Ubah 5 Gaya Hidup Tidak Sehat Ini Sebelum Masuk Usia Tua

96

Pola hidup zaman sekarang memang terbilang lebih praktis, mengingat banyaknya aktivitas yang dilakukan setiap hari hingga membuat orang-orang lupa akan kesehatannya. Mulai dari makanan junkfood hingga kurang tidur, berbagai pola hidup tidak sehat dijalani dengan dalih ingin mencapai target hidup. Namun, jangan abaikan fakta bahwa pola hidup sehat dapat memperburuk kesehatan. Setidaknya, jika Anda sering menerapkannya, ubahlah 5 gaya hidup tidak sehat ini sebelum memasuki usia tua.

1. Kecanduan Gadget

Di zaman yang serba canggih ini, sangat mudah untuk memiliki gadget, apalagi banyak yang dijual dengan berbagai model dan harga. Bahkan anak kecil dan remaja sudah menjadi ketergantungan akan gadget dan sulit lepas dari kehidupannya. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan menggunakan gadget, namun jika dipakai berlebihan hingga tidak ingat waktu tentu dapat mengganggu kesehatan. Mulai dari efek radiasi pada mata, hingga tubuh yang kaku karena terlalu lama duduk saat menggunakan gadget, dapat membuat aliran darah kurang lancar.

2. Malas Berolahraga

Selagi masih muda, manfaatkanlah usia produktif tersebut dengan berbagai aktivitas fisik dan luangkan waktu untuk berolahraga minimal 30 menit setiap harinya. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, agar tetap sehat hingga di hari tua. Jika sejak muda sudah malas berolahraga, maka saat usia menginjak 40 tahun akan sangat rentan mengalami berbagai jenis penyakit. Nah, sebelum masa tua menghampiri, yuk mulai rutinkan berolahraga.

3. Suka Junkfood dan Makanan Manis

Anak muda juga lebih menyukai berbagai makanan manis dan cepat saji yang termasuk junkfood, padahal makanan tersebut tidak memberi manfaat apapun bagi tubuh selain rasa nikmat sementara di lidah. Makanan manis dapat membuat tubuh menjadi resistensi terhadap insulin, sementara junkfood dapat menimbulkan penumpukan racun dan lemak jahat dalam tubuh. Semuanya dapat memicu berbagai penyakit berbahaya, karena itu sebelum memasuki usia tua hindari makanan tersebut dan cobalah untuk rutin makan buah dan sayur.

4. Kurang Tidur

Tubuh manusia normalnya membutuhkan istirahat atau tidur di malam hari setidaknya 7-8 jam, agar tenaga dapat kembali pulih begitu juga fungsi berbagai organ tubuh. Jika sering begadang akibat nonton tv, main gadget atau bahkan lembur karena pekerjaan, tentu ini tidak baik untuk kesehatan, salah satunya menurunnya daya tahan tubuh yang berakibat mudahnya penyakit menyerang tubuh.

5. Merokok

Satu lagi kebiasaan buruk yang memang terbukti dapat merusak kesehatan adalah kebiasaan merokok. Rokok yang sangat mudah didapat membuat siapapun dapat menikmatinya, termasuk anak-anak dan remaja. Jika sejak muda saja sudah sering merokok, bagaimana kondisi tubuh setelah tua? Karena itu cobalah untuk berhenti merokok dan cari aktivitas positif agar kebiasaan tersebut bisa dihindari.

Gaya hidup tidak sehat di atas memang sebaiknya dihindari jika tidak ingin tubuh sakit. Sebelum memasuki usia tua, jalanilah pola hidup sehat dan aktivitas fisik yang akan membantu memelihara kesehatan. Sehingga tubuh tetap sehat dan bugar serta dapat beraktivitas normal setiap harinya.