3 Bahaya Olahraga Untuk Wanita Menstruasi dan Cara Mengatasinya

Menstruasi merupakan suatu hal yang terjadi secara alamiah pada perempuan. Pada umumnya setiap satu bulan sekali perempuan akan mendapatkan menstruasinya. Dan ketika menstruasi itu tiba, maka perubahan hormonal itu akan terjadi sehingga bisa menyebabkan perubahan mood, perubahan psikis serta perubahan emosi secara signifikan.

Ada beberapa perempuan pernah menyatakan bahwa ketika menstruasi lebih baik beristirahat dan tidak melakukan apa apa. Hal ini dikarenakan pada saat menstruasi akan terjadi nyeri yang hebat ketika peluruhan darah. Tetapi hal ini ternyata tidak sepenuhnya benar, karena pakar kesehatan menyatakan justru tidak ada bahaya olahraga untuk wanita menstruasi, sebaliknya olahraga akan membantu melancarkan menstruasi.

Menurut pakar tersebut, pada saat menstruasi akan lebih baik melakukan olahraga sedang dengan durasi sekitar 150 menit sehari. Dengan pergerakan aktif tersebut, maka keringat akan keluar dan hormone endorphin pun akan dikeluarkan oleh tubuh. Sehingga endorphin yang bersifat anti nyeri tersebut justru akan meredakan nyeri dan juga membuat psikologis dan mood menjadi lebih baik.

Beberapa olahraga yang disarankan untuk dilakukan pada saat menstrausi adalah olahraga ringan sampai sedang. Di antaranya adalah jogging, jalan kaki, senam, yoga, dan juga berenang. Olahraga tersebut masih dikategorikan aman untuk anda yang menstruasi, tetapi untuk olahraga yang lebih berat seperti bulutangkis, basket, sangat tidak disarankkan untuk dilakukan.

Meskipun menurut ahli kesehatan olahraga saat menstruasi tidak berbahaya. Tetapi kita perlu mewaspadai beberapa kondisi dan fakta yang bisa terjadi ketika menstruasi. Berikut ini merupakan 3 bahaya olahraga untuk wanita menstruasi.

  • Gejala Anemia

Anemia merupakan suatu kondisi kita kekurangan sel darah merah. Pada saat menstruasi, anemia kerap terjadi sehingga kita memerlukan asupan zat besi yang lebih banyak. Untuk itu sangat disarankan meminum obat anti-anemia pada saat menstruasi.

Saat berolahraga, tubuh memerlukan oksigen lebih banyak daripada aktivitas normal. Hal ini membuat sel darah merah akan bekerja lebih ekstra. Tetapi pada saat menstruasi, darah dalam Rahim akan diluruhkan sehingga jumlah sel darah merah dalam tubuh akan menjadi berkurang.

Efek dari anemia ini adalah kita akan merasakan 5L, lemah letih lesu lelah dan lalai. Dalam keadaan tersebut, anda tidak akan bisa berolahraga maksimal, terutama olahraga berat. Hal ini akan sangat berbahaya, misalkan pada saat basket dan anda sedang dalam posisi berlari. Seketika itu mata anda menjadi berkunang kunang lalu pingsan. Hal ini dikarenakan anemia memang salah satu penyebab pingsan pada saat menstruasi.

Kalau hanya pingsan saja mungkin efeknya tidak terlalu bahaya. Tetapi kalau setelah berlari dan pingsan kepala terbentuk lantai dengan keras, atau terbentur tiang ring bola basket, efeknya akan menjadi lebih berbahaya. Untuk itu sangat tidak disarankan melakukan olahraga terlalu berat saat menstruasi.

  • Nyeri Haid yang Dahsyat

Menstruasi terkadang ditandai dengan nyeri yang dahsyat. Apalagi bila ditambah dengan olahraga berat, terkadang rasa nyeri haid (dilepen) akan menjadi lebiih hebat dan memerlukan bantuan obat anti nyeri. Bagi yang tidak terbiasa, tentu nyeri ini akan berlanjut selama beberapa hari dan membuat rutinitas akan menjadi terganggu. Jika nyeri haid sudah muncul, sudah pasti beragam cara mengatasi nyeri haid akan kita lakukan.

  • Kram Otot

Sebagaimana poin pertama, bahaya olahraga untuk wanita menstruasi adalah bisa menyebabkan terjadi kram otot secara tiba tiba. Pada saat olahraga berat tentu pergerakan kita tidak akan seluwes saat tidak menstruasi. Misalkan pada saat lompat jauh, kita memaksakan untuk tetap ikut olahraga. Kemudian pada saat melompat ternyata kaki kita kram. Akibatnya kita jatuh tidak sempurna dan justru bisa menyebabkan patah kaki.

Demikian 3 bahaya olahraga pada saat menstruasi. Olahraga berat memang sangat tidak disarankan untuk dilakukan saat mens. Anda lebih baik memilih olahraga yang ringan seperti yoga atau senam. Bagi anda yang belum familiar gerakan yoga, anda bisa mencoba tips dan cara yoga untuk pemula agar mood anda menjadi lebih stabil saat menstruasi.

, , ,
Post Date: Friday 10th, November 2017 / 06:37 Oleh :
Kategori : Tips Olahraga