10 Fungsi Vitamin B7 untuk Kesehatan Tubuh

1101

Satu lagi dari vitamin B kompleks yang juga mempunyai peranan penting dalam kesehatan tubuh adalah vitamin B7. Vitamin B7 juga disebut dengan biotin. Sama dengan vitamin B2, vitamin B7 juga larut dalam air. Hal ini menjadi salah satu alasan vitamin B7 dibutuhkan secara rutin oleh tubuh. Setiap orang sebisa mungkin harus bisa memenuhi kebutuhan vitamin B7 ini, baik melalui asupan makanan yang mengandung vitamin B7 atau melalui suplemen B7.

Bagi Anda yang ingin memenuhi kebutuhan vitamin B7 melalui makanan, beberapa sumber  makanan kaya akan vitamin B7 antara lain gandum, kedelai, pisang, kental, bayam, brokoli, bunga kol, susu sapi, dan aneka macam buah-buahan. Orang yang mengalami kekurangan biotin ini akan menunjukkan gejala antara lain kulit kering, kulit kusam, rambut rontok, mata kelelahan, hingga dapat mengarah ke gejala depresi. Hal ini karena biotin mempunyai fungsi penting dalam tubuh. Beberapa fungsi vitamin B7 atau biotin antara lain:

1. Menjaga kesehatan kulit, rambut, kuku

Anda patut waspada jika kulit, kuku, dan rambut Anda mengalami permasalahan seperti rambut rontok, kuku rapuh, atau kulit kusam. Bisa jadi itu merupakan tanda Anda sedang kekurangan asupan vitamin B7. Vitamin B7 berperan penting dalam kesehatan kulit. Bahkan gangguan pada kulit seperti eksim atopik dapat merupakan akibat dari kekurangan biotin dalam tubuh. Biotin berperan penting dalam proses sintesis asam lemak untuk kesehatan kulit.

2. Mencegah cacat bawaan lahir

Bagi ibu hamil, peran biotin ini cukuplah penting. Beberapa penelitian menunjukkan biotin mempunyai andil dalam pencegahan terjadinya cacat bawaan lahir. Pada masa kehamilan, merupakan suatu hal yang wajar jika ibu hamil mengalami kekurangan biotin. Akan tetapi sebaiknya ibu hamil tetap memperhatikan asupan makanan bergizi yang dikonsumsi.

3. Menurunkan risiko terkena penyakit kanker

Sama halnya dengan fungsi riboflavin (vitamin B2), fungsi vitamin B7 atau biotin ini juga berkaitan dengan penyakit kanker. Tentu saja asupan vitamin B7 bukanlah faktor utama dari meningkatnya risiko kanker seseorang. Berbagai makanan yang tidak sehat serta pola hidup yang tidak sehat akan lebih berpengaruh dalam peningkatan risiko kanker ini. Vitamin B7 lebih berpengaruh pada proses metabolisme yang terjadi di dalam tubuh.

4. Menstabilkan gula darah

Bagi penderita diabetes, disarankan untuk mencukupi kebutuhan vitamin B7 dalam tubuh. Vitamin B7 akan berperan dalam mempertahankan tingkat gula darah dalam tubuh tetap stabil. Bagi mereka yang tidak menderita stabil, fungsi vitamin B7 ini juga akan tetap berlaku. Sehingga nantinya akan menghindarkan risiko terkena penyakit diabetes.

5. Menghindarkan permasalahan penyakit jantung

Vitamin B7 juga mempunyai peran penting dalam menjaga kesehatan jantung. Jantung yang sehat akan bekerja dengan baik, dan akan berpengaruh juga terhadap kinerja organ yang lain. Vitamin B7 ini akan membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah. Dengan begitu, berbagai permasalahan jantung seperti serangan jantung mendadak atau ketidaknormalan denyut jantung dapat terhindarkan.

6. Mengontrol berat badan

Fungsi vitamin B7 selanjutnya berhubungan dengan berat badan seseorang. Biotin inilah yang berperan dalam proses pemecahan lemak sehingga tidak ada penimbunan lemak di dalam tubuh. Orang yang mengalami kekurangan vitamin B7 akan mempunyai risiko besar memunculkan gejala obesitas. Karena alasan inilah, orang yang mempunyai permasalahan kelebihan berat badan juga dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan vitamin B7 dalam tubuh.

7. Mengendalikan sistem metabolisme dalam tubuh

Metabolisme dalam tubuh juga dipengaruhi oleh vitamin B7, seperti proses sintesis karbohidrat, lemak, dan protein. Dalam proses ini, vitamin B7 berperan sebagai katalis sehingga proses metabolisme dapat berjalan lancar. Ketika proses metabolisme dalam tubuh berjalan lancar, maka fungsi organ lain juga akan berjalan lancar pula. Akibatnya, tubuh akan terhindar dari berbagai masalah kesehatan.

8. Perbaikan dan pemeliharaan jaringan otot

Jaringan otot dalam tubuh rentan terhadap terjadinya kerusakan. Untuk kondisi inilah fungsi vitamin B7 diperlukan. Vitamin B7 akan berperan dalam memastikan jaringan otot tetap dalam kondisi baik. Ketika semua jaringan otot berfungsi normal, maka kesehatan dan kebugaran tubuh pun akan terjaga.

9. Menurunkan kolesterol

Bagi Anda yang mempunyai masalah dengan kadar kolesterol yang tinggi, cobalah untuk mulai konsumsi makanan yang mengandung vitamin B7. Seperti yang kita ketahui, kadar kolesterol tinggi dalam darah akan membuat tubuh rentan terhadap berbagai macam penyakit. Vitamin B7 atau biotin akan bekerja sebagai penghambat terjadinya penyerapan lemak yang berlebih. Hal ini akan menghindarkan tubuh kita terserang beragam penyakit kardiovaskular.

10. Menghindarkan berbagai penyakit berbahaya

Fungsi vitamin B7 lainnya untuk kesehatan tubuh adalah menjaga agar tubuh terhindar dari beragam penyakit yang berbaya. Vitamin B7 berkhasiat menurunkan risiko munculnya gejala parkinson, penyakit crohn, alopecia, sindrom Rett, kandidiasis organ intim wanita, dan juga neuropati perifer.

Itulah beberapa fungsi vitamin B7 untuk kesehatan tubuh. Semoga sedikit informasi mengenai fungsi vitamin B7 ini dapat bermanfaat dan memacu kita untuk lebih memperhatikan asupan gizi dari setiap makanan yang dikonsumsi.