Ketahui Informasai Seputar Asam Lambung – Ciri, Penyebab, dan Cara Mengatasi

558

Asam lambung atau sering disebut Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) merupakan penyakit yang sangat umum di masyarakat. Kondisi ini dapat menimbukan nyeri pada ulu hati sebab terjadinya kenaikan asam lambung menuju esofagus. Esofagus adalah bagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung. Penyebab naiknya asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) biasanya karena tidak berfungsinya lower esophageal sphincter (LES) dengan baik. lower esophageal sphincter (LES) memiliki fungsi sebagai pintu yang secara otomatis akan terbuka ketika makanan dan minuman turun kemulut. Setelah makanan dan minuman turun lower esophageal sphincter (LES) akan menutup hingga asam yang ada diperut tidak naik ke kerongkongan lagi. Berikut akan dijelaskan mengenai ciri-ciri asam lambung naik, dimana pasti sudah mengetahui bahwa Bahaya asam lambung naik sangat harus diwaspadai.

Ciri ciri asam lambung naik

1. Mual

Banyak sekali penyebab terjadinya mual, mual bisa disebabkan karena hamil, Kram perut, telat makan atau penyakit lainnya. Terjadinya kenaikan asam lambung juga ditandai dengan rasanya mual yang dirasakan pada tubuh.

2. Nyeri pada perut

Salah satu tanda ini pun merupakan ciri-ciri infeksi lambung yang perlu diwaspadai. Asam lambung yang sudah kronis biasanya ditandai dengan rasa nyeri pada perut. Rasa nyeri pada perut inin bisa bersifat lama ataupun bersifat sementara.

3. Susah menelan

Susah menelan dapat disebabkan karena beberapa ha, selain karena asam lambung sedang naik, susah menelan juga dapat disebabkan karena adanya penyakit amandel, faringitis dan juga radang tenggorokan.

4. Perut kembung

Penyebab perut kembung sangat beranekaragam. Keadaan perut yang sedang kembung biasanya akan sering bersendawa secara terus menerus dan perut terasa penuh, perut menjadi kembung atau seperti buncit merupakan salah satu ciri ciri terjadinya asm lambung juga.

5. Bersendawa

Ketika kita selesai mengkonsumsi makanan biasanya kita akan sering bersendawa, tetapi bersendawa secara terus menerus merupakan salah satu ciri bahwa asam ambung sedang naik. Lambung naik memang menjadi penyebab sering bersendawa.

6. Muntah

Muntah juga merupakan salah satu tanda terjadinya sam ambung yang meningkat, meskipun terkadang muntah tidak hanya disebabkan karena asam lambung saja, tapi bisa juga disebabkan karena faktor faktor lain.

7. Kehilangan berat badan

Banyak cara memang untuk menurunkan berat badan termasuk pada Olahraga menurunkan berat badan, namun hal ini tentu tidak diinginkan apabila merupakan salah satu tanda bahwa asam lambung sedang naik adalah berat badan yang menurun, seseorang yang terkena asam lambung secara terus menerus akan mengurangi berat badan sehingga badan menjadi kurus seperti kekurangan gizi.

8. Sakit tenggorokan kronis

sakit tenggorokan merupakan penyakit yang umum dimasyarakat, sakit tenggorokan dapat terjadi baik oleh anak muda maupun tua. Beberapa penyebab sakit tenggorokan disebabkan karena konsumsi makanan yang berminyak, panas dan juga makanan yang pedas terlalu sering. Sakit tenggorokan kronis juga merupakan saah satu gejala terjadinya asam lambung.

Cara mengobati asam lambung

1. Cara mengobati asam lambung dengan pisang

Pisang juga merupakan salah satu obat asam lambung sebab pisang bisa menjadi antasida, yang dimaksud antasida adalah zat yang dapat meminimalis produksizat HCI yang berlebihan, sehingga pisang dapat menyembuhkan penyakit maag yang kita derita . untuk pengobatan dengan pisang ini terkadang ada yang cocok ada juga yang tidak,jika kalian mengkonsumsi pisang tap mlaha menyebabkan sakit maag semakin parah maka hentikan cara tersebut. Dan beralihlah pada alternatif alternatif yang lainnya. Pisang memang baik untuk lambung namun perlu diketahui bahwa efek terlalu banyak mengkonsumsi buah pisang

2. Cara mengobati asam lambung dengan lidah buaya

Selain untuk kecantikan dan perawatan ramput ternyata lidah buaya juga dapat digunakan sebagai obat maag yang kalian derita. Dengan cara mengkonsumsi minuman lidah uaya setelah bangun tidur dapat mengurangi sakit maag yang kita derita. (baca : khasiat lidah buaya untuk kulit)

3. Cara mengobati asam lambung dengan kunyit

Kunyit merupakan salah satu obat herbal yang sangat ampuh untuk mengurangi asam lambung caranya tumbuklah kunyit sampai halus sampai menjadi seperti bubuk.  Jemur dan kalau sudah kering gunakan sebagai minuman bubuk sebagai obat asam lambung.

