Home Featured Perut Pria Ini Robek Oleh Tusuk Gigi, Ketahui 6 Bahaya Menggunakan Tusuk Gigi

Perut Pria Ini Robek Oleh Tusuk Gigi, Ketahui 6 Bahaya Menggunakan Tusuk Gigi

by Erlita

Mengeluh sakit perut dari April lalu, pria 69 tahun ini terbiasa mengabaikannya karena dianggap sebagai sakit perut biasa saja. Padahal menurut laporan dari Oriental Daily, pria asal Provinsi Hunan, Tiongkok ini merasakan sakit perut hebat karena tusuk gigi yang masuk ke dalam perutnya dan membuat dinding perut robek.

Saat bulan September tiba, ia kembali mengalami rasa sakit di bagian perut dan langsung memeriksakannya ke dokter. Dokter pun memeriksa melalui metode gastroscope supaya mampu mendeteksi apa yang terdapat di dalam perutnya. Tim medis pun dibuat ngeri karena di dalam perutnya dijumpai adanya tusuk gigi yang sudah menembus pankreas dan dinding perut.

Rupanya, diketahui akhirnya bahwa pria ini punya kebiasaan menggunakan tusuk gigi dan menggigit-gigitnya sampai suatu hari tanpa sadar ia tertidur padahal di mulutnya masih terdapat tusuk gigi. Jadi, diduga bahwa pada bulan April itulah ia tak sengaja menelan tusuk gigi tersebut, namun ia kira tusuk gigi tersebut jatuh lalu terselip di sofa.

Tak hanya dua lubang dinding perut saja yang tersodok oleh tusuk gigi tersebut, namun lewat dinding perut rupanya pankreas ikut tertusuk. Kebiasaan membersihkan gigi dengan tusuk gigi sebenarnya sah-sah saja karena sangatlah wajar, namun ketahui apa saja bahaya menggunakan tusuk gigi selain bisa tertelan dan menembus dinding perut agar mampu mewaspadainya.

  1. Akar Gigi dan Enamel Rusak

Menggunakan tusuk gigi dengan maksud membersihkan sela-selanya dari sisa makanan memang efektif, namun hati-hati karena tanpa sadar kita justru bisa merusak email atau enamel gigi apalagi bagian akarnya. Kebiasaan mengunyah atau menggigit tusuk gigi adalah yang paling bisa meningkatkan risiko ini dan hasilnya nanti bisa terlalu sakit lho.

  1. Gusi Berdarah dan Abrasi

Meski telah terbiasa, menggunakan tusuk gigi dapat menjadi penyebab abrasi gigi dan bahkan mampu memengaruhi gusi untuk perdarahan. Hal ini tanpa disadari dapat terjadi sehingga sebenarnya perlu untuk diwaspadai supaya tidak lagi membiasakan menggunakan tusuk gigi terlalu sering apalagi menggigit-gigitnya.

  1. Bau Mulut

Maksud hati membersihkan gigi dan mulut dengan tusuk gigi, namun hati-hati karena terangkatnya sisa makanan pada celah gigi dalam waktu lama bisa menimbulkan nafas tak sedap. Bau mulut pun jadi bikin tak nyaman sehingga efek ini pun perlu diketahui serta diwaspadai dengan tak terlalu sering pakai tusuk gigi.

  1. Penurunan Gusi

Tusuk gigi yang digunakan secara sering apalagi kurang tepat tanpa sadar pun mampu membuat posisi gusi jadi turun sehingga lama-kelamaan gusi dapat merasakan sakit luar biasa. Sebagai solusi, sebaiknya tusuk gigi diganti saja dengan menyikat gigi atau berkumur dengan obat kumur biasa.

  1. Infeksi Gusi

Selain bisa memicu gusi turun dan menimbulkan rasa sakit hebat di sana, hati-hati bahwa kebiasaan penggunaan tusuk gigi juga berbahaya karena meningkatkan risiko infeksi gusi. Waspadai periodontis dan gingivitis alias radang gusi yang dapat sewaktu-waktu terjadi dan segera atasi supaya tak makin serius.

  1. Pelebaran Jarak Antar Gigi

Pembentukan rongga dapat terjadi tanpa kita sadari karena terdapat jarak antar gigi yang kemudian mengalami pelebaran akibat seringnya kita memakai tusuk gigi. Di sela-sela rongga gigi dan adanya kikisan di sana, ini justru membuka peluang bagi bakteri untuk melakukan perkembangbiakan lho.

Pada kasus pria tadi, dokter mengatakan bahwa beruntung tusuk gigi masih bisa diambil tepat waktu karena jika tidak justru mampu mengembangkan nekrosis, infeksi pankreas hingga perdarahan yang membuat pasien meninggal karena lubang di pankreasnya semakin serius. Bagi pemilik kebiasaan menggunakan tusuk gigi, hati-hati ya agar tidak seperti pria ini.

You may also like