17 Cara Menghilangkan Kebiasaan Mendengkur Saat Tidur Paling Efektif

Mendengkur sepertinya sering kita dengar jika seseorang tidur. Baik anak-anak maupun orang dewasa bisa saja memiliki kondisi atau kebiasaan ini. Karena seringnya, terkadang mendengkur dianggap biasa. Ada orang yang mengatakan itu bukan hal yang berbahaya. Padahal kebiasaaan mendengkur saat tidur adalah tanda bahwa pernapasan seseorang saat tidur terhambat. Mendengkur saat tidur dapat disebabkan oleh beberapa hal, antara lain:

Cara menghilangkan kebiasaan mendengkur tentunya tergantung penyebab dengkuran. Namun, dengkuran yang tidak berbahaya dapat diatasi dengan cara di bawah ini.

  1. Lembabkan Ruangan Kamar

Ruangan kamar yang terlalu kering akibat suhu udara terlalu panas dapat menyebabkan pergerakan udara atau pertukaran udara terbatas dan berjalan lambat. Saat hal tersebut terjadi, jaringan hidung dan tenggorokan bergetar hingga menimbulkan bunyi mendengkur saat tidur. Untuk mengatasinya, ruangan kamar perlu dibuat lebih lembab. Misalnya dengan membersihkan dan menyalakan kipas angin atau AC Kamar yang lembab maksudnya adalah kamar yang mempunyai ventilasi atau pertukaran udara cukup.

  1. Turunkan Berat Badan

Dengkur dapat terjadi karena saluran pernapasan terhambat oleh lemak. Ini terjadi pada orang yang kelebihan berat badan atau gejala obesitas. Tentu saja cara mengatasinya adalah dengan menurunkan berat badan. Sekarang ini banyak berkembang berbagai diet penurunan berat badan.Tapi cara diet yang paling baik alami adalah dengan mengatur pola makan dan konsultasi dengan dokter atau ahli gizi. Selain itu, orang yang obesitas akan mudah terserang berbagai penyakit degeneratif

  1. Yoga

Yoga pada dasarnya diketahui sebagai sebuah latihan pernapasan. Pernapasan yang baik akan membantu mengatasi masalah kebiasaan mendengkur. Lakukan yoga sesuai petunjuk instruktur atau dapat menerapkan cara yoga untuk pemula di rumah. Yoga juga dapat membantu megatasi berbagai penyakit tulang, membantu mengatasi stres, dan membuat pikiran lebih rileks dan santai.

  1. Olahraga Lidah dan Mulut

Olahraga dengan menggoyangkan lidah ke berbagai arah atau mulut melakukan berbagai gerakan secara sengaja dan teratur juga mengurangi kebiasaan mendengkur. Mengunyah permen karet termasuk ke dalam olahraga lidah dan mulut. Olahraga mulut dapat membantu mengatasi tersumbatnya pernapasan karena saluran pencernaan berdekatan dengan sistem pernapasan. Pencernaan yang tidak sehat dapat menimbulkan dengkuran ketika tidur.

  1. Posisi Tidur Menyamping

Posisi tidur yang salah pada beberapa orang menyebabkan dengkuran yang kemungkinan bisa cukup mengganggu. Oleh karena itu, hindari tidur telentang apalagi dijadikan kebiasaan. Posisi tidur yang baik adalah menyamping ke kanan.

  1. Bantal Lebih Tinggi

Seperti telah dikatakan, mendengkur dapat terjadi karena penyumbatan pernapasan. Tidur dengan menambah jumlah bantal atau meninggikan kepala dapat memperlancar pernapasan, khususnya bagi penderita flu dan batuk.

  1. Berhenti Merokok

Hampir setiap orang menyadari bahaya merokok bagi alat pernapasan. Bahaya rokok khususnya dapat menyerang pernapasan. Akibatnya, mendengkur menjadi kebiasaan yang sulit dihindari. Berhenti merokok menjadi salah satu cara menghilangkan kebiasaan mendengkur.


  1. Hindari Alkohol dan Obat Jenis Penenang

Minum alkohol dan obat penenang menyebabkan seseorang sulit tidur. Salah satu bahaya alkohol adalah mengganggu pembuluh darah. Penyerapan Oksigen menjadi lebih sulit dan pernapasan terganggu. Dengkur menjadi reaksi tubuh yang normal dan menjadi alarm bagi Anda untuk menghentikan kecanduan berbagai jenis minuman beralkohol.

