Amtocort Injection – Fungsi -Obat Apa – Dosis dan Efek Samping

472

Amtocort Injection merupakan jenis obat yang biasa digunakan dalam perawatan untuk pengobatan beberapa penyakit  seperti obat radang sendi, osteoarthrosis dan berbagai jenis penyakit lainnya yang biasa dialami oleh pasien. Obat ini biasanya tersedia dalam bentuk injection, yang diproduksi oleh shin poong pharm co. Zat aktif yang terkandung di dalam obat ini adalah Triamcinolone acetonide yang merupakan jenis obat yang masuk ke dalam golongan obat kortikosteroid yang tersedia dalam berbagai bentuk, diantaranya dental (yaitu berbentuk salep yang digunakan untuk penyakit mulut atau gusi) bentuk topikal atau krim kulit, bentuk nasal atau semprot dan yang terakhir bentuk suntik.

Sekilas mengenai zat aktif yang terkandung di dalam amtocort injection

Obat amtocort injection di dalamnya terkandung komposisi triamcinolone acetonide. Obat ini masuk ke dalam golongan obat kortikosteroid yang tersedia dalam 4 bentuk yang pertama dalam bentuk salep, bentuk krim kulit, bentuk semprot dan yang keempat dalam bentuk nasal atau suntik. Dari ke empat jenis tersebut tentunya memiliki manfaat yang berbeda-beda tergantung dari bentuk dan jenis penyakit yang akan diberi perawatan oleh obat ini.

Obat triamcinolone acetonide dalam bentuk salep biasanya digunakan dalam perawatan rasa sakit, gatal dan juga terjadinya pembengkakan yang diakibatkan oleh adanya penyakit tukak mulut, untuk obat triamcinoline acetonide yang berbentuk topikal digunakan dalam perawatan gejala gatal, pembengkakan dan juga penyakit kemerahan di luar kulit seperti contohnya pada penyakit gejala ermatitis, ruam, eksim atopik dan juga alergi.

Obat triamcinolone acetonide dalam bentuk nasal digunakan untuk penyakit yang berhubungan dengan bersin-bersin, pilek dan juga gatal-gatal seperti penyebab alergi hidung gatal, gatal pada mata, dan juga tenggorokan yang diakibatkan oleh penyakit alergi musiman, dan yang terakhir dalam bentuk injection atau suntik biasanya obat ini digunakan untuk penanganan seperti penyakit gangguan kolagen, penyakit kulit, penyakit masalah pernafasan, arthritis, penyakit saluran cerna, penyakit mata, penyakit darah dan juga jenis penyakit kanker.

Hal- hal yang  perlu diperhatikan  sebelum mengggunakan obat amtocort injection

  1. Pada pasien yang sedang mengalami alergi sebaiknya jangan meminum obat ini terlebih dahulu sebelum alergi yang dideritanya sembuh
  2. Jangan memberikan obat ini pasien dengan riwayat penyakit darah tinggi (hipertensi)
  3. Sebaiknya berhati-hati dalam menggunakan obat ini pada pasien dengan riwayat gejala herpes simpleks okular
  4. Sebaiknya berhati-hati dalam menggunakan obat ini pada pasien yang mengalami penyakit gejala sirosis hati.
  5. Untuk pasien dengan riwayat penyakit hipotiroidisme sebaiknya lakukan konsultasi pada dokter sebelum mengggunakan obat ini
  6. Penggunaan pada pasien dengan penyakit kolitis ulseratif non spesifik untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan obat ini
  7. Pada pasien yang sedang melakukan perawatan dengan menggunakan obat amtocort injection sebaiknya jangan mengehentikan penggunaan obat secara tiba-tiba karena akan mengakibatkan timbal balik pada pasien untuk itu sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap
  8. Pada pasien yang sedang mengalami penyakit infeksi tertentu sebaiknya hentikan penggunaan obat ini.
  9. Sebaiknya lebih berhati-hati pada pasien dengan riwayat penyakit gangguan fungsi hati
  10. Bagi pasien dengan penyakit ginjal akut, lakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakan obat ini.
  11. Apabila terjadi reaksi yang tidak diinginkan seperti overdosis segera hubungi dokter untuk segera mendapatkan bantuan medis
  12. Untuk obat jenis injection diharapkan untuk lebih berhati-hati apabila pasien memiliki riwayat penyakit kelainan darah seperti contohnya penyakit Idiopathic thromboctopenic, hipertensi,  tanda-tanda penyakit ginjal dan juga penyakit diabetes (gejala penyakit gula )
  13. Obat ini tidak bisa diberikan pada anak-anak dengan usia 6 tahun kebawah.
  14. Untuk penggunaan obat amtocort injection pada ibu hamil dan juga menyusui dapat dilakukan hanya melalui pengawasan yang diberikan pada dokter.

