7 Gaya Hidup Buruk Ini Sebabkan Penyakit Degeneratif Terjadi lebih Cepat

83

Gaya hidup atau pola hidup yang dijalani seseorang akan sangat mempengaruhi kondisi kesehatannya, karena itu penting sekali untuk memperhatikan faktor tersebut. Sayangnya, semakin canggih peradaban, gaya hidup sehat mulai ditinggalkan dan hampir semua orang lebih menikmati gaya hidup yang tidak sehat. Padahal gaya hidup yang buruk dapat memicu penyakit degeneratif terjadi lebih cepat loh. Berikut ini gaya hidup buruk tersebut yang sebaiknya Anda hindari agar tubuh selalu sehat.

  1. Kecanduan Gadget

Tidak dapat dipungkiri, di zaman yang serba canggih ini gadget menjadi barang yang sangat penting dan selalu digunakan setiap hari. Bahkan beberapa pekerjaan pun bisa diselesaikan dengan bantuan gadget, karena itu manusia mulai merasa ketergantungan dengan gadget dan menggunakannya berlebihan. Padahal, jika menggunakan gadget terlalu lama, tubuh bisa kelelahan, akibat radiasi maupun terlalu lama duduk saat memakainya.

  1. Tidur Larut Malam

Kita membutuhkan istirahat yang cukup setiap harinya minimal 7-8 jam, jadi jika Anda sering tidur larut malam atau begadang sementara pagi hari sudah harus bangun maka keseimbangan hormon dalam tubuh akan terganggu. Akibatnya fungsi berbagai organ tubuh akan terganggu, termasuk menurunnya imunitas tubuh.

  1. Makan Malam dengan Porsi Besar

Pola makan yang baik adalah porsi makan yang besar pada pagi dan siang hari agar memberikan cukup energi untuk beraktivitas, namun porsi sedikit di malam hari karena tubuh akan segera beristirahat. Mengkonsumsi makan malam dengan porsi besar apalagi yang tinggi karbohidrat akan membuat tubuh sulit mencerna makanan hingga akhirnya terjadi penumpukan lemak yang memicu banyak penyakit.

  1. Kurang Minum

Tubuh kita membutuhkan air minimal 2 liter per hari atau setara dengan 8 gelas. Jika setiap harinya asupan cairan tidak terpenuhi, tubuh bisa mengalami dehidrasi bahkan dapat mengganggu fungsi organ tubuh yang penting seperti otak dan ginjal. Dalam waktu yang lama, kurang minum juga dapat memicu penyakit gagal ginjal karena ginjal harus bekerja keras akibat tubuh kekurangan cairan.

  1. Mengkonsumsi Lemak Berlebih

Lemak jahat yang terkandung dalam makanan dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti kolesterol, darah tinggi, penyakit jantung, stroke dan penyakit berbahaya lainnya. Jika ingin menghindarinya, mulailah ganti pola makan dengan makanan yang sehat, dan jauhi makanan instan atau cepat saji dan gorengan.

6. Banyak Makan Makanan Manis

Tidak masalah jika makanan manis yang dikonsumsi masih dalam batas wajar dan tidak terlalu sering. Namun jika sudah melebihi batas, makanan manis yang tinggi kandungan gula dapat menyebabkan penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan kadar gula dalam darah yang tinggi sehingga tubuh tidak mampu menetralisirnya.

7. Jarang Berolahraga

Jarang berolahraga atau melakukan aktivitas fisik merupakan gaya hidup buruk yang harus dihindari, karena saat tubuh kurang banyak bergerak aliran darah tidak dapat berjalan lancar. Selain itu, resiko penyakit jantung juga semakin besar dan hal ini dapat berakibat fatal terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Nah, gaya hidup buruk di atas mungkin sering kita lakukan baik itu secara sadar atau tidak. Agar tubuh tetap prima, biasakanlah untuk rutin berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat sehingga penyakit degeneratif dapat dicegah.