10 Fungsi Mineral Makro untuk Kesehatan Anda

1380

Mineral makro merupakan mineral yang dibutuhkan untuk tubuh dapat bekerja dengan baik. Yang termasuk dalam amkro elemen adalah kalsium, magnesium, kalium, fosfor, dan juga klor serta belerang. Unsur-unsur tersebut sangat bergunan untuk tubuh. Anda dapat memperolehnya dari makanan seperti buah-buahan dan sayuran. Oleh karena itu, anda disarankan untuk mencukupi konsumsi makanan yang mengandung mineral makro karena kandungan mineral di dalamnya sangat berfungsi penting untuk tubuh anda. selain itu anda disarankan juga untuk mengetahui tentang cara menjaga kesehatan tulang.

Artikel ini akan membahas tentang fungsi mineral makro untuk kesehatan anda. dengan demikian anda akan mempertimbangkan ketikan mengonsumsi makanan, diutamakan yang mengandung mineral makro. Perlu anda ketahui bahwa mineral terdiri dari dua bentuk yaitu mineral mikro dan mineral makro. Namun demikian dalam pembahasan kali ini akan membahas tentang mineral makro. Namun sebelumnya anda disarankan untuk mengetahui tentang proses pembekuan darah. Berikut adalah ulasan dari fungsi mineral makro.

  1. Memelihara Keseimbangan PH dan Asam

Fungsi mineral makro yang pertama adalah untuk memelihara keseimbangan PH dan asam. Hal ini akan memungkinkan anda untuk dapat beraktivitas dengan baik. PH dan asam yang stabil akan mengindarkan anda dari serangan penyakit hipertensi dan penyakit berbahaya lainnya. Makanan yang mengandung mineral makro ini adalah garam dapur, unggas, ikan, telur. Oleh karena itu anda disarankan untuk mengetahui tentang bahaya kekurangan kalsium bagi tubuh.

  1. Memelihara Keseimbangan Air dalam Sel Tubuh

Fungsi mineral makro selanjutnya adalah untuk memlihara keseimbangan air dalam sel tubuh. Kondisi akan membuat seluruh sel dalam tubuh anda dapat bekerja dengan baik. Selain itu, hal ini akan menghindarkan tubuh anda dari berbagai serangan penyakit seperti kelemagan otot, denyut jantung tidak teratur. Makanan yang mengandung mineral makro adalah daging, unggas, serelia, buah-buahan, dan sayuran. Oleh karena itu anda disarankan untuk mengetahui tentang mineral makro ini dalam tubuh anda. selain itu anda juga disarankan untuk mengetahui tentang akibat kekurangan besi dan magnesium dalam tubuh.

  1. Memelihara Keseimbangan Tubuh dan Nilai Osmotik

Fungsi mineral makro selanjutnya adalah untuk memelihara keseimbangan tubuh dan nilai osmotik. Peran itu dapat dimainkan jika anda sering mengonsumsi makanan yang mengandung mineral makro seperti dagung, buah, unggas, dan serelia. Kondisi ini juga akan menghindarkan anda dari kelemahan otot, dan gangguan pernapasan, serta serangan jantung. Selain itu anda juga disarankan untuk mengetahui tentang gejala anemia.

  1. Mengatur Permeabilitas Sel

Fungsi mineral makro selanjutnya adalah untuk mengatur permeabilitas sel. Kondisi ini akan menghindarkan anda terhindar dari segala penyakit seperti gangguan pada jantung dan ginjal, kejang otot, kelelahan. Sel yang sudah diatur oleh mineral makro ini akan dapat berkembang dengan baik dan menjaga kesehatan anda. Anda disarankan untuk mengetahui tentang mineral makro dalam tubuh anda. selain itu, anda disarankan untuk mengetahui tentang akibat kekurangan garam.

  1. Memelihara Denyut Jantung

Fungsi mineral makro selanjutnya adalah untuk memelihara denyut jantung. Denyut jantung yang normal akan menghindarkan anda dari segala gangguan penyakit jantung. Kesehatan jantung akan tetap terjaga karena sebenarnya denyut jantung yang cepat adalah reaksi dari jantung yang bekerja dengan berlebihan. Oleh karena itu anda disarankan untuk mencukupi asupan mineral makro dalam makanan yang anda konsumsi. Selain itu, anda juga disarankan untuk mengetahui tentang Gangguan akibat kekurangan yodium (GAKY).

  1. Membantu Kontraksi Otot dan Pertumbuhan

Fungsi mineral makro selanjutnya adalah untuk membantu kontraksi otot dan pertumbuhan. Mineral makro akan bagus untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Oleh karena itu disarankan terutama pada anak anda, untuk memenuhi asupan mineral makro dalam makanan yang dikonsumsi oleh anak anda. makanan yang mengandung mineral makro ini biasanya mengandung kalium seperti daging, unggas, sayuran, dan buah-buahan.

  1. Berperan dalam Proses Pembekuan Darah

Fungsi mineral makro selanjutnya adalah untuk berperan dalam proses pembekuan darah. Kondisi ini akan membuat darah anda semakin sehat dan menghindarkan anda dari serangan penyakit yang menyerang darah seperti kanker darah. Kandungan dari mineral makro yang berfungsi seperti ini adalah zat kapur.

  1. Mengatur Aktivitas Hormonal

Fungsi mineral makro selanjutnya adalah untuk mengatur aktivitas hormonal. Kondisi ini akan menjaga tingkat kesuburan anda. selain itu juga pada pria akan memperbaiki kualitas sperma. Fungsi yang dijalankan oleh mineral makro adalah fosfor. Makanan yang mengandung zat ini adalah susu, telur kuning, dan lain-lainnya.

  1. Berperan dalam Sintesis Protein

Fungsi mineral makro selanjutnya adalah berperan dalam sintesis protein. Kondisi akan membuat seluruh organ dalam tubuh anda dapat bekerja dengan baik. Zat yang akan menjalankan fungsi ini adalah magnesium. Makanan yang mengandung zat ini adalah kacang polong, biji-bijian, dan padi.

  1. Meningkatkan Kinerja Enzim

Fungsi mineral makro selanjutnya adalah untuk meningkatkan kinerja enzim. Kondisi ini akan menghindarkan anda dari serangan berbagai penyakit. Zat yang memainkan fungsi ini adalah belerang. Makanan yang mengandung zat ini adalah buah-buahan, sayuran, tanaman polong, dan lain-lain.