13 Cara Mengembalikan Suara yang Hilang Karena Batuk Terbukti Ampuh

552

Saat batuk, beberapa orang sangatlah rentan kehilangan suaranya di mana hal ini diawali dengan suara serak lebih dulu. Namun bagi Anda yang mengalaminya, kini tak usah khawatir lagi, berbagai cara mengembalikan suara yang hilang karena batuk secara alami tanpa efek samping berbahaya tersedia. Berikut ini cara-cara yang dimaksud dan dapat dicoba.

  1. Minum Banyak Air Putih

Saat sakit batuk yang juga biasanya disertai dengan flu, minum banyak air putih adalah salah satu solusi alami yang harus dilakukan. Selain membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik, air putih akan memulihkan serta mengembalikan suara yang hilang karena batuk. Dengan minum air putih banyak dalam sehari, ini juga menjadi cara meningkatkan daya tahan tubuh yang sempat melemah.

  1. Mengistirahatkan Suara

Saat suara hilang, pastikan untuk tidak menggunakannya secara berlebihan, dengan mengobrol terlalu lama atau berbicara dalam suara yang keras. Pita suara pun perlu untuk beristirahat, bahkan tidak seharusnya Anda bernyanyi lebih dulu jika ingin memperbaiki pita suara. Supaya dapat berkomunikasi dengan orang lain, kertas dan pulpen dapat menjadi media sementara.

  1. Tidak Merokok

Saat suara sudah terlalu serak dan bahkan sampai hilang karena batuk, salah satu cara mengembalikannya adalah dengan tidak merokok, khususnya bagi Anda yang memiliki kebiasaan ini. Segera hentikan kebiasaan ini supaya juga terhindar dari berbagai macam penyakit akibat merokok.

  1. Mengonsumsi Makanan Bertekstur Lembut

Makanan dengan tekstur lembut adalah makanan yang jauh lebih mudah bagi Anda menelannya di kala tenggorokan sedang sakit, suara hilang atau serak, serta batuk-batuk. Sementara dalam masa pemulihan, Anda dapat mencoba mengonsumsi bubur, buah yang dagingnya lembut dan jenis makanan lunak lainnya supaya suara kembali seperti semula.

  1. Menggunakan Akar Manis

Licorice atau akar manis rupanya bisa juga dimanfaatkan sebagai obat alami dalam mengembalikan suara yang hilang akibat batuk.

  • Siapkan tanaman akar manis lebih dulu di mana Anda bisa membelinya baik itu di pasar ataupun toko herbal.
  • Potong kecil-kecil sesudah dibersihkan.
  • Barulah menggunakan air mendidih untuk menyeduhnya.
  • Berkumurlah dengan air seduhan akar manis secara rutin sampai suara kembali normal dan radang tenggorokan serta batuk benar-benar pulih.
  1. Minum Teh Jahe

Bukan hanya cara menghilangkan gas di perut dengan jahe saja yang bisa Anda praktekkan, bahkan suara hilang karena batuk juga akan kembali normal saat meminum herbal alami ini.

  • Ambil jahe parut 2 sendok teh.
  • Kemudian lanjut dengan merebusnya dengan air segelas.
  • Saringlah sesudahnya dan selagi hangat airnya dapat ditambah madu sebelum Anda meminumnya.
  1. Minum Air Hangat

Minum air putih biasa sebenarnya sudah sangat membantu, namun minum air hangat adalah cara yang bisa melegakan tenggorokan. Air putih hangat adalah yang jauh lebih disarankan karena baik untuk saluran tenggorokan sehingga jika sering-sering meminumnya akan memulihkan suara yang hilang.

  1. Berkumur Air Garam

Seperti kita tahu, berkumur air garam adalah salah satu obat batuk alami sedari dulu yang terbukti efektif. Jadi, Anda pun bisa memraktekkannya agar tenggorokan cepat pulih, suara yang hilang cepat kembali dan batuk pun segera sembuh total. Akan jauh lebih baik kalau Anda menggunakan segelas air hangat yang dicampur 1-2 sendok teh garam supaya garam bisa melawan bakteri-bakteri di tenggorokan.

  1. Menghindari Minuman dan Makanan Berkandungan Asam

Minum teh lalu mengonsumsi coklat serta jenis-jenis jeruk sebenarnya tak begitu berefek langsung pada pita suara. Ada kemungkinan justru asam lambung mudah naik sampai kerongkongan yang malah memperburuk kondisi suara yang sudah hilang. Makanan atau minuman berkandungan asam mampu membuat kondisi peradangan di tenggorokan makin serius, jadi hindarilah sementara waktu.

  1. Menggunakan Uap

Menghirup uap dari sebaskom air panas juga turut membantu, bukan hanya untuk masalah sinusitis, melainkan juga batuk yang menyebabkan suara hilang, khususnya jika batuk jenis berdahak. Uap air panas yang dihirup mampu membuat radang berkurang dan lendir juga jadi lebih encer sehingga suara serak dan hilang dapat kembali seperti semula lebih cepat.

  1. Mengonsumsi Bawang Putih

Untuk mengembalikan suara hilang akibat batuk, Anda bisa membuat ramuan alami dan ampuh dari bawang putih.

  • Sesiung bawang putih yang sudah dikupas dan dicuci dapat dihancurkan.
  • Kemudian Anda campur bersama madu murni.
  • Pasta bawang putih sudah jadi dan Anda bisa mengonsumsinya sehari 3 kali masing-masing 1 sendok makan.
  1. Berkumur dengan Cuka Apel

Mencampurkan segelas air hangat dengan sesendok makan cuka apel lalu menggunakannya sebagai obat kumur mampu membantu memulihkan tenggorokan, asal tidak ditelan. Lakukan cara ini sehari beberapa kali sebagai cara menghilangkan batuk sekaligus sebagai cara mengembalikan suara yang sempat hilang karena batuk tersebut.

  1. Menggunakan Bawang Merah

Setelah sebelumnya dianjurkan menggunakan bawang putih, kini Anda bisa coba menggunakan bawang merah dengan cara pengolahan yang sama sederhananya.

  • Cukup siapkan bawang merah 3-4 siung berukuran sedang.
  • Masaklah bawang merah tersebut bersama dengan air 4 cangkir di atas api kecil.
  • Aduk hingga kental dan menjadi sirup.
  • Tambahkan air hangat 1 gelas setelahnya beserta madu 1 sendok makan sebelum mengonsumsinya rutin.

Mudah bukan cara mengembalikan suara yang hilang karena batuk tersebut? Jika suara tak kembali dan pulih walau telah melakukan langkah pengobatan alami secara mandiri di rumah seperti yang sudah dianjurkan, segera ke dokter. Suara yang hilang dalam waktu lama berpotensi menjadi tanda penyakit yang serius, jadi penanganan dokter adalah yang kiranya paling dibutuhkan.