Isoflurane Dexa Medica – Fungsi – Obat Apa – Dosis dan Cara Penggunaan

161

Isoflurane merupakan jenis obat anastesi yang digunakan dalam dunia medis untuk melakukan anastesi umum (bius total). Isoflurane dapat digunakan untuk memulai anastesi maupun pada thaap pemeliharaan. Isoflurane diaplikasikan kepada pasien dengan cara dihirup. Salah satu merk dagang untuk isoflurane adalah Isoflurane Dexa Medica. Isoflurane Dexa Medica dijual dalam bentuk cair di dalam botol 100 ml dan 250 ml.

Komposisi

Dalam tiap botolnya, Isoflurane Dexa Medica mengandung Isoflurane tanpa zat tambahan atau penstabil.

Indikasi

induksi dan pemeliharaan anastesi umum untuk pasien semua umur.

Mekanisme Kerja Obat

Seperti obat anastesi lainnya, Isoflurane Dexa Medica merupakan obat analgetik (menghilangkan rasa sakit) dan merilekskan otot. Obat ini bekerja pada sistem saraf pusat dengan menghambat transmisi antar sel untuk mengirimkan sinyal nyeri.

Dosis dan Cara Penggunaan

Dosis Isoflurane Dexa Medica untuk setiap pasien berbeda, semua dosis pemberian Isoflurane ditentukan oleh dokter anastesi. Dosis pemberian Isoflurane dinyatakan dalam Minimum Alveolar Concentration (MAC), jumlah MAC yang disarankan berbeda-beda tergantung usia dan kebutuhan kondisi pasien , berikut adalah kategori usia dan dosis yang disarankan dalam MAC:

  • Pertengahan 60 -an  : 1,05%
  • Pertengahan 40 -an  : 1,15%
  • Pertengahan 20-an   : 1,28%
  • 1-5 tahun                : 1,6%
  • 6-12 bulan               : 1,8%
  • 1-6 bulan                 : 1,87%
  • 0-1 bulan                 : 1,6 %

Isoflurane Dexa Medica digunakan dalam tahapan proses anastesi dan mengikuti prosedur pemberian yang disarankan demi tercapainya kondisi anastesi pembedahan pada pasien.

Pramedikasi

Obat-obatan yang digunakan sebelum menggunakan Isoflurane sebagai anastesi harus diperhatikan dengan memperhitungkan efek penurunan kemampuan bernapas yang dimiliki Isoflurane.

Induksi/Mulai Anastesi

Dosis Isoflurane Dexa Medica yang disarankan pada proses induksi adalah dimulai dengan 0,5 %. Konsenstrasi sebesar 1,5% -3% sudah cukup untuk mencapai kondisi anastesi yang diperlukan untuk pembedahan.

Pemeliharaan

Isoflurane Dexa Medica dengan kosentrasi 1-2,5% sudah cukup untuk digunakan pada tahap pemeliharaan. Tekanan darah pasien berbanding terbalik dengan kosentrasi Isoflurane yang diberikan. Dalam kasus dimana tekanan darah pasien harus diturunkan (induced hipotensi), dosis Isoflurane Dexa Medica yang diberikan adalah 2,5-4,6%.

Dosis manula- dosis pemeliharaan Isflurane Dexa Medica yang dikenakan pada manula adalah dosis dengan kosentrasi yang lebih rendah.

Dosis bedah caesar – pada operasi cesar dosis pemeliharaan yang disarankan adalah Isoflurane dengan kosentrasi 0,5-0,75%.

Pemulihan

Kadar Isoflurane Dexa Medica dalam campuran anastesi dapat diturunkan hingga 0,5 % saat luka bedah pasien mulai ditutup, dilanjutkan hingga 0% saat operasi selesai. Setelah semua obat anastesi pada pasien dihentikan, jalan napas pasien harus dialiri dengan oksigen 100% sampai pasien sadar kembali.

Sebagaimana obat anastesi lainnya, pasien yang dikenakan anastesi Isoflurane tidak boleh mengemudi atau mengoperasikan alat berat sampai 24 jam setelah masa pemulihan.

Konsultasikan dengan dokter jika pasien mengalami keluhan umum usai para pasien dioperasi dan penyebabnya

Kontraindikasi

Isoflurane Dexa Medica tidak disarankan untuk pasien yang menunjukkan ciri-ciri alergi terhadap zat isoflurane atau zat lain yang mengandung halogen. Pasien yang dicurigai akan mengalami kondisi hipertermia malignan juga sebaiknya tidak dikenakan obat ini. Penggunaan Isoflurane Dexa Medica harus dihentikan jika pasien mengalami demam atau kuning setelah menghirup obat ini.

Kategori Keamanan Ibu Hamil dan Menyusui

Kategori kehamilan untuk Isoflurane Dexa Medica adalah kategori C, yang berarti obat ini telah diuji coba pada hewan percobaan dan diketahui memiliki dampak pada janin binatang. Obat ini hanya diberikan pada ibu hamil jika manfaatnya lebih besar daripada resiko yang mungkin terjadi.

Tidak ada kasus dampak Isoflurane pada ibu menyusui yang terpublikasi. Ibu yang sedang menyusui dapat menyusui kembali segera setelah pulih dari anastesi umum yang menggunakan Isoflurane. Namun perlu diperhatikan obat-obatan lain yang digunakan sebagai campuran isoflurane pada proses anastesi,konsultasikan dengan dokter anastesi atau dokter anak dampak obat-obatan tersebut pada masa menyusui.

Interaksi Obat

Isoflurane Dexa Medica adalah jenis obat yang bersifat menekan proses pernapasan (respiratory depressant). Sifat ini akan diperkuat dengan penggunaan obat-obatan jenis narkotik pada proses pramedikasi. Obat-obatan sejenis yang bekerja dengan menekan proses pernapasan juga berperan dalam  meningkatkan sifat respiratory depressant.