Anlene – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

Anlene bukanlah obat melainkan susu yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang. Karena anlene merupakan susu yang diproduksi untuk membantu melengkapi nutrisi untuk tulang. Untuk mencegah keropos tulang juga dapat memperlambat osteoporosis. Karena minum susu merupakan salah satu cara menjaga kesehatan tulang.

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam susu anlene antara lain:

  1. Energi : 370 Kj
  2. Lemak : 88 kkal
  3. Energi dari lemak : 0.2 gr
  4. Karbohidrat : 8.3 gr
  5. Natrium : 13.2 gr
  6. Fosfor 500mg
  7. Kalium : 100 mg
  8. Vitamin D3 : 100mg
  9. Vitamin A : 320 mg
  10. Vitamin C : 250 µg
  11. Vitamin E : 2.8 mg
  12. Vitamin K : 2.5 µg
  13. Zat besi : 35mg
  14. Niacin : 40 µg
  15. Vitamin B1 : 70 µg
  16. Vitamin B2 : 0.2 mg
  17. Vitamin B12 : 0.6 mg
  18. Asam Folat : 78 µg
  19. Biotin : 20 µg
  20. Kolin : 1.2 µg
  21. Kalsium : 8.8 µg
  22. Magnesium : 2.3 mg
  23. Seng : 210 mg
  24. Iodium : 55 mg
  25. Klorida : 1.9 mg
  26. Selenium : 22 µg

Zat Aktif Dalam Anlene

  1. Natrium – Natrium merupakan nutrisi yang penting bagi kontrol kadar air di dalam tubuh, menjaga kesehatan sistem saraf dan juga membantu menjaga volume darah agar tetap stabil.
  2. Fosfor – Fosfor merupakan mineral lain yang sangat penting dalam tubuh, karena fosfor menunjang energi dalam metabolisme tubuh, yaitu metabolisme lemak dan metabolisme pati di dalam tubuh.
  3. Kalium – Kalium merupakan salah satu mineral penting bagi tubuh manusia, karena kalium sangat berperan aktif bagi pertumbuhan tulang dan otot. Penyakit kekurangan kalium dalam darah disebut dengan hipoalkemia.
  4. Vitamin D3 – Vitamin D3 sama dengan vitamin A yaitu masuk ke dalam golongan vitamin yang mudah larut dalam lemak. Namun, fungsi vitamin D3 sangat berbeda dengan vitamin A. Vitamin D3 membantu dalam proses pembentukan gigi dan tulang agar dapat berlangsung dengan baik.

  5. Vitamin A – Vitamin A merupakan vitamin yang selalu dikaitkan dengan kesehatan mata, karena memang benar adanya manfaat vitamin A untuk mata agar tetap sehat. Vitamin A termasuk ke dalam golongan vitamin yang mudah larut dalam lemak.
  6. Vitamin C – Vitamin C memiliki nama lain yaitu asam askorbat, vitamin C ini masuk ke dalam golongan vitamin yang mudah larut dalam air. Vitamin C biasa digunakan juga untuk pencegahan berbagai penyakit ringan seperti flu.
  7. Vitamin E – Vitamin E sangat berkaitan dengan kesehatan kulit, namun vitamin E memiliki fungdi lain yaitu sebagai anti oksidan, membantu menjaga kesehatan mata, juga membantu dalam proses regenerasi sel-sel tubuh. Vitamin E juga vitamin yang mudah larut di dalam lemak.
  8. Vitamin K – Seperti Vitamin E vitamin K juga masuk ke dalam golongan vitamin yang mudah larut di dalam lemak. Namun Vitamin K memiliki fungsi yang berbeda dengan vitamin E, yaitu membantu menjaga kesehatan tulang dan membantu dalam proses pembekuan darah.
  9. Zat besi – Zat besi merupakan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh karena zat besi dapat mengikat oksigen di dalam darah untuk kdmudian di angkut ke paru-paru.
  10. Niacin – Niacin biasanya dikenal dengan sebutan lain yaiti vitamin B3. Niacin dapat digunakan untuk mencegah penyakit pelagra, yaitu penyakit yang disebabkan oleh kekurangan niacin.
  11. Vitamin B1 – Vitamin B1 dikenal juga dengan sebutan Thiamin, fungsi dari vitamin B1 adalah untuk menjaga agar sistem saraf sraf otak dapat bekerja secara normal. Kekurangan vitamin B1 dapat mengakibatkan penyakit beri-beri.
  12. Vitamin B2 – Vitamin B2 dikenal juga sebagai riboflavin yang berfungsi dalam proses menghasilkan energi bagi tubuh.
  13. Vitamin B12 – Nama lain dari vitamin B12 adalah kobalamin, kobalamin ini memiliki fungsi yaitu berperan dalam pembentukan darah. Juga bermanfaat untuk menjaga agar otak dan sistem saraf dapat bekerja secara normal.
  14. Asam folat – Asam folat ternyata masih satu keluarga dengan vitamin B, nama lain dari asam folat adalah vitamin B9. Asam folat dapat membantu menjaga keseimbangan darah dalam tubuh manusia juga biasa digunakan untuk menjaga kesehatan janin.
  15. Biotin – Biotin merupakan vitamin yang masih satu golongan dengan vitamin C yaitu vitamin yang mudah larut dalam air. Fungsi biotin adalah membantu metabolisme lemak dan karbohidrat serta membantu proses transport krabon dioksida.
  16. Kolin – Kolin juga ternyata masuk ke dalam keluarga vitamin B, fungsi kolin adalah untuk menjaga sistem saraf dan membantu penyusunan membran sel.
  17. Kalsium – Kalsium yang selalu dikenal penting bagi pertumbuhan tulang dan gigi, juga menjaga kesehatan tulang dan gigi. Namun ternyata kalsium memiliki peranan lain yang juga penting yaitu menjaga kesehatan saraf dan jantung serta berperan dalam proses pembekuan darah.
  18. Magnesium – Magnesium memiliki fungsi yang hampir sama pentingnya dengan kalsium. Salah satu fungsi yang sama adalah untuk menjaga kesehatan jantung agar tetap berdetak secara normal. Fungsi lain dari magnesium adalah menjaga kesehatan saraf dan otot.
  19. Seng – Seng atau dikenal juga dengan zinc, zinc merupakan mineral penting yang harus dimiliki oleh tubuh. Karena zinc sangat berperan penting dalam pembentukan DNA dan RNA.
  20. Iodium – Iodium merupakan mineral lain yang sangat mudah didapatkan dalam makanan, makanan yang paling banyak mengandung iodium adalah garam. Fungsinya adalah untuk membantu perkembangan otak dan kecerdasan.
  21. Klorida – Klorida merupakan ion yang sangat penting dalam pengaturan kadar air yang ada di dalam tubuh.
  22. Selenium – Selenium sering ditemukan dalam padi dan selenium dapat digunakan untuk mencegah penyakit kekurangan selenium.

