Hati-hati ! Hindari 5 Kebiasaan Buruk ini Setelah Makan

383

Hati-hati ! Hindari 5 Kebiasaan ini setelah makan karena kebiasanaan ini dapat membawa dampak yang buruk bagi kesehatan mu. Ketahuilah makan merupakan kebutuhan setiap orang. Bahkan ketika seorang tidak makan dapat mengalami kelelahan yang berlebihan dan dapat membuat mereka menjadi busung lapar. Tidak hanya itu bagi mereka yang kurang asupan makanan pun dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti penyakit berikut ini :

Oleh karena itu setiap orang perlu mengonsumsi makanan setiap harinya agar kebutuhan yang diperlukan dalam tubuh dapat terpenuhi dengan cukup. Mengonsumsi makanan yang bergizi seperti makanan – makanan yang mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, zinc, kalsium, karbohidrat, kalori dan beberapa nutrisi lainnya akan bermanfaat untuk memberikan kesehatan pada tubuh.

Namun taukah kamu, terdapat kebiasaan kebiasaan yang sering dilakukan oleh orang Indonesia, bahkan bukan orang Indonesia saja, hampir diseluruh dunia tentu pernah melakukan hal ini. Kebiasaan ini ternyata dapat membahayakan tubuh mu. Kebiasaan – kebiasaan apakah itu ? mari sahabat halosehat.com kita simak 5 kebiasaan setelah makan yang berbahaya untuk tubuh mu.

1. Berbaring atau tidur

Makan merupakan pemberian asupan pada tubuh yang melalui lambung, dengan mengonsumsi makanan ini dapat membuat tubuh menjadi segar dan terasa sehat. Tidak hanya itu olahraga pun dapat membuat tubuh menjadi tampak sehat dan segar. Namun ketahulah bahwa berbaring saat tidur apalagi saat kondisi perut mu sedang kenyang dapat memberikan dampak berbahaya bagi kesehatan.

Berbaring saat setelah makan merupakan salah satu penyebab asam lambung naik yang sering terjadi. Oleh karena itu hindari berbaring sesaat setelah makan. Jika memang ingin tidur usahakan beri jeda 1 – 2 jam dari waktu kamu makan.

2. Mengonsumsi Teh

Sudah menjadi kebiasaan mengonsumsi teh saat makan. Bahkan di warung-warung kini menjadikan teh minuman sajian untuk sandingan makanan. Ternyata minum teh setelah makan ini berbahaya loh untuk kesehatan mu. Mengapa demikian ? berikut penjelasan lengkapnya :

  • Teh mengandung kafein
  • Teh mengandung tanik
  • Teh mengandung albumin
  • Teh mengandung polifenol

Akibat dari kandungan teh tersebut menyebabkan daya serap sel darah terhadap zat besi dalam tubuh mengalami pengurangan sebanyak 64% sehingga sel darah tidak mendapatkan zat besi dengan cukup. Tidak hanya setelah makan, dilansir dari beberapa penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi teh 1 jam baik setelah atau sebelum makan dapat mengurangi kemampuan sel darah dalam menyerap zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh.

3. Melakukan aktivitas fisik

Aktivitas fisik yang dimaksud dalam artikel ini adalah aktivitas fisik seperti berjalan dan berlari secara berlebihan. Hal ini tidak boleh dilakukan setelah kamu makan. Pada dasarnya, seusai makan, berikan jeda waktu untuk makanan tersebut meresap kedalam tubuh, dalam bahasa jawa sering diungkapkan “ben segane medun sik” maksudnya biar nasinya turun dulu.

Ajaran ini benar adanya, biarkan nasi tersebut dicerna terlebih dahulu oleh lambung agar pencernaan dapat berfungsi dengan baik. Melakukan aktivitas fisik berlebihan seusai makan dapat menyebabkan keluarnya asam lambung sehingga mengenai kerongkongan. Hal ini menyebabkan kerongkongan akan terasan panas.

4. Makan Buah

Mengonsumsi buah setelah makan sering dilakukan, alih-alih sebagai cuci mulut, pada dasarnya ini merupakan kebiasaan yang salah. Makan buah yang benar adalah mengonsumsinya 1 jam sebelum makan, bukan malah sesudah makan. Mengonsumsi buah setelah makan dapat menyebabkan perut menjadi mulas. Baca : buah untuk kecantikan

5. Mandi

Kesalahan lain yang sudah menjadi kebiasaan adalah mandi setelah makan. Sebenarnya lebih baik makan setelah mandi ketimbang mandi setelah makan. Mengapa demikian ? berikut penjelasan lengkapnya :

  • Saat pencernaan memproses makanan pencernaan membutuhkan darah yang banyak
  • Saat mandi suhu tubuh meningkat sehingga seluruh tubuh membutuhkan darah yang mengalir keseluruh tubuh

Kesalahan mandi setelah makan ini adalah karena saat makan pencernaan membutuhkan darah yang banyak pada proses pencernaan sedangkan mandi membuat darah tersebut menyebar keseluruh tubuh sehingga menyebabkan darah tidak terfokus pada bagian pencernaan. Hal demikian ini akan membuat permasalahan dalam pencernaan, bahkan dapat mengaggu metabolisme pada tubuh.

Itulah 5 kebiasaan setelah makan yang harus dihindari. Makan memang dibutuhkan oleh tubuh dan bahkan untuk menjaga tubuh. Namun keselahan dalam kebiasaan-kebiasaan ini justru membawa dampak yang berbahaya untuk tubuh. Setelah mengetahui ini diharapkan pembaca dapat lebih bijak dalam menanggapi kebiasaan kebiasaan tersebut. Jangan diulangi lagi ya kebiasaan buruknya. Salam indonesia sehat !