Mekanisme dan cara kerja obat amtocort injection

  • Obat ini dapat mengurangi produksi bahan kimia yang dihasilkan oleh tubuh yang menyebabkan kerusakan tulang

Interaksi Obat

Pada beberapa jenis obat biasanya apabila penggunaannya bersamaan dengan produk lain akan menyebabkan efek samping atau manfaat obat akan berubah sehingga resiko yang ditimbulkan akan lebih beresiko pada pasien. Untuk itu sebelum menggunakan obat ini ada baiknya pasien melakukan konsultasi dan mengatakan pada dokter mengenai  jenis obat-obatan lain, vitamin maupun produk herbal yang sedang dikonsumsi agar dokter dapat mengatur dosis serta interaksi yang terjadi. Berikut data beberapa obat yang dapat berinteraksi secara langsung pada obat amtocort injection:

  • Obat aspirin
  • Obat antasida
  • Obat antidiabetes
  • Obat ACE inhibitor
  • Acetazolamide
  • Obat Adrenergic neuron blocker

Indeks keamanan pada ibu hamil

Biasanya pada jenis obat tertentu terdapat pantangan pada ibu hamil dengan usia kandungan trimeseter pertama karena akan mengganggu janin yang dikandung. Berdasarkan penelitian yang dilakukan badan pengawas obat dan makanan amerika serikat, penelitian terhadap reproduksi hewan dapat mengangggu perkembangan janin yang dikandung, namun belum adanya data konkrit mengenai penelitian pada manusia. Untuk itu sebaiknya lakukan konsultasi pada dokter terlebih dahulu sebelum anda menggunakan obat ini agar mendapatkan informasi yang lebih lengkap

Cara menyimpan obat yang baik dan benar

  • Sebaiknya obat disimpan pada suhu ruang dan jauhkan dari paparan sinar matahari secara langsung
  • Jauhkan obat dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan
  • Jangan membuang sisa obat yang sudah tidak digunakan lagi pada toilet atau sistem drainase lainnya karena akan mengkontaminasi lingkungan, untuk itu sebaiknya lakukan konsultasi pada dokter maupun apoteker agar lebih mendapatkan informasi mengenai cara membuang obat yang baik dan benar.

Dosis

  • Untuk dosis dewasa dengan usia diatas 12 tahun bisa diberikan dosis sebanyak 4 sampai dengan 48 mg /hari
  • Untuk dosis anak-anak dari usia 6 tahun sampai dengan 12 tahun bisa diberikan dosis sebanyak 416 mcg sampai dengan 1,7 mg/ kg BB/ hari.

Efek samping

Setiap jenis obat apapun pasti memiliki efek sampingnya masing-masing apabila dalam penggunaannya tidak sesuai dengan resep dan anjuran yang diberikan oleh dokter. Data dibawah memang bukan data yang komperensif, meski sangat jarang terjadi namun apabila terjadi dapat menyebabkan resiko yang tidak diinginkan, untuk itu sebaiknya lakukan konsultasi pada dokter agar dapat meminimalisir efek samping yang terjadi nantinya, berikut beberapa efek samping yang memungkinkan terjadi saat penggunaan obat amtocort injection:

  • Adanya rasa gatal pada tubuh saat menggunakan obat amtocort injection
  • Terjadinya gangguan kecemasan
  • Sering sakit kepala
  • Adanya rasa terbakar pada kulit setelah menggunakan obat ini
  • Rasa pusing pada kepala
  • Mual dan muntah

Kontraindikasi

  • Obat ini kontraindikasi pada pasien yang memiliki hipersensitivitas terhadap kandungan yang terdapat dalam obat amtocort injection seperti triamicinole acetonide
  • Jangan memberikan obat ini pada pasien yang sedang hamil tanpa sepengetahuan dari dokter terkait
  • Obat ini diketahui dapat keluar melalui ASI untuk itu sebaiknya bagi ibu yang sedang menyusui jangan menggunakan obat ini terlebih dahulu karena dikhawatirkan dapat menganggu bayi yang sedang disusuinya.
  • Bagi pasien yang mengkonsumsi alkohol, sebaiknya jangan menggunakan obat ini karena akan menyebabkan efek samping maupun gejala yang sangat merugikan, sebaiknya hentikan pengkonsumsian alkohol jika anda ingin menggunakan obat ini.
  • Jangan memberikan obat ini pada pasien dengan penyakit infeksi jamur sistemik