16 Makanan Penyebab Suara Serak pada Tenggorokan

Seluruh makanan maupun minuman yang kita konsumsi akan melalui kerongkongan lebih dulu sebelum akhirnya masuk ke dalam tubuh. Namun ada beberapa jenis makanan penyebab suara serak dan pemicu kondisi pita suara menurun apalagi yang ada di area kerongkongan. Apa saja makanan yang dimaksud? Maka dari itu, penting untuk melihat daftarnya agar dapat mencegah suara menjadi serak karenanya.

  1. Makanan Pedas

Tak perlu diragukan lagi kalau makanan dengan rasa pedas bisa mengiritasi tenggorokan dan itulah mengapa para penyanyi akan menghindari makanan pedas apalagi di saat hendak manggung. Makanan pedas bukan hanya akan menimbulkan iritasi, melainkan juga menjadi penyebab acid reflux dan membuat iritasi esofagus memburuk.

  1. Gorengan

Gorengan adalah jenis makanan yang biasanya tak bisa lepas dari camilan masyarakat Indonesia yang biasanya dinikmati bareng teh atau kopi. Bukan hanya gorengan adalah makanan yang mengandung kolesterol tinggi sehingga bisa menimbulkan tekanan darah tinggi maupun penyakit kolesterol tinggi, nyatanya gorengan juga bisa menjadikan suara serak dan penyebab radang tenggorokan hingga batuk.

Memakan gorengan boleh-boleh saja, namun bila terlalu sering apalagi setiap hari maka kualitas suara pun bakal mengalami gangguan. Ingat bahwa gorengan merupakan makanan yang mengandung minyak yang sangat banyak sehingga mampu membuat suhu pada area tenggorokan meningkat dan akhirnya menjadi pemicu dari disfungsi suara.

  1. Makanan Kering

Makanan kering pun dapat menjadi salah satu penyebab dari seraknya suara atau juga penyebab batuk, khususnya bila Anda tubuh Anda tak cukup mendapatkan cairan sehingga mengalami dehidrasi. Makanan kering apapun seperti keripik, kue kering atau semacamnya sah-sah saja untuk dikonsumsi, namun ketahui juga konsekuensinya bila terlalu sering konsumsi tanpa cukup minum air putih.

Bila hendak mengonsumsi makanan kering, pastikan bahwa Anda memberikan tubuh cairan ekstra di mana dalam sehari minumlah air putih sebanyak 9-12 gelas. Selain menjadi cara mencegah dehidrasi, tentunya tenggorokan pun akan terjaga kesehatannya dan suara pun akan dapat dicegah juga menjadi serak.

  1. Makanan yang Sangat Gurih atau Asin

Makanan-makanan ringan yang rasanya asin atau lebih ke gurih rupanya bila terlalu banyak dikonsumsi bakal menjadi penyebab keringnya pita suara. Saat pita suara mengering, maka otomatis suara pun ikut menjadi lebih serak karena pita suara kemudian kehilangan elastisitasnya.

Suara serak bisa terjadi terutama karena makanan-makanan yang terlalu gurih dan asin akan membuat tubuh sering mengalami dehidrasi. Alasannya adalah karena garam memiliki kemampuan untuk menyerap cairan tubuh. Jadi bila ingin menikmati makanan-makanan ringan dengan rasa asin atau gurih, pastikan untuk minum banyak air putih supaya tenggorokan tidak kering yang menjadikan suara Anda serak nantinya.

  1. Produk Susu

Saat mengonsumsi produk susu, ada lebih banyak lendir yang akan terbentuk di dalam tenggorokan dan suara bisa menjadi lebih serak setelah mengonsumsinya. Inilah produk-produk susu yang kiranya Anda batasi bila tak ingin suara menjadi mudah serak.

  • Susu
  • Keju
  • Es krim
  • Yogurt
  • Mentega

Susu bukan hanya menciptakan lendir, melainkan juga membuat tubuh terdehidrasi yang menjadikan bagian tenggorokan atau laring kurang pelumas.


  1. Minuman Berkafein

Suara bisa menjadi gampang serak karena mengonsumsi makanan maupun minuman dengan kandungan kafein. Padahal tentunya banyak orang yang gemar meminum kopi dan mungkin Anda salah satunya? Kafein adalah diuretik alami yang membuat otot tenggorokan bisa dengan mudah terdehidrasi. Jadi, hindarilah minuman berkafein seperti halnya:

  • Soda tertentu
  • Kopi
  • Teh
  1. Minuman Beralkohol

Selain bahaya minuman keras bagi kesehatan saraf dan juga otak sangat besar, minuman beralkohol pun nyatanya bisa membuat tenggorokan menjadi kering dan memicu suara serak. Alkohol akan secara perlahan mengganggu kesehatan pita suara kita, apalagi kalau dikonsumsi terlalu sering dan banyak.

  1. Makanan/Minuman Dingin

Minuman atau makanan bersuhu rendah juga patut diwaspadai apabila Anda suka mengonsumsinya terlalu sering. Kerusakan pita suara bisa terjadi karena konsumsi minuman/makanan dingin di mana pita suara dapat kehilangan elastisitasnya dan membuatnya kering sehingga tak heran kalau kemudian suara berubah serak.


  1. Makanan/Minuman Panas

Minuman dan makanan dengan suhu tinggi pun sebaiknya dibatasi atau dihindari karena pita suara juga dapat rusak karenanya. Disfusi dapat terjadi saat kita mengonsumsi makanan/minuman yang terlalu panas. Walau memang lidah dan mulut kita tak masalah, pertimbangkan akan kondisi tenggorokan kita yang nantinya dapat terpengaruh dan saat berbicara pun menjadi terasa susah.

  1. Makanan Berlemak Tinggi

Makanan dengan kandungan minyak tinggi bukan satu-satunya yang mampu membuat suara jadi serak. Makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi termasuk makanan-makanan bersantan adalah yang patut dihindari bila ingin menjaga kesehatan tenggorokan Anda. Sakit atau radang tenggorokan pada umumnya juga disebabkan oleh konsumsi makanan tersebut.

Itulah daftar makanan penyebab suara serak dan hilang berikut juga sejumlah minuman yang wajib diperhatikan. Hati-hati saat mengonsumsi makanan-makanan tersebut dan bilapun Anda masih ingin tetap menikmatinya, imbangi dengan minum air putih yang banyak supaya tenggorokan tetap mendapatkan pelumas yang cukup.

, , ,
Post Date: Saturday 04th, November 2017 / 08:49 Oleh :
Kategori : Makanan Berbahaya