15 Obat Cacing Kremi Paling Ampuh – Di Apotik dan Alami

12670

Cacingan biasanya memang terjadi pada anak-anak walaupun memang orang dewasa pun terkadang tak luput dari kondisi satu ini. Ada berbagai jenis cacing yang dapat menyebabkan cacingan pada manusia, salah satunya adalah cacing kremi. Untuk membasminya, Anda membutuhkan obat cacing kremi ampuh yang memang sudah terbukti bagus dan efektif, baik itu medis ataupun alami.

Pada umumnya, gejala cacingan kremi yang bakal dialami secara umum antara lain adalah gatal-gatal yang terjadi pada area anus. Rasa gatal akan lebih terasa mengganggu saat sudah tiba malam hari dan waktunya tidur sehingga menyebabkan insomnia. Sebab dari rasa gatal tersebut adalah adanya reaksi inflamasi terhadap cacing dewasa serta telurnya yang ada di bagian kulit anus.

Ada sejumlah pilihan obat cacing kremi yang dapat Anda coba pertimbangkan, mulai dari obat kimia atau obat yang bisa Anda buat sendiri dengan bahan alami di rumah. Berikut ini adalah beberapa referensi yang kiranya bisa menolong Anda mendapatkan obat terbaik.

(Baca juga: ciri-ciri anak cacingan)

1. Albendazole

Membuat polimerisasi tubulin terhambat adalah cara kerja dari Albendazole agar degenerasi mikrotubulus sitoplasma dapat terjadi. Guna dari obat ini adalah untuk membuat produksi ATP di cacing menurun dan memiicu deplesi energi, menghambat mobilisasinya dan mengakibatkan kematian pada cacing. Tapi biasanya obat satu ini hanya Anda bisa peroleh dengan resep rujukan dari dokter.

Seperti halnya bahaya antibiotik tanpa resep dokter, obat cacing ini pun dapat membahayakan kesehatan apabila Anda mengonsumsinya tanpa mengetahui takaran yang benar dari dokter. Biasanya bila dokter yang meresepkan, penggunaan yang dianjurkan adalah dengan dosis 400 mg untuk sekali pakai. Dengan adanya resep, Anda tidak akan sembarangan mengonsumsinya menurut takaran Anda sendiri.

Penggunaan memang hanya cukup sekali dan Anda dapat mengulang pengobatan ini setelah 2 minggu. Sesudah konsumsi dosis awal yang berfungsi sebagai pencegah infeksi cacing kembali muncul, yakni 2 minggu, konsumsilah lagi tanpa harus mengubah dosisnya. Konsultasikan secara detil dengan dokter Anda supaya tak mengalami kesalahan takaran.

(Baca juga: bahaya cacing kremi)

2. Pirantel Pamoat

Obat cacing satu ini tugasnya adalah untuk membuat cacing mengalami kelumpuhan spastik dengan menghambat kolinesterase. Cukup Anda meminumnya sekali saja dan itupun harus ditentukan perhitungan berat badan, yakni 10 mg/kgBB. Meski demikian, dosis yang dikonsumsi tak dianjurkan untuk lebih dari 1 gram.

Karena tersedia dalam 2 bentuk, yakni sirup dan tablet, maka Anda pun perlu tahu seperti apa bedanya takaran dari keduanya. Untuk sirup biasanya datang dengan takaran 250 mg/5 mL, sementara untuk tablet tersedia dalam takaran 125 mg dan 250 mg. Khusus untuk anak yang berat badannya ada pada 12 kg, tablet 125 mg adalah yang paling baik.Untuk yang sirup sebaiknya diberikan setengah sendok takar. Orang dewasa perlu mengonsumsi dengan takaran yang berbeda, dan bagi yang bobotnya 50 kg, pirantel pamoat 125 mg perlu diminum sebanyak 4 tablet, atau jika yang 250 mg, ambil 2 tablet saja.