  1. Uap Panas

Batuk dan pilek menyebabkan pernapasan terhambat. Karena itu, orang yang menderita influenza jika tidur akan mendengkur. Uap panas akan membantu melegakan tenggorokan.  Cara membuat uap panas mudah, mulailah dengan mengisi mangkuk dengan air panas. Kemudian tutuplah bagian kepala dengan handuk sambil menghirup uap panas dari air. Beberapa orang terkadang merasa uap panas dari air saja tidak cukup. Jika demikian, air panas dapat dicampurkan dengan 1 tetes minyak kayu putih

  1. Konsumsi Herbal

Minum sari dari bahan alami seperti kapulaga, minyak zaitun, bawang putih, madu, dan susu kunyit akan membuat tidur lebih nyenyak karena pernapasan lancar. Hal tersebut terjadi karena kandungan bahan-bahan alami yang disebutkan membersihkan saluran pernapasan. Beberapa di antaranya mengandung antibiotik untuk mengatasi penyakit yang menyebabkan kebiasaan mendengkur.

  1. Banyak Minum Air

Air putih ternyata banyak manfaatnya bagi tubuh. Air putih mengatasi dehidrasi saat sakit dan air putih hangat efektif memperlebar pembuluh darah dan menurunkan panas badan. Banyak minum air putih pun mengeluarkan racun dari dalam tubuh, termasuk racun yang menghambat pernapasan. Minum air putih membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan termasuk kegemukan hingga masalah kebiasaan mendengkur.

  1. Jangan Makan Terlalu Larut Malam

Makan terlalu malam membuat saat tidur tubuh masih harus bekerja keras. Oleh karena itu, makan malam seharusnya dihentikan 2 jam sebelum tidur. Atau jika masih mau makan menjelang tidur, tidak dengan porsi yang banyak dan hanya makanan ringan. Makanan ringan adalah makanan yang tidak tinggi kalori, seperti lemak dan karbohidrat. Tubuh yang terus bekerja malam hari menyebabkan tidur tidak nyenyak dan dengkuran.

  1. Atur Pola Tidur

Pola tidur yang baik membuat kebiasaan mendengkur hilang. Pola tidur yang baik menghasilkan harmonisasi dalam tubuh sehingga lebih sehat. Istirahat di siang hari beberapa menit dan tidur minimal 8 jam di malam hari mengurangi stres yang terjadi dan menghilangkan berbagai penyakit yang dapat hinggap karena stres.

  1. Olahraga

Manfaat olahraga sangat banyak bagi kesehatan selama olah raga dilakukan dengan benar. Kurang olahraga bisa meningkatkan risiko terserang penyakit lebih mudah, jadi lakukan olahraga untuk meminimalisir dengkuran dengan latihan pernapasan dan menjaga berat badan ideal. Dengan olahraga berbagai masalah kesehatan teratasi dengan cepat.

  1. Bersihkan Rongga Hidung

Cara menghilangkan kebiasaan mendengkur yang terakhir dalam artikel ini adalah membersihkan rongga hidung.  Hal ini terkadang diremehkan, jadi bersihkan hidung khususnya saat sebelum mandi atau saat berwudhu menjelang sholat.

Di atas adalah cara menghilangkan kebiasaan mendengkur yang tidak berbahaya atau tanpa efek samping di mana intinya adalah dengan bergaya hidup sehat. Gaya hidup sehat tersebut seharusnya diterapkan sedini mungkin. Gaya hidup sehat yang tidak hanya mengatasi dengkuran ketika tidur, tetapi juga berbagai masalah kesehatan lain. Penekanan gaya hidup sehat terletak pada berhenti merokok dan minum alkohol, olahraga, makan secukupnya, dan lain -lain.

Jika sudah mencoba berbagai cara di atas tapi mendengkur tetap terjadi, maka perhatikan lagi penyebabnya. Dengkuran disebabkan radang amandel atau amandel yang membesar harus diangkat dan dioperasi. Oleh karena itu, jika dengkuran berlanjut periksalah ke dokter.  Dokter akan mendiagnosa penyebab tidur mendengkur dan akan memberikan langkah pengobatan.

, , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup