Home Featured Sebabkan Gadis 7 Tahun Pubertas Dini, Kenali Bahaya Tidur dengan Lampu Terang

Sebabkan Gadis 7 Tahun Pubertas Dini, Kenali Bahaya Tidur dengan Lampu Terang

by Erlita

Walau tidur dengan lampu redup atau lampu mati itu lebih menyehatkan dan bermanfaat, pada umumnya tetap cukup banyak orang yang memiliki kebiasaan tidur dengan lampu menyala terang. Seperti seorang anak berusia 7 tahun asal Ningbo, Zhejiang yang sering tidur dengan lampu terang, cukup mengejutkan karena akibatnya ia malah mengalami pubertas dini.

Kebiasaan tidur dengan lampu menyala apalagi menyala terang tampaknya memang bukanlah masalah besar. Namun nyatanya menurut lansiran dari TVBS, gadis yang bernama Tong Tong ini malah dalam setahun dapat tumbuh 10 cm hanya dalam waktu 1 tahun lho. Tentu saja pertumbuhan ini dianggap terlalu cepat dan ekstrem yang awalnya membuat sang ibu senang.

Tumbuh 10 cm dalam setahun membuat sang ibu berpikir bahwa puterinya akan tumbuh menjadi seorang wanita dewasa yang punya badan tinggi. Namun ketika memandikannya, justru yang ia temukan adalah pertumbuhan payudara pada anaknya tersebut dengan benjolan yang membuatnya khawatir dan segera memeriksakan ke dokter.

Menurut dokter, tulang-tulang gadis kecil ini seperti 3 tahun lebih tua walau percepatan pertumbuhannya terjadi mendadak. Tingginya saat itu 120 cm dan tengah mengalami pubertas dini dengan peningkatan folikel ovarium yang juga terjadi secara signifikan. Saat ditanya mengenai kebiasaan tidur anak ini, rupanya Tong Tong memang terbiasa tidur dengan lampu menyala 3 tahun terakhir sehingga cahaya lampulah yang menekan sekresi melatoninnya dan berakibat pada pubertas dini.

Karena melatonin yang menurun itulah, proses pematangan seksual Tong Tong jadi lebih cepat dan pubertas dini pun dialami olehnya. Selain masalah tertekannya melatonin dan memicu pertumbuhan cepat dan ekstrem pada anak, ada beberapa bahaya tidur dengan lampu terang lainnya yang harus diwaspadaI:

  1. Insomnia

Nyala lampu terang yang menemani waktu tidur mampu menjadi peningkat risiko insomnia alias keadaan susah tidur di malam hari. Ketika seseorang mengalami sulit tidur dan hal ini terjadi berkepanjangan, ini akan berakibat pada kualitas tidur yang semakin buruk dan justru memicu penyakit-penyakit serius.

  1. Diabetes Tipe 2

Paparan cahaya saat tidur di malam hari rupanya juga berhubungan erat dengan risiko diabetes tipe 2 di mana menurut penelitian, penderita dengan risiko diabetes akan mudah mengalami kenaikan kadar gula darah sampai 51 persen karena paparan cahaya. Kadar glukosa dapat menjadi kacau pula gara-gara gangguan melatonin lho.

  1. Obesitas

Para wanita perlu waspada karena memiliki kebiasaan tidur dengan lampu menyala terang mampu meningkatkan ukuran pinggang dan indeks massa tubuh menurut penelitian dari Universitas Oxford, Inggris. Pola makan dapat terganggu karena produksi hormon melatonin yang turun oleh paparan cahaya dikutip dari sebuah studi hasil terbitan American Journal of Epidemiology.

  1. Kanker

Risiko kanker cukup besar dan bakal makin besar ketika kita terbiasa tidur dengan lampu terang maupun saat barang elektronik dibiarkan menyala juga. Risiko kanker payudara jauh lebih tinggi dialami oleh para wanita akibat paparan cahaya lampu yang membuat hormon melatonin terus berkurang padahal jika hormon ini dijaga kadarnya justru mampu menjadi pembasmi sel kanker.

  1. Gangguan Kesuburan Wanita

Para wanita juga wajib waspada terhadap risiko gangguan kesuburan karena gangguan paparan cahaya adalah salah satu faktor yang memberi pengaruh buruk. Tak hanya paparan cahaya terang pada waktu tidur, para pekerja wanita dengan shift malam rupanya juga punya risiko ini lho.

  1. Depresi

Menggunakan lampu menyala atau terang pada waktu tidur justru bukannya merilekskan tubuh dan pikiran, tapi justru malah menaikkan risiko gangguan tidur dan juga depresi. Menurut hasil penelitian Molecular Psychiatry, perubahan psikologis dapat terjadi pada hamster walau hanya terpapar lampu malam.

  1. Gangguan Metabolisme

Tidur dengan lampu terang menyala juga bisa mengganggu sistem metabolisme tubuh di mana hal ini pun turut berdampak buruk bagi asupan kebutuhan nutrisi, mineral dan vitamin. Saat metabolisme terganggu, berbagai tanda kesehatan seperti tubuh cepat lelah, terasa lemas, konsentrasi menurun, hingga daya tahan tubuh yang melemah bisa bikin tubuh rentan kena penyakit.

  1. Mata Pegal

Lampu terang menemani tidur pun bisa mengganggu kesehatan mata dan menjadikannya mudah pegal serta tak nyaman. Apabila sudah akan tidur dan memejamkan mata, pastikan untuk mulai mematikan lampu kamar supaya tidak mengalami gangguan mata seperti mata merah dan mata gatal.

Agar tidak mengalami bahaya tidur dengan lampu terang seperti halnya Tong Tong yang mengalami pubertas dini, pastikan untuk mengatur tingkat cahaya kamar serendah mungkin atau mematikan lampu saat akan tidur. Biarkan fisik dan mental merasa rileks dan hormon melatonin bekerja dengan baik.

You may also like