Anda bisa membelinya langsung dengan menyebutkan pirantel pamoat, namun untuk merknya, Omegpantrin, Pantrin, Konvermex, dan Combantrin. Khusus untuk obat-obat tersebut, Anda bisa membelinya tanpa harus dengan resep dokter, tapi tetap saja keterangan label harus diperhatikan sungguh-sungguh.

3. Mebendazole

Ini dia obat cacing lainnya yang bisa menjadi penyebab kematian cacing secara ireversibel dan selektif. Cara kerjanya adalah dengan membuat penyerapan glukosa terhalang bersama dengan nutrisi lainnya pada usus Anda di mana cacing kremi itu menginvasi tubuh Anda. Baik anak-anak maupun orang dewasa dapat mengonsumsi dengan dosis yang sama, yakni sekali minum 100 mg dan pengulangannya dilakukan 2-3 minggu selanjutnya apabila memang dibutuhkan.

Kabar baiknya, Anda tak usah harus menggunakan resep dokter untuk membeli obat cacing satu ini. Di apotek terdekat juga selalu tersedia, baik itu dengan nama generik mebendazole maupun juga merk-merk yang sudah cukup terkenal. Merk obat cacing yang bisa Anda beli di apotek antara lain adalah Azol, Hokzole, Vermox serta Mebex yang memang paling umum dicari.

(Baca juga: ciri-ciri cacingan)

4. Air Garam

Cacing pada dasarnya bisa dimusnahkan oleh garam, namun Anda pun tetap harus waspada akan bahaya akibat kelebihan garam, apalagi kalau juga menderita darah tinggi. Garam yang dicampurkan dengan air lalu diminum dapat mengobati cacingan secara alami dan meminumnya tak hanya akan baik untuk penderita cacingan. Penderita diare pun bisa memanfaatkannya.

(Baca juga: bahaya garam bagi penderita hipertensi)

5. Bawang Putih

Jangan khawatir akan efek samping bawang putih karena selama pemakaiannya benar, bawang putih sebenarnya memberikan banyak manfaat kesehatan. Terlepas dari bahaya bawang putih mentah, mengunyah bawang putih selama cacingan akan menyembuhkan secara sempurna. Atau, bisa juga Anda merebus bawang putih yang airnya siap untuk diminum sampai cacingan sembuh.

Ada cara lain yang kiranya bisa Anda pertimbangkan, yakni dengan menggerus bawang putih secukupnya sampai benar-benar halus. Lalu campurkan dengan Vaseline atau body lotion lainnya untuk memerangi cacing kremi. Setelah campuran ini jadi, gunakan untuk mengoleskan ke bagian anus supaya rasa gatalnya hilang dan telur-telur cacing di area tersebut dapat dimusnahkan.

6. Biji Pepaya

Tak banyak mungkin dari Anda yang tahu bahwa biji pepaya berwarna hitam dengan ukuran kecil rupanya menawarkan manfaat yang besar. Sebagai obat cacing kremi, obat ini sangat baik dan alami, yaitu dengan cara mengunyahnya saja. Melakukannya setiap hari sampai cacingan sembuh sangat disarankan.

(Baca juga: cara mencegah cacing kremi)

7. Wortel

Sudah banyak yang tahu bahwa wortel adalah makanan yang mengandung vitamin A super tinggi yang bagus dalam menjaga kesehatan mata. Namun wortel jugalah yang bisa diandalkan sebagai obat cacing, terutama cacing kremi. Alangkah baiknya bila Anda mengonsumsi obat alami ini dengan cara membuatnya menjadi minuman jus.

8. Kulit Mangga

Tak hanya bagian dagingnya saja yang bisa dinikmati, bagian kulit mangga pun juga efektif dalam mengatasi masalah cacingan. Caranya cukup sederhana karena Anda tinggal merebus kulit mangga dan hasil rebusan tersebut bisa Anda minum sampai cacingan sembuh. Diketahui bahwa kulit mangga ini dapat membunuh cacing yang menginvasi perut kita.

