5 Bahaya Efusi Pleura Jangan Dianggap Remeh

63

Bahaya Efusi PleuraEfusi pleura merupakan kondisi dimana paru-paru mengalami penumpukan cairan terutama di bagian pleura, yaitu rongga yang membatasi antara paru-paru dan dinding dada. Kondisi ini biasanya merupakan komplikasi dari penyakit lainnya, dan sering dirasakan gejalanya saat sudah bertambah parah. Penyakit yang dimaksud antara lain pneumonia, emboli paru, gagal jantung kongesti, dan banyak penyakit lainnya.

Efusi pleura akan menjadi sulit diobati jika terlambat mendapat penanganan, dan dapat menyebabkan sesak napas hingga berujung kematian jika ditangani dengan tepat. Berikut ini merupakan beberapa bahaya efusi pleura yang penting untuk kita ketahui agar dapat lebih waspada.

1. Tubuh Menjadi Lemas

Efusi pleura menyebabkan penderita mengalami kesulitan bernapas dalam posisi apapun, karena itu pasokan oksigen ke dalam tubuh secara otomatis akan berkurang. Hal ini mengakibatkan otak dan organ dalam tubuh yang penting lainnya menjadi terganggu karena tidak mendapat cukup oksigen. Tubuh pun menjadi lemas dan tidak sanggup untuk menjalani aktivitas.

2. Nyeri pada Dada

Bahaya Efusi Pleura lainnya adalah rasa nyeri yang muncul di dada dan ini dapat berlangsung lama. Hal ini dikarenakan cairan yang menumpuk di pleura akan menyebabkan organ paru dan sekitarnya mengalami inflamasi dan menimbulkan rasa sakit. Kondisi ini bisa menjadi sangat berbahaya jika terus dibiarkan karena dapat menimbulkan penyakit komplikasi lainnya, seperti batuk kering.

3. Demam

Ketika tubuh mengalami demam, itu artinya ada yang tidak beres dalam tubuh dan sistem imunitas beraksi hingga memicu naiknya suhu tubuh. Efusi pleura pun juga dapat memicu terjadinya demam, dan jika demam sangat tinggi hal ini akan sangat berbahaya karena akan merusak sistem saraf dan menimbulkan kejang. Bahkan fungsi organ tubuh lainnya juga dapat terganggu.

4. Sesak Napas

Bahaya Efusi Pleura selanjutnya adalah Sesak napas yang akan membuat penderita efusi pleura merasa tidak nyaman, apalagi jika sedang dalam posisi berbaring maka akan semakin sulit untuk menarik napas. Hal ini dapat mengganggu istirahat si penderita sehingga tidurnya tidak lagi berkualitas. Daya tahan tubuh pun melemah dan menyebabkan tubuh si penderita lebih rentan terkena penyakit berbahaya lainnya.

5. Kematian

Seperti yang dibahas sebelumnya, efusi pleura yang cukup parah dan terlambat ditangani dapat menjadi sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kematian. Peradangan dan rasa sesak yang terus dirasakan akan membuat tubuh tidak kuat menahan rasa sakitnya, apalagi jika tekanan pada paru-paru semakin besar. Karena itu, jangan sepelekan kondisi ini dan segeralah ke rumah sakit jika mengalami gejalanya.

Efusi pleura memang berbahaya dan dapat merenggut nyawa kapan saja. Namun jika kita tanggap dengan kesehatan dan segera pergi ke rumah sakit saat mengalami salah satu gejalanya, maka penyakit ini dapat disembuhkan. Sebaiknya, jalani pola hidup sehat agar tubuh terhindar dari penyakit yang memicu terjadinya efusi pleura.