Home Featured Info Penting: Mengapa Vitamin D Penting Untuk Tubuh Kita?

Info Penting: Mengapa Vitamin D Penting Untuk Tubuh Kita?

by Tri Astuti

Ketika kita berbicara mengenai vitamin D maka semua orang pasti akan langsung mengingat sinar matahari. Sinar matahari dianggap mampu memenuhi kebutuhan vitamin D untuk tubuh. Tapi yang sebenarnya terjadi dalam tubuh memang tidak semudah itu. Sinar matahari yang hangat saat pagi hari sebenarnya hanya memicu hormon yang kemudian merubahnya menjadi vitamin D dengan sistem kimia dalam tubuh. Nah, agar lebih jelas lagi, berikut kami informasi mengenai mengapa vitamin D penting untuk tubuh kita?

Apa Itu Vitamin D?

Vitamin D sebenarnya adalah sejenis hormon yang dihasilkan lewat proses kimia alami dalam tubuh ketika tubuh mendapatkan sinar matahari pagi lewat kulit dan konsumsi makanan tertentu. Vitamin D bersifat larut dalam lemak seperti vitamin A, vitamin E dan vitamin K. Semua jenis vitamin ini diserap lewat usus dan ketika ada lemak maka masuk ke bagian lemak, kemudian disimpan dalam tubuh sebagai cadangan.

Jenis vitamin D adalah vitamin D3 (cholecalciferol) yang banyak ditemukan pada kuning telur dan ikan yang berlemak sehat. Juga ketika tubuh mendapatkan sinar matahari. Kemudian juga ada vitamin D2 (ergocalciferol )  yang banyak dijumpai pada makanan yang mengandung vitamin D super tinggi. Dari dua jenis vitamin ini maka yang disarankan adalah vitamin D3 yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuat penyerapan nutrisi tubuh berjalan lancar.

Mengapa Vitamin D Penting untuk Tubuh?

Tubuh kita ternyata harus mendapatkan vitamin D dengan cukup. Masalahnya vitamin D memiliki peran yang sangat penting untuk membantu penyerapan mineral seperti fosfor dan kalsium. Selain itu juga penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, membuat sistem sinyal dalam tubuh lebih lancar, meningkatkan sistem kekebalan, menjaga fungsi otot tubuh dan melawan virus.

Mengingat fungsi vitamin D tersebut maka tubuh kita juga membutuhkan vitamin D sebanyak 600 IU per hari untuk orang dewasa. Sedangkan untuk lanjut usia harus menyerap sekitar 800 IU per hari. Semua sumber ini sebaiknya dari bahan alami karena suplemen berpotensi membuat kelebihan vitamin D yang bisa berbahaya untuk tubuh.

Vitamin D dari Sinar Matahari Vs Makanan

Banyak orang berpikir bahwa vitamin D dari sinar matahari lebih baik daripada yang didapatkan dari makanan. Untuk masalah ini ternyata tidak benar karena vitamin D dari sinar matahari sangat penting dan vitamin D dari makanan akan melengkapi nutrisi lengkap untuk tubuh.

Jadi tetap disarankan untuk mendapatkan sinar matahari secara rutin. Caranya adalah membuat bagian tubuh terkena sinar matahari pagi secara langsung. Termasuk untuk bagian punggung dan wajah, jadi bukan hanya tangan dan kaki. Sementara itu vitamin D sebaiknya juga didapatkan dari makanan seperti susu kedelai, jus jeruk, sereal, susu, keju, daging sapi, hati, kuning telur, ikan salmon, ikan tuna dan jenis ikan yang mengandung banyak lemak.

Efek Kekurangan Vitamin D

  1. Akan sering sakit kepala.
  2. Tubuh terasa lelah meskipun tidak banyak beraktifitas.
  3. Nyeri pada bagian tulang dan punggung.
  4. Nyeri dan kram otot.
  5. Rambut mengalami kerontokan.
  6. Penyakit osteopenia dan osteoporosis dimana tulang tidak padat sehingga mudah jatuh, patah dan retak.
  7. Kekurangan vitamin D jangka panjang bisa menyebabkan risiko penyakit kanker, gangguan imunitas dan diabetes tipe 2.

Nah itulah berbagai informasi mengenai vitamin D penting untuk tubuh. Untuk menjauhi semua dampaknya maka sekarang lebih baik mendapatkan vitamin D yang cukup, baik dari makanan atau sinar matahari.

You may also like