9. Biji Semangka

Walau kecil, biji semangka rupanya bermanfaat besar dalam menyembuhkan cacingan secara alami. Seperti halnya biji pepaya tadi, cara untuk mengobati cacing kremi hanya dengan secara langsung mengonsumsinya. Mungkin membayangkan rasanya agak kurang menyenangkan, namun ini sangat dianjurkan untuk kesehatan perut Anda dan demi membunuh cacing itu sendiri.

(Baca juga: bahaya cacing kamar mandi)

10. Pare

Pare agaknya kurang terdengar manfaatnya untuk mengobati cacingan, namun kenyataannya buah ini sangat boleh untuk dicoba, khususnya untuk anak. Caranya Anda hanya tinggal menyediakan 2-3 biji pare yang kemudian bisa digiling hingag lembut, diaduk menggunakan sedikit air, lalu diminum menggunakan air hangat. Atau bisa juga menyeduh 7 gram daun pare bersama setengah cangkir air panas yang kalau sudah dingin dapat Anda saring dan diminum sebelum sarapan.

11. Biji Lupin

Obat alami untuk cacing kremi lainnya adalah biji lupin di mana Anda bisa menyediakan secara langsung sekitar 7 biji yang kemudian dimasukkan ke segelas air hangat. Ramuan ini bisa diminum sehari 4-5 kali supaya saluran pencernaan di perut Anda segera bebas dari cacing kremi. Diketahui memang cara kerjanya tidaklah begitu cepat dan instan, namun terasa sangat efektif kalau Anda telaten untuk melawan infeksi parasit satu ini. Bila Anda bisa menemukan bahan ini, tentunya boleh Anda coba.

12. Cengkeh

Tak hanya untuk cacing kremi, teh herbal yang Anda buat dengan bahan utama cengkeh pun mampu membunuh semua jenis cacing di usus dan saluran pencernaan Anda. Karena di dalam cengkeh dapat dijumpai adanya enzim pemecah protein yang mampu melawan dan membasmi cacing secara total. Enzim tersebut akan masuk ke asam nukleat dan akhirnya cacing pun hancur.

13. Kunyit

Selain dianggap menjadi cara menghilangkan cacar air alami dengan cepat terbaik, kunyit pun rupanya bisa mengatasi masalah cacingan. Ada senyawa-senyawa aktif pelawan parasit dan cacing di dalam kunyit yang bisa Anda andalkan. Anda bisa mencari dan memperoleh kunyit dalam bentuk bubuk yang kemudian Anda tambahkan ke dalam masakan supaya setiap cacing dapat terbunuh.

(Baca juga: cara mencegah cacingan)

14. Kamomil

Kamomil benar-benar punya manfaat segudang yang tak boleh dilewatkan, karena dengan secangkir kecil kamomil yang kemudian direndam di air hangat sebanyak 1 gelas selama setengah jam, Anda bisa mengobati masalah cacingan. Anda masih perlu menambahkan sesendok lemon benzahir dan minyak zaitun sebagai campuran dan Anda siap untuk mengonsumsinya. Konsumsilah sewaktu perut dalam keadaan kosong dan sebaiknya Anda tidaklah makan apapun hingga jam makan siang datang supaya lambung benar-benar terbersihkan dari segala jenis parasit.

15. Kol

Kalau biasanya jenis sayuran ini dibuat sup, kali ini Anda bisa memanfaatkannya untuk obat cacing kremi di mana setelah dipotong, Anda bisa tambahkan air lalu diblender. Setelah diblender, saringlah dan tambahkan garam secukupnya untuk diminum sebelum tidur. Minumlah pagi-pagi untuk hasil yang lebih maksimal dalam penyembuhan.

(Baca juga: penyebab cacingan)

Selamat mencoba obat cacing kremi medis dan alami tersebut. Sebelum menjadi lebih parah, Anda harus cepat dalam bertindak untuk menyembuhkannya.