Atau bisa juga dengan membuat ramuan

  • Siapkan beberapa kunyit dan rebus dengan 1,5 gelas air
  • Masaklah kunyit tersebut au saring airnya
  • Setelah itu minumlah ramuan tersebut secara rutin
  • Agar lebih nikmat dapat ditambahkan gula aren.

4. Cara mengobati asam lambung dengan baking soda

Baking soda memiliki sifat basa yang dapat mensterilkan asam yang ada pada lambung.  Cara menggunakan baking soda untuk obat maag adalah dengan cara mencampurkan 1 sendok teh baking soda dengan air putih lalu dilarutkan. Setelah itu minumlah laritan tersebut.

5. Cara mengobati asam lambung dengan permen karet

Dengan mengkonsumsi permen karet dapat membantu dalam produksi air liursehingga membantu untuk menetralkisir asam yang ada pada lambung secara berlebihan.

6. Cara mengobati asam lambung dengan jahe

Didalam jahe juga memiiki kandungan yang dapat menetralisasi asam lambung, untuk pengobatan asam lambung dengan jahe dapat mengkonsumsi jahe 2-4 gram saja. Karena jika mengkonsumsi jaheebih dari 2-4 gram dapat menyebabkan asam lambung semakin buruk.

7. Kunyit obat paling ampuh untuk asam lambung

Selain untuk keperluan memasak didapur ternyata kunyit merupakan salah satu tanaman herbal yang dapat menyembuhkan penyakit asam lambung secara efektif dan sudah banyak digunakan sejak zaman dahulu. Nyeri yang terjadi pada lambung biasanya disebabkan karena andanya tukak pada selaput lendir.  Seseorang yang menderita asm lambung biasanya akan sering merasa mual, muka agak pucat, sesak pada bagian ulu hati, BAB tidak teratur bahkan terkadang sampai berat badan menurun. Nyeri pada lambung dapat disebabkan karena kebiasaan kebiasaan yang tidak baik diantaranya depresi, kurang tidur, kerja berat , sering merasa cemas, makan yang tidak teratur, kurang tidur. Untuk mengobati asam lambung dengan kunyit adalah dengan menggunakan dosis 3 kali 1,6 gram setiap harinya dan dilakukan selama satu minggu.  Dalam kunyit memiliki senyawa aktif yang dapat berfungsi untuk mengurangi nyeri pada lambung.

Didalam kunyit terdapat kandungan minyak atsiri seperti cineol, turmerone, borneol dan juga zingibirene, yang memiliki fungsi untuk mencegah produksi belebih asam pada lambung. Sehingga dapat mengurangi erosi pada selaput lendir. Selain senyawa tersebut akaloid curcumin juga berfungsi sebagai antikuman yang dapat merangsang dinding empedu mengeuarkan empedu sehingga membantu sistem pencernaan bekerja secara optimal.

Cara mencegah asam lambung

1. Makan tepat waktu

Salah satu hal yang dapat menyebabkan asam lambung naik adalah karena telat makan, atau makan yang tidak teratur. Untuk menghindari asam lambung yang terjadikita harus mulai menjaga pola makan yang teratur dan juga tepat waktu. Maka biasakan melakukan gaya hidup sehat

2. Jauhi alkohol dan rokok

Bahaya merokok itu sudah jelas adanya, alkohol dan rokok dapat merusak bagian tubuh terutama lambung, oleh sebab itu untuk menghindari penyakit asam lambung dapat dilakukan dengan menjauhi rokok dan alkohol. (baca : bahaya rokok bagi jantung manusia)

3. Makan makanan yang sehat

Makan makanan yang sehat dapat menghindari terjadinya penyakit asam lambung, sebab makan makanan yang sehat akan menyehatkan lambung dan otot lambung sehingga dapat berfungsi secara baik.

Itulah bebarapa hal informasi mengenai Asam Lambung yang perlu kamu ketahui. Asam lambung yang berlebihan dapat mengakibatkan komplikasi pada tubuh. Segera atasi dengan benar