13 Makanan yang Harus Dihindari Saat Sahur Bisa Menyebabkan Penyakit

1121

Saat sahur kita tidak dianjurkan untuk menyantap apa saja agar menjadi kenyang tetapi di ijinkan untuk makan tidak berlebihan namun dengan nilai nutrisi yang lengkap sehingga ketika berpuasa tubuh dalam kondisi tetap prima.

Jenis makanan

Ada beberapa makanan yang digolongkan menjadi jenis makanan yang harus dihindari saat sahur agar puasa dapaat berjalan dengan lancar.

1.Makanan berkolesterol

Makanan yang mengandung kolesterol tinggi dalam tabel  ilmu gizi adalah makanan yang harus dihindari saat sahur misalnya kuning telur, Daging merah dan lain lain  agar tubuh tetap bugar walaupun siangnya sedang berpuasa.

2, Makanan mengandung logam

Makanan yang harus dihindari saat sahur terlebih pada oraang orabg yang mempunyai riwayat stroke adalah makanan hasil laut misalnya kepiting, Kerang, Lobster , Tiram, Gurita dan sebagainya. Didalam hasil laut tersebut mengandung zat purin yang tinggi yang dapat menyebabkan penyakit asamn urat.

3. Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng dengan menggunakan minyak jagung atau zaitun boleh dikonsumsi pada saat berbuka puasa ataupun sahur karena minyak jenis itu tidak mengandung kolesterol penyebab serangan stroke dan hipertensi.  Tetapi efek samping makanan yang digoreng bagi kesehatan misalnya Menggoreng menggunakan minyak yang sudah pernah di pakai untuk menggoreng bahan lain Ternyata mengandung kolesterol tinggi dan lemak jahat yang dapat menyumbat pembuluh darah.

4. Makanan mentah

Makanan mentah seperti daging adalah makanan yang sangat digemari di negeri sakura Jepang  karena dinilai masih memiliki kandungan protein dan mineral yang utuh . Namun pad kenyataannya tujuan masakan harus dimasak hingga matang tujuannya agar bakteri dan mikroba jenis lain dapat dimusnakan dan tidak punya peluang untuk berkembang.

5. Makanan jeroan

Jeroan adalah makanan yang dihasilkan dari organ hewan yang kemudian diolah menjadi makanan camilan atau lauk pauk.  Jeroan adalah jenis makanan yang mengandung kolesterol, Lemak jenuh dan minyak trans yang berbahaya bagi kesehatan tubuh jangka panjang.  Yang termasuk jeroan adalah kulit, Jantung, Gajih, Ampela dan lain lain. Jeroan adalah makanan yang harus dihindari saat sahur . Salah satu akibat konsumsi jeroan bagi kesehatan adalah penumpukan kolesterol dalamn darah.

6. Makanan setengah matang

Makanan setengah matang adalah makana yang harus dihindari saat sahur karena makanan yang tidak dimasak sampai matang dicurigai memiliki bibit penyakit yang masih melekat dan belum mati sepenuhnya, Belum lagi radikal bebas yang dihasilkan dari asap  arang  dimana asap tersebut bisa bergabung lagi dengan udara yang mengandung polusi.

7. Makanan bersantan

Bahaya makanan bersantan bagi kesehatan tubuh yang paling dikenal adalah  penyakit hipertensi. Tak heran jika makanan yang bersantan tidak baik jika dikonsumsi seseorang yang sedang berpuasa tetapi menilki penyakit hipertensi, Darah tinggi, Kolesterol atau stroke. Santan hanya bisa dikonsumsi oleh orang sehat tetapi tetap sajaa harus disantap tidak berlebihan. Santan bersifat mengental dan berpotensi menyumbat pembuluh darah.

8, Makanan terlalu asam

Makanan yang terlalu asam dapat melukai dinding lambung dan menyebabkan naiknya asam lambung . Makanan yang memiliki citra rasa terlalu asam adalah makanan yang harus dihindari saat sahur agar pencernaan tetap dalam kondisi yang normal.

9. Makanan pedas

makanan pedas tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan karena bisa melukai jaringan daan organ pencernaan sehingga berpotensi meningkatkan kadaar asam lambung secara signifikan.

10. Buah mengandung alkohol

Buah yang mengandung alkohol misalnya durian, Kedondong, Semangka, Anggur dan lain lain dapat masuk kategori sebagai makan yang harus dihindari saat sahur jika dikonsumsi berlebihan. Buah yang mengandung gas atau alkohol bisa menekan dinding lambung dan menyebabkan seseoorang menhjadi sering buang angin dan perut menjadi kembung bahkan ulu hati terasa nyeri dann tidak nyaman. 

11. Monosodium Glutamate (MSG)

Hindari bahaya MSG  bagi kesehatan tubuh yang terdapat padaa makanan dan camilan yang dikemas dan diperjual belikan pditengah tengahn masyarakat. Bumbu penyedap yang masuk dalam tubuh dalam kadar yang banyak dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit.

12.Makanan olahan (siap saji)

Mengkonsumsi makana saji pada waktu sahur sebenarnya tidak dibenarkan walaupun hanyaa sedikit, Karean makan olahan cenderung minim nutrisi dan hanya rasanya saja yang terasa memang sangat gurih dan lezat. Makanan siap saji merupakanmakana yang harus dihindari saat sahur dabn bisaa digantikan oleh makanan yang lebih sehat misalnya daging tanpa kulit, Daging yang digoreng dengan menggunakan minyak jagung, Mengkonsumsi beras merah dan lain lain.

13.Makanan haram

Makanan yang di olah dari daging yang haram misalnya babi, Anjing atau binatang buas lainnyaa sangat pantang dimakan oleh kaum muslimin dibulan ramadhan atau bukan ramadhan sekalipun.  Islam melarang untuk memakan daging binatang yang bertaring karena didalamnya terdapat banyak bakteri, Virus dan mikroba jenis lain yang bisa mengancam kesehataan tubuh manusia.