Waspadai 5 Bahaya Penyakit Wasir Paling Fatal

Pernahkah Anda mendengar tentang penyakit wasir? Atau ada pula yang menyebutnya dengan penyakit ambeien. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang menyerang gangguan pencernaan. Jenis penyakit ini berupa pembengkakan dan perdarahan pada bagian anus. Penderita wasir atau ambeien biasanya akan merasakan kesakitan jika mereka duduk. Hal ini karena biasanya akan muncul benjolan di dalam maupun di luar anus. Besarnya benjolan ini pun bermacam-macam, ada yang besarnya hampir sebesar bola bekel. Benjolan ini sebenarnya merupakan penumpukan darah pada pembuluh darah di sekitar rektum dan dubur. Wasir akan semakin parah jika penderitanya sering mengejan saat buang air besar. Dan inilah yang menjadi salah satu penyebab bab berdarah.

Wasir sendiri terbagi menjadi 2 yaitu wasir dalam dan wasir luar. Wasir dalam adalah wasir yang terjadi di dalam rektum. Penderita yang mengalami wasir dalam tidak akan terlalu merasakan sakit atau ketidaknyamanan. Bahkan terkadang penderitanya tidak menyadari kalau ia sedang terkena wasir. Tandanya adalah munculnya darah saat buang air besar. Wasir luar adalah wasir yang benjolannya sudah muncul di sekitar anus. Penderita dapat menyentuh wasir itu secara langsung. Jenis wasir ini dapat menimbulkan bahaya seperti komplikasi jika tidak segera ditangani. Untuk itulah sangat disarankan mengetahui tentang cara pencegahan wasir luar. Wasir bukanlah penyakit yang patut disepelekan. Ada berbagai bahaya mengerikan di balik terjadinya wasir. Berikut adalah beberapa bahaya penyakit wasir yang patut Anda waspadai:

1. Mengganggu Aktivitas Harian

Wasir, terutama wasir luar, akan sangat mengganggu aktivitas harian penderitanya. Aktivitas harian seperti duduk dan tidur tidak akan terasa nyaman dilakukan. Duduk adalah aktivitas wajib bagi setiap orang. Orang yang terus-terusan berdiri tentunya tidak akan nyaman. Berbagai aktivitas harian juga dilakukan sambil duduk. Bagi penderita wasir luar, aktivitas duduk pun terasa sangat menyiksa. Hal ini karena adanya benjolan di luar anus yang menyebabkan ia tidak akan nyaman ketika duduk. Tekanan dan himpitan dari pantat dan beban tubuh akan memicu rasa nyeri, bahkan jika dipaksakan dapat menyebabkan penderita wasir luar ini pingsan. Selain duduk, aktivitas tidur pun akan terganggu. Penderita bahkan akan merasakan nyeri yang amat sangat ketika waktu tidur malam. Dampak selanjutnya adalah penderita mengalami insomnia. Padahal ada beberapa dampak insomnia bagi kesehatan yang harus diwaspadai pula.

2. BAB Tidak Lancar

Bahaya penyakit wasir selanjutnya adalah proses buang air besar menjadi tidak lancar. Hal ini tentunya disebabkan oleh ganjalan di anus. Proses mengejan ketika buang air besar juga akan menimbulkan rasa sakit bagi penderitanya. Buang air besar penderita wasir tidak lancar juga disebabkan oleh kurangnya serat yang dikonsumsi. Gaya hidup yang kurang sehat menjadi salah satu penyebab penyakit wasir ini terjadi. Dan dampak lain dari kurangnya serat adalah sembelit. Salah satu cara mengatasi sembelit yang efektif adalah rajin mengkonsumsi makanan berserat dan cukupi asupan cairan dalam tubuh.

3. Infeksi

Benjolan di sekitar anus pada penyakit wasir luar sangat rentan dengan infeksi. Pendarahan merupakan hal yang tidak dapat dihindarkan pada kasus wasir. Seperti diketahui, anus merupakan tempatnya kotoran. Jika bagian ini terdapat luka tentunya akan sangat mudah terserang infeksi. Infeksi ini berasal dari virus pada feses dan akan memperparah kondisi wasir penderita. Untuk itu, cara menghilangkan wasir yang tepat sangat diperlukan akan tidak terjadi infeksi atau dampak lain yang lebih parah.

4. Pemicu Sel Kanker

Bahaya penyakit wasir yang patut diwaspadai selanjutnya adalah kemungkinan terjadinya kanker anus. Penyakit ini adalah salah satu bahaya jangka panjang penyakit wasir jika tidak ditangani dengan benar. Infeksi virus pada penyakit wasir dapat memicu pertumbuhan sel secara abnormal. Pertumbuhan ini jika dibiarkan akan memicu pertumbuhan sel kanker. Oleh karena itu, jika ditemui gejala wasir harus segera dilakukan tindakan. Jangan sampai penyakit wasir mengalami infeksi dan justru mengalami komplikasi lain.


5. Kematian

Anda patut waspada dengan bahaya penyakit wasir yang satu ini. Penyakit wasir bukanlah penyakit yang sepele, apalagi jika wasir tersebut sudah parah. Ketika wasir sudah parah, perdarahan akan sering terjadi. Jika hal ini dibiarkan saja maka penderita akan kehilangan sel darah merah (mengalami gejala anemia). Dampak selanjutnya daya tahan tubuh penderita yang tidak lagi kuat. Kemudian dibarengi dengan berbagai komplikasi penyakit akibat terjadinya infeksi, dapat menyebabkan terjadinya kematian. Hal ini sering terjadi pada mereka yang merasa penyakit wasir akan sembuh dengan sendirinya sehingga mereka tidak mendatangi dokter untuk menangani wasir tersebut.

Salah satu penyebab penyakit wasir adalah pola hidup yang kurang sehat. Jarang mengkonsumsi makanan berserat, sering makan makanan siap saji, kurang minum air putih, kurang olahraga, dan terlalu memaksakan saat buang air besar adalah penyebab umum terjadinya wasir. Oleh karena itu, mulailah perbaiki gaya hidup Anda. Mulailah mencermati makanan yang Anda makan. Perhatikan kandungan serat dalam makanan Anda. Mulailah lakukan terapi air putih dan lakukan olahraga dengan teratur. Bagi Anda yang sudah terkena wasir, dapat mengetahui tentang makanan untuk penderita wasir dalam berbagai jenis. Ada banyak cara untuk mengobati wasir selain operasi wasir. Salah satu cara yang dapat Anda pertimbangkan untuk mengobati wasir secara aman dan alami adalah dengan mengkonsumsi obat tradisional wasir. Itulah beberapa informasi mengenai bahaya penyakit wasir. Semoga dapat menambah informasi kesehatan Anda dan membuat kita semua mulai menerapkan gaya hidup sehat. Hidup sehat adalah awal dari badan yang sehat.

, ,
Post Date: Thursday 09th, November 2017 / 22:58 Oleh :
Kategori : Wasir