8 Ciri-Ciri Penyakit Bronkitis Yang Umum Dialami

843

Pada artikel kali ini akan dijelaskan secara lebih menyeluruh mengenai penyakit bronkitis, mulai dari apa itu bronkitis, penyebab bronkitis, ciri-ciri penyakit bronkitis, cara alami untuk mengobati penyakit bronkitis, hingga cara yang bisa dilakukan sebagai langkah pencegahan penyakit bronkitis.

Bronkitis adalah salah satu penyakit yang menyerang sistem pernafasan, tepatnya di saluran bronkus yang menuju ke paru-paru. Saluran bronkus yang terganggu menyebabkan radang dan menghasilkan banyak dahak dan juga lendir. Dahak dan lendir yang meliputi area saluran bronkus inilah yang menyebabkan dada terasa nyeri ketika menarik napas.

Tanda-tanda bronkitis yang paling umum dialami yaitu batuk yang berkepanjangan dan rasa nyeri di rongga dada. Pada kasus yang sudah parah, penderita akan mengalami gejala bronkitis akut, yaitu batuk hingga mengeluarkan darah. Bahaya bronkitis akut yang menyebabkan seseorang batuk berdarah harus segera ditangani cepat agar tidak semakin parah dan membahayakan nyawa. Penyebab bronkitis kronis dan akut umumnya adalah karena kebiasaan merokok, memiliki penyakit asma, dan penyebab lainnya.

Ciri-Ciri Penyakit Bronkitis

Seseorang yang memiliki penyakit bronkitis umumnya dapat dikenali dengan beberapa ciri-ciri atau tanda-tanda, yaitu sebagai berikut:

1. Mengalami Sesak Napas

Ciri-ciri penyakit bronkitis yang paling umum dialami adalah sesak napas. Selain napas terasa sesak, penderita bronkitis juga umumnya memiliki napas yang pendek-pendek. Sesak napas dan napas pendek-pendek ini disebabkan oleh saluran bronkus yang dipenuhi dengan lendir dan mengalami peradangan. Sesak napas akan terus dialami seiring dengan batuk yang berkepanjangan. Sesak napas ini bisa diatasi dengan mengonsumsi obat pereda sesak napas. Meskipun demikian, pada kasus penderita bronkitis, obat pereda sesak napas hanya bersifat sementara tidak benar-benar menghilangkannya.

2. Rasa Nyeri di Dada Setiap Menarik Napas

Ciri-ciri penyakit bronkitis selanjutnya yaitu rasa nyeri di rongga dada setiap kali menarik napas. Ciri-ciri ini adalah salah satu gejala awal bronkitis yang patut diwaspadai. Sama halnya dengan poin yang pertama, rasa nyeri di rongga dada disebabkan oleh saluran bronkis yang dipenuhi dengan lendir dan mengalami peradangan. Rasa nyeri yang dialami ini cenderung konstan dan mengganggu.

3. Mengalami Batuk Berkepanjangan

Ciri-ciri penyakit bronkitis yang paling umum dialami oleh penderitanya yaitu mengalami batuk yang berkepanjangan. Batuk yang berkepanjangan ini adalah batuk berdahak yang menyebabkan rongga dada terasa sesak dan sakit atau nyeri ketika menarik napas. Meskipun sudah diobati dengan mengonsumsi obat pereda batuk, seseorang yang mengalami penyakit bronkitis tidak akan benar-benar sembuh dari batuk. Hal ini karena obat batuk yang didapat di apotek atau warung hanya mampu meredakan batuk secara temporal atau sementara, tidak benar-benar bisa menyembuhkannya.

4. Cepat Merasa Lelah dan Lesu

Ciri-ciri penyakit bronkitis selanjutnya yaitu cepat merasa lelah dan lesu. Hal ini disebabkan karena paru-paru terganggu sehingga kadar oksigen yang diserap pun juga terbatas. Kadar oksigen yang terbatas atau sedikit tersebut menyebabkan tubuh seseorang yang mengalami penyakit bronkitis akan merasa cepat sekali lelah dan juga lesu. Pada kasus yang sudah parah, seorang penderita bronkitis akan mengalami kondisi di mana bibir dan jemari berwarna kebiruan akibat minimnya suplai oksigen yang masuk ke paru-paru.

5. Radang Tenggorokkan

Seiring dengan batuk yang berkepanjangan, sesak napas, dan nyeri di rongga dada, ciri-ciri penyakit bronkitis lainnya juga diikuti dengan radang tenggorokkan. Radang tenggorokkan disebabkan karena batuk yang dialami oleh penderita bronkitis. Batuk yang dialami berkepanjangan ini secara langsung akan menyebabkan radang tenggorokkan.

