivitas fisik yang bisa dilakukan secara intens seperti hal-hal tersebut.

  1. Terapi Oksigen

Jenis terapi satu ini dapat Anda lakukan di rumah secara sederhana, yakni dengan menurunkan lebih dulu suhu ruang tidur Anda. Lanjutkan dengan mengonsumsi secara pelan salah satu dari jenis buah yang dianjurkan pada terapi buah sebelumnya. Jika Anda memiliki ruangan yang ventilasinya banyak dan sirkulasi udaranya lancar, sesudah 15 menit Anda bisa pindah ke ruangan tersebut.

Di ruangan selanjutnya tersebut, Anda bisa menunggu sekitar 20 menit sambil melatih pernapasan (menghirup napas panjang dan dalam dan hembuskan perlahan seperti latihan pernapasan umumnya). Barulah setelahnya Anda bisa kembali ke ruang tidur Anda pada suhu yang sudah turun tadi di mana  dan lakukan hal ini seminggu penuh agar kadar tekanan darah bisa cepat normal.

Tak ada yang terlalu sulit dalam menormalkan dan kemudian menstabilkan tekanan darah dalam tubuh Anda. Kiranya terapi tekanan darah tinggi tersebut dapat Anda coba dan bermanfaat untuk kesehatan Anda. Tetap rutin mengecek tekanan darah supaya Anda bisa mengawasi adanya kenaikan atau penurunan kadar.