Indikasi Anlene

Berikut ini beberapa indikasi susu anlene bagi kesehatan tulang:

  • Membantu mencegah atau memperlambat pengeroposan tulang atau disebut kuga dengan osteoporosis dan menjaga kesehatan tulang.
  • Anlene dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang anda.
  • Membantu memberikan asupan kalsium yang cukup bagi pembentukan tulang.
  • Anlene dapat meningkatkan fungsi vitamin D yang ada di dalam tubuh penggunanya.

Varian Susu Anlene

Susu anlene terbagi ke dalam tiga jenis yaitu Anlene Gold, Anlene Actifit dan Anlene Total berikut ini merupakan ulasan mengenai perbedaan masing-masing jenis susu Anlene tersebut:

  1. Anlene Gold – Susu Anlene Gold diperuntukkan bagi dewasa usia di atas 51 tahun.
  2. Anlene Actifit – Susu Anlene Actifit dapat dikonsumsi oleh orang dewasa yang berusia 19 tahun sampai dengan 51 tahun.
  3. Anlene Total – Susu Anlene Total ini merupakan jenis susu anlene yang dapat membantu menjaga kesehatan sendi, dapat diminum baik oleh pria maupun wanita.
  4. Anlene One a Day – Susu Anlene jenis ini dapat di minum oleh pria dan wanita usia 19 tahun sampai 51 tahun, terutama bagi yang memiliki masalah persendian.

Dosis Atau Aturan Minum Anlene

Meskipun hanya susu, namun Anlene masuk ke dalam susu yang baik untuk kesehatan tulang anda. Dan tidak bisa sembarangan minum karena Anlene merupakan susu yang memiliki kadar kalsium yang tinggi. 


  • Bagi pengguna susu Anlene Actifit dan Gold dapat mengkonsumsinya sesuai kebutuhan, dapat di konsumsi pagi hari atau malam hari. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter yang menangani anda.
  • Bagi pengguna susu Anlene One a Day hanya boleh mengkonsumsi 1 kotak sebanyak 110ml dalam sehari.

Efek Samping Konsumsi Susu Anlene

Sekalipun Anlene tersedia dalam bentuk susu, namun harus sangat hati-hati saat mengkonsumsi susu ini karena susu Anlene ini memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi. Berikut efek samping yang wajar saat mengkonsumsi susu Anlene:

  • Biasanya pada sebagian orang akan merasakan mual dan sakit perut.
  • Pada sebagian individu lainnya mengalami diare.

Peringatan Dan Cara Pakai

  1. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter anda senelum anda memutuskan untuk meminum susu Anlene ini.
  2. Jangan konsumsi melebihi aturan minum per harinya karena anlene memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi.
  3. Jika anda memiliki masalah nyeri sendi mungkin bisa menggunakan pencegahan awal dengan susu Anlene Total. Namun, tetap disarankan untuk konsultasi dengan dokter yang menangani anda.

, , , , , , , , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Merk Obat A
Popular Topic

# Difteri | # Rubella | # Sakit Gigi

Info Grafik Difteri

Info Grafik Difteri