Home Featured Jaehyun dan Jaemin NCT Konsumsi Kopi Secara Ekstrem, Kenali Bahaya Kafein Bagi Tubuh

Jaehyun dan Jaemin NCT Konsumsi Kopi Secara Ekstrem, Kenali Bahaya Kafein Bagi Tubuh

by Erlita

Para penggemar KPop dan yang mengikuti boyband NCT, khususnya para NCTzen pasti tahu betul bahwa Jaemin memiliki kebiasaan ekstrem dalam menikmati kopi setiap harinya. Namun baru-baru ini, ada hal yang lebih mengejutkan dilansir dari laman Koreaboo, yakni Jaehyun yang rupanya punya kebiasaan mencengangkan terkait konsumsi kopi hampir sama dengan rekannya.

Jaemin yang mampu dalam sehari menghabiskan sekitar 6 gelas kopi setiap harinya, ternyata dirinya memiliki teman yang juga hampir sama dengannya. Jaehyun pun membagikan informasi mengenai dirinya yang mampu mengonsumsi iced americano lebih dari 5 gelas dalam sehari, hampir memecahkan rekor Jaemin bukan?

Dengan kepadatan jadwal manggung, belum lagi harus latihan ini dan itu, memang idol-idol Korea ini agaknya mendapatkan sedikit istirahat sehingga kopi adalah penyelamat mereka dari rasa ngantuk dan lelah. Namun kalau melihat dari sisi kesehatan, konsumsi kopi atau kafein berlebihan mampu memberikan efek buruk bagi tubuh cepat atau lambat, seperti:

  • Dehidrasi – Semakin banyak tubuh menerima kafein, memang sih semakin bersemangat, namun juga tubuh makin kekurangan cairan alias dehidrasi. Ini karena kafein ada sifat laksatif dan diuretik sehingga pengonsumsi nantinya jadi lebih sering buang air kecil. Jika tak diimbangi dengan asupan air putih cukup, bahaya dehidrasi dapat menyerang.
  • Osteoporosis – Minum minuman berkafein tinggi yang terlalu sering dan bahkan dalam jangka panjang pun berisiko menurunkan kepadatan mineral kalsium. Ketika tubuh kekurangan kalsium, maka sebagai akibatnya tulang kitalah yang terkena gangguan, seperti halnya osteoporosis atau pengeroposan.
  • Sulit tidur/insomnia – Kafein memang membantu kita untuk tetap melek, bersemangat serta berkonsentrasi. Namun karena efek ini jugalah banyak pengonsumsinya kemudian merasa susah tidur sehingga ketika tak bisa tidur cukup di malam hari, otomatis siang hari jadi cepat lelah.
  • Jantung berdebar – Kafein berlebihan adalah asupan yang bisa berdampak buruk pada kesehatan jantung dan pembuluh darah. Risiko penyakit gagal jantung dan stroke pun jadi lebih tinggi menurut American Journal of Clinical Nutrition.
  • Ketergantungan – Kebiasaan menikmati kopi hingga bergelas-gelas pun bisa memicu kecanduan, entah itu secara fisik atau psikologis. Tubuh akan merasakan hal berbeda dan negatif ketika sekali saja tak mengonsumsi kopi dengan jumlah sebanyak biasanya.

Menurut laporan Michigan State University Extension, konsumsi kafein yang paling dianjurkan adalah 200-300 mg per harinya. Jadi jika pun ingin mengonsumsi kopi, yang paling baik tetap adalah 2-4 cangkir saja (bukan gelas ya). Orang-orang yang sensitif terhadap kafein dan memiliki kadar kolesterol tinggi pun sebaiknya membatasi atau menghindari kafein.

You may also like