10 Ciri-ciri Kekurangan Vitamin D, Wajib Anda Ketahui

Vitamin D merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh anda. Kekurangan vitamin D akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan mulai dari penyakit tulang, metabolism, kanker, penyakit jantung, infeksi, sampai pada kematian. Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa mereka sedang mengalami kekurangan vitamin D, dan baru diketahui indikasi itu setelah terserang penyakit termasuk darah tinggi.

Nah, untuk mengetahui ciri-ciri kekurangan vitamin D dan anda segera bisa menanganinya, artikel berikut akan membahas 10 ciri-ciri kekurangan vitamin D, wajib anda ketahui. Dengan demikian anda tidak akan terlambat dalam menangani kekurangan vitamin D ini dan cara menjaga kesehatan tulang . Berikut ciri-cirinya.

  1. Kulit Gelap

Sinar matahari merupakan asupan penting bagi vitamin D untuk tubuh anda. Orang yang berkulit gelap cenderung memiliki perlindungan alami dari sinar matahari. Oleh karenanya mereka akan lama dalam menghasilkan vitamin D dari pada orang berkulit cerah.

  1. Kepala Berkeringat

Ciri-ciri kekurangan vitamin D yang paling terlihat adalah kepala berkeringat. Ini petanda bahwa sehat, namun kepala berkeringat merupaka gejala rakhitis, yang merupakan gejala menonjol dan berbahaya yang terjadi biasanya pada anak-anak.

  1. Depresi

Vitamin D sangat penting untuk untuk sebagai zat yang menghasilkan hormon serotonin. Hormon ini sangat penting dalam membentuk suasana hati termasuk depresi. Mereka yang kekurangan vitamin akan mengalami depresi yang tinggi.

  1. Lelah Otot

Sebagian orang tidak mengetahui bahwa lelah otot adalah akibat dari kekurangan vitamin D. Jika anda mengalami lelah pada otot anda dan osteoporosis, dapat dipastikan anda kekurangan vitamin D. disarankan agar mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D untuk mencukupi kebutuhan vitamin dalam tubuh anda.

  1. Kelelahan

Dalam tubuh, citamin D diproses menjadi energi. Apabila anda sering lelah, dipastikan anda kekurangan vitamin D. Untuk lebih tepatnya lagi silahkan konsultasikan ke dokter dan mengecek kadar vitamin D dalam tubuh anda.

  1. Sering Mengalami Infeksi

Jika anda keseringan mengalami infeksi, ada baiknya anda segera memeriksakan kadar vitamin D dalam tubuh anda. T-sel merupakan bagian penting dalam sistem kekebalan tubuh manusia. Bagian itu merupakan bagian yang diaktifkan oleh vitamin D sehingga bisa juga menyebabkan penyakit jantung.

  1. Kelebihan Berat Badan

Vitamin D merupakan vitamin yang serupa dengan hormon dan akan larut dalam lemak. Jika anda mengalami berat badan, maka anda sangat membutuhkan asupan vitamin D untuk melarutkan lemak dan menetralisir kolesterol.

  1. Masalah pada Usus

Jika anda mengalami masalah pada pencernaan khususnya pada usus, maka dipastikan anda kekurangan vitamin D. Hal ini dikarenakan vitamin D berfungsiuntuk melakukan penyerapan terhadap lemak. Jadi jika anda ingin kembali proses pencernaan anda normal maka segera tingkatkan asupan vitamin D anda.

  1. Masalah Pernafasan

Jika anda kekurangan vitamin D maka anda akan mengalami flu. Hal ini dikarenakan sistem kekebalan tubuh menurun saat kekurangan vitamin D. dampaknya nanti bisa sampai pada masalah pernafasan.

  1. Nyeri Kronis

Nyeri tulang dan nyeri kronis merupakan ciri-ciri kekurangan vitamin D yang selanjutnya. Ketika anda mengalami hal ini, jangan menganggap enteng hal ini. segera periksakan kadar vitamin D anda agar penyakit yang anda alami segera terdeteksi. Dengan mengetahui ciri-ciri inilah anda dapat mengatasi masalah kekurangan vitamin D. Karena jika tidak, penyakit anda semakin parah dan bahkan akan meningkatkan resiko kematian. Dan juga disarankan untuk mengetahui 12 makanan yang mengandung-vitamin d super tinggi. 

, , ,
Oleh :
Kategori : Vitamin