6. Mengalami Batuk Berdarah

Pada kasus bronkitis yang sudah kronis atau parah, penderita akan mengalami ciri-ciri penyakit bronkitis seperti batuk berdarah. Batuk berdarah ini dialami ketika kondisi bronkitis yang dialami selama berbulan-bulan tanpa dilakukan pengobatan. Jika sudah mengalami hal ini, maka hal terbaik yang perlu dilakukan adalah memeriksakan diri ke rumah sakit agar mendapatkan pengobatan dan perawatan yang tepat agar tidak menjadi semakin parah dan berbahaya.

7. Mengalami Demam

Tidak hanya mengalami batuk, sesak napas, dan nyeri pada rongga dada, seseorang yang mengalami penyakit bronkitis juga akan menunjukkan ciri-ciri lainnya, seperti demam. Seseorang yang mengalami bronkitis yang sudah parah atau kronis umumnya akan mengalami demam serius. Hal ini karena sistem kekebalan tubuh yang menurun seiring dengan munculnya gelaja-gejala bronkitis lainnya. Kondisi demam biasanya tergantung dari sebara parah penyakit bronkitis yang dialami. Bronkitis yang sudah sangat parah akan menyebabkan demam berkepanjangan yang tidak bisa sembuh jika tidak melalui penanganan medis yang tepat.

8. Nafsu Makan Menurun

Ciri-ciri penyakit bronkitis yang terakhir yaitu menurunnya nafsu makan. Penurunan nafsu makan ini disebabkan oleh batuk yang berkepanjangan dan diikuti radang tenggorokkan. Radang tenggorokkan ini menyebabkan penderita bronkitis akan kesulitan dalam menelan makanan. Jika tidak segera diobati, lama kelamaaan penderita bronkitis akan mengalami penurunan berat badan yang drastis dan kondisi tubuh yang lemah, serta kelelahan.

Cara Mengobati Penyakit Bronkitis

Bagi penderita penyakit bronkitis, ada beberapa cara mengatasi bronkitis saat kambuh maupun untuk pengobatan sehari-hari. Cara-cara yang bisa dilakukan tersebut, yaitu:

  1. Perbanyak minum air putih.
  2. Bernapas dengan situasi udara yang terbebas dari polusi dan lembab.
  3. Mengonsumsi antibiotik yang diresepkan oleh dokter.
  4. Mengonsumsi obat batuk.
  5. Mengonsumsi obat asma.
  6. Menjauhi udara yang terkena polisi, termasuk asap rokok dan asap kendaran.
  7. Usahakan udara di tempat Anda tinggal dalam keadaan lembab. Anda juga bisa menggunakan pelembab ruangan untuk membuat udara di sekitar Anda lembab.
  8. Jika harus bepergian, gunakanlah masker agar terhindari dari menghirup udara yang berpolusi.

Jika kondisi bronkitis sudah akut dan kronis, sebaiknya langsung mengonsultasikannya ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan diberi penanganan yang tepat sesuai dengan tingkat keparahanan bronkitis yang diderita.

Tips Mencegah Penyakit Bronkitis

Penyakit bronkitis sebenarnya dapat dihindari, salah satunya dengan cara mengonsumsi makanan yang baik untuk bronkitis dan menghindari hal-hal yang menjadi pencetus atau penyebab bronkitis. Tips lengkapnya adalah sebagai berikut:

  • Mengonsumsi makanan yang baik untuk bronkitis, seperti makanan dengan kandungan Vitamin C dan Vitamin D, bawang putih, jahe, peppermint, jamur, madu, dan ikan.
  • Menghentikan kebiasaan merokok atau menjauhi berada di dekat orang yang merokok karena asap rokok sangat berbahaya bagi kesehatan sistem pernapasan.
  • Menghindari paparan bahan kimia tertentu secara langsung. Gunakan masker agar terhindar dari menghirup bahan kimia yang berbahaya bagi pernapasan tersebut.
  • Menjaga daya tahan tubuh dengan baik dengan mengonsumsi makanan sehat dan olahraga secara teratur.

Demikianlah penjelasan mengenai penyakit bronkitis, mulai dari penyebab, ciri-ciri penyakit bronkitis, cara mengobati, hingga tips mencegah penyakit bronkitis yang dapat dilakukan. Pada kasus kebanyakan, yang paling berisiko mengalami penyakit bronkitis adalah seorang perokok, baik aktif maupun pasif dan seseorang dengan sistem imun yang rendah. Oleh karena itu, agar terhindar dari penyakit bronkitis sebaiknya hindari hal-hal yang menjadi pencetusnya dan mulailah menjalani gaya hidup sehat.