Home Gizi & NutrisiMineral 10 Akibat Kekurangan Selenium, No. 9 Wajib Anda Waspadai

10 Akibat Kekurangan Selenium, No. 9 Wajib Anda Waspadai

by Nur Wachid, S.Pd

Selenium merupakan mineral yang terdapat di dalam tanah dan juga bisa anda temukan dalam air serta sejumlah makanan. Tubuh anda memerlukan selenium ini untuk memperlancar fungsi metabolisme agar dapat berjalan dengan lancar. Terutama fungsi yang utama terdapat dalam kelenjar tiroid. Asupan selenium ini dapat anda dapatkan dari berbagai makanan yang kaya dengan kandungan selenium. Alasan utama yang paling kuat kenapa anda wajib untuk mengonsumsi makanan yang mengandung selenium karena tubuh anda tidak mampu untuk memproduksi jenis mineral yang satu ini. Sehingga anda harus mendapatkannya dari mengonsumsi makanan  yang mengandung selenium.

Perlu anda ketahui ketika tubuh anda kekurangan selenium ini akan berakibat fatal. Bahkan rentan terkena penyakit mematikan jika anda tidak memenuhi asupan selenium ini. Artikel berikut akan membahas tentang 10 akibat kekurangan selenium, no 9 wajib anda waspadai. Untuk lebih jelasnya mari simak ulasan artikel berikut.

  1. Kerusakan Jantung

Akibat dari kekurangan selenium yang pertama adalah kerusakan jantung, ketahui juga ciri-ciri jantung koroner. Hal ini dikarenakan ketika tubuh anda kekurangan selenium maka dampak utama yang terserang adalah sistem kardioavaskular dan akhirnya akan menuju pada jantung anda. Dengan hal ini berbagai penyakit jantung akan bermunculan.

  1. Resiko Stroke

Akibat kekurangan selenium selanjutnya adalah resiko stroke. Bahaya stroke akan anda rasakan ketika anda tidak memenuhi asupan selenium yang dibutuhkan oleh tubuh anda. Hal ini bisa terjadi ketika anda mengalami kekurangan selenium maka pembuluh darah akan mengalami masalah dan akhirnya akan sampai pada jantung anda. Dengan demikian resiko stroke akan semakin tinggi untuk anda alami.

  1. Kematian Jaringan serta Gagal Organ

Akibat kekurangan selenium selanjutnya adalah kematian jaringan dan gagal organ. Hal ini dapat terjadi karena ketika anda mengalami kekurangan selenium maka jantung dan stroke akan anda alami. Sehingga organ lain juga akan mengalami gangguan seperti hati, serta jaringan lainnya yang penting untuk tubuh anda. Resiko rusaknya jaringan dan gagal organ ini akan menimbulkan kompolikasi dan akhirnya berdampak pada kematian. Dalam beberapa kasus orang yang mengalami akibat ini memiliki angka harapan hidup yang lebih kecil.

  1. Gangguan Reproduksi

Akibat kekurangan selenium selanjutnya adalah terganggunga sistem reproduksi anda. Hal ini akan berlaku pada wanita dan gejala dapat diketahui pada siklus menstruasi yang akan tidak teratur ketika mengalami kekurangan selenium. Jika anda mengalaminya segera periksa kadar selenium anda. Karena jika tidak, hal ini akan merambat pada kerusakan sistem reproduksi anda. Anda juga disarankan untuk mengetahui penyebab telat datang bulan.

  1. Gejala Lupus

Akibat kekurangan selenium selanjutnya adalah gejala lupus. Gejala lupus ini sangat berbahaya dan dalam beberapa kasus yang terlambat dalam menanganinya akan mengakibatkan resiko kematian. Oleh karena itu, sebelum terlambat segera penuhi asupan selenium dalam tubuh anda.

  1. Kanker

Akibat kekurangan selenium selanjutnya adalah resiko terkena penyakit kanker. Sel kanker akan berkembang dan meyebar ke seluruh tubuh ketika anda mengalami kekurangan selenium ini. Sel kanker yang bersifat kasinogenik akan berkembang dan memicu kanker berkembang ke seluruh tubuh anda hingga stadium tertinggi.

  1. Gangguan Seksual

Akibat kekurangan selenium selanjutnya adalah adanya gangguan seksual yang anda alami. Karena dalam ilmu medis, kesehatan seksual ditentukan oleh kadar selenium itu sendiri. Oleh karena itu anda disarankana untuk segera memeriksannya ke spesialis urologi.

  1. Resiko Katarak

Akibat kekurangan selenium selanjutnya adalah resiko katarak. Selain dari kekurangan vitamin A ternyata katarak juga bisa disebabkan ketika seseorang kekurangan selenium. Jika anda terlambat dalam menanganinya anda harus menerima resiko yang lebih buruk lagi yaitu kebutaan.

  1. Menurunnya Fungsi Otak

Akibat kekurangan selenium selanjutnya adalah menurunnya fungsi otak. Kesehatan sistem saraf otak  ternyata sangat ditentukan oleh asupan mineral selenium dalam tubuh anda. Ketika selenium menurun itu berarti kesehatan sistem fungsi otak akan menurun dengan drastis pula. Agar tidak terjadi lebih parah, anda disarankan untuk segera memenuhi asupan selenium dalam tubuh anda.

  1. Mudah Depresi

Akibat kekurangan selenium yang terakhir adalah mudah depresi. Hal ini dapat terjadi karena selenium berkaitan erat dengan sistem saraf pada otak manusia. Sehingga akan menyebabkan kecemasan yang berlebihan, rasa was-was, suasana hati yang tidak karuan dan bahkan depresi. Bahkan tidak jarang dalam beberapa kasus orang yang sering depresi akan terkena stres yang teramat tinggi. Sehingga kondisi akan meningkatkan resiko berbagai penyakit mematikan akan berdatangan. Seperti tekanan darah tinggi, gangguan jantung bahkan komplikasi.

You may also like