11 Efek Berhenti Minum Kopi Pada Tubuh Wajib Diperhatikan

Efek berhenti minum kopi akan sangat terasa sekali bagi Anda yang telah kecanduan dengan minuman berkafein ini. Kedengarannya ini sangat fantastis dengan melihat bahwa kopi hanyalah sebuah minuman biasa dengan manfaat yang cukup banyak. Namun sayang, di dalam kandungan kopi terdapat kafein yang menimbulkan beberapa efek samping. Mungkin memang benar jika kopi menyimpan beberapa manfaat, tetapi bukan berarti anda melalaikan efek buruk yang menimpa ketika seseorang telah kecanduan kopi dengan tingkat yang tinggi.

Hampir semua orang dewasa mengkonsumsi minuman ini karena beberapa alasan seperti merasakan kenikmatan, membuang rasa kantuk hingga menjadikan pikiran lebih tenang. Sayangnya banyak saran mengatakan alangkah baiknya jika seseorang melepas kecanduan ini. Hal ini dikarenakan ketika Anda sudah ketergantungan terhadap kopi, maka akan ada beberapa dampak jika Anda memutuskan untuk berhenti minum kopi, diantaranya yaitu:

  1. Merasakan Kegundahan atau Rasa Tidak Menyenangkan

Dengan menghentikan kecanduan kopi akan menimbulkan rasa gundah dan gelisah. Seseorang itu juga akan merasa ada yang kurang dengan tidak meneguk kopi sehingga rasanya akan sangat tidak nyaman.

  1. Lebih Mudah/Cepat Lelah

Meski kopi memberikan efek samping negatif bukan berarti tidak sedikitpun fungsi baiknya bisa Anda dapatkan. Ketika anda minum kopi maka fikiran akan tenang dan fresh. Hal ini akan berlainan dengan ketika anda mengurangi kecanduan kopi dimana pada saat anda berusaha untuk tidak minum kopi akan lebih merasa lelah dan capek. Tidak hanya karena minum kopi saja untuk menjadikan cepat lelah dan jantung berdebar karena beberapa permasalahan juga bisa jadi penyebabnya.

  1. Menimbulkan Sakit Kepala

Sudah bukan kenyataan baru lagi jika seseorang yang telah kecanduan kopi akan ketergantungan. Mereka bisa menjadikan alasan kopi sebagai penyembuh pusing. Padahal jika di cermati, semua itu (pusing) terjadi karena tubuh dan otak sudah terkontaminasi dengan kafein. Sehingga ketika seseorang melepas kecanduan kopi hal pertama yang di rasakan adalah pusing berat. Untuk sakit kepala ini juga tidak hanya sejenis saja karena karena ada beberapa jenis sakit kepala yang mungkin Anda belum mengetahuinya.

  1. Berat Badan Turun

Mungkin untuk anda yang mempunyai kelebihan berat badan dan pengkonsumsi kopi bisa melakukan langkah yang satu ini. Kenapa? Karena salah satu efek yang terjadi ketika anda mengurangi asupan kopi hingga tidak mengkonsumsi sama sekali aman membuat berat badan menurun. Hal ini tanpa diketahui orang kalau beberapa kalori dari makanan yang masuk dengan minum kopi cukup banyak. Misalnya saat anda minum kopi sambil makan kue, kacang, pisang goreng.

  1. Menambah Berat Badan

Kopi yang dikonsumsi sambil makan makanan ringan bisa memicu kurangnya berat badan. Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa seseorang yang mengkonsumsi dapat memicu berat badan naik. Karena kafein pada kopi merupakan penekan nafsu makan yang cukup kuat bagi tubuh. Sehingga ketika tak lagi mengonsumsi kopi hal ini akan membuat Anda lapar lebih cepat.

  1. Tidur Lebih Banyak dan Lebih Berenergi

Ketika anda tidak lagi mengkonsumsi kopi, anda akan bisa menikmati tidur lebih nyenyak dan berkualitas di bandingkan ketika anda minum kopi dalam setiap hari. Selain itu anda juga akan mempunyai jasmani yang lebih berenergi dan berstamina.


  1. Lebih Tenang

Kafein merupakan stimulan yang akan membuat sistem saraf bekerja lebih keras di dalam tubuh. Selain itu, kafein bersifat vasokonstriktor yang akan membuat pembuluh darah menyempit dan tekanan darah meningkat lebih cepat. Dengan kata lain saat anda memutuskan untuk tidak minum kopi maka satu perasaan tidak tenang telah teratasi. Selain berhenti dari meminum kopi, masih ada beberapa cara menenangkan pikiran yang bisa Anda coba sendiri khasiatnya.

  1. Performa Olahraga Akan Berkurang

Hal ini berdasarkan American College of Sports Medicine yang mengatakan kalau kafein dapat meningkatkan performa dan intensitas olahraga. Ketika anda tidak lagi minum kopi rasanya tubuh jadi lemas dan hasilnya pada performa olahraga semakin menurun.

  1. Perut Terasa Lebih Nyaman

Satu hal lain dari manfaat ketika anda mulai menghentikan minum kopi yaitu perut terasa lebih nyaman. Inilah salah satu dampak atau efek baik dari berhenti mengkonsumsi kopi.


  1. Mengurangi Peningkatan Asam Lambung

Karena kafein dalam kopi memberikan efek buruk bagi asam lambung, maka menghentikan minum kopi tidak sepenuhnya menuai respon negatif tetapi anda akan terhindar dari tingginya asam lambung yang bisa naik dengan cepat akibat tegukan secangkir kopi.

  1. Kehilangan Sumber Antioksidan

Meskipun kopi tidak sepenuhnya buruk namun anda tetap harus menguranginya. Karena ketika anda mulai menghentikan asupan kopi maka ada beberapa sumber antioksidan yang hilang. Hal ini juga cukup menguntungkan mengingat akibat kelebihan antioksidan juga tidak baik bagi tubuh.

Kesimpulannya, seseorang bisa mengkonsumsi kopi dalam takaran 200-300 mg atau satu gelas saja setiap harinya. Namun jika memang Anda memutuskan untuk tidak mengkonsumsi lagi, maka beberapa atau salah satu dari efek berhenti minum kopi di atas akan Anda alami.

, , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Gaya Hidup Sehat