Minum Kopi di Pagi Hari Tepat dan Aman Tidak Sih? Simak Penjelasannya!

853

Bagi banyak orang, minum segelas kopi itu adalah di pagi hari sebagai waktu yang paling tepat. Bahkan rasanya akan seperti ada yang tak biasa kalau satu pagi saja tak mengonsumsinya. Namun, minum kopi di pagi hari apalagi diprioritaskan lebih dari sarapan apakah baik? Anda perlu tahu faktanya agar minum kopi pada waktu yang benar.

Minum kopi di waktu pagi tepatkah?

Minum kopi sebelum sarapan jelas kurang tepat, apalagi bagi yang memang sudah punya riwayat penyakit maag atau lambung, darah tinggi, penyakit jantung, hingga kolesterol tinggi dan penyakit stroke. Minum kopi pagi hari dalam kondisi perut belum terisi apapun adalah yang paling harus dihindari.

Kopi banyak banyak orang adalah penambah semangat di pagi hari bukan? Namun sebenarnya waktu minum kopi yang baik bukanlah di jam-jam awal apalagi setelah bangun tidur, walau sudah mengisi perut. Justru yang paling dianjurkan adalah meminum kopi kurang lebih jam 10 pagi setelah Anda tiba di kantor.

Mengapa harus menunggu jam 10-an? Ini karena di dalam tubuh khususnya pada pagi hari hormon kortisol sedang naik atau tinggi dan hormon ini sebenarnya sudah cukup untuk membuat Anda melek dan berkewaspadaan tinggi. Dengan begitu, tubuh tak memerlukan kafein sebagai stimulan otak sekaligus tubuh Anda.

Bahkan pelepasan hormon kortisol biasanya terjadi di antara jam 8-9 pagi sehingga mengonsumsi kopi pada jam tersebut bukanlah hal yang baik. Jadi, alangkah baiknya Anda menunggu jam 10 atau lebih untuk minum kopi daripada pagi-pagi sekali. Jika ingin mengawali pagi, Anda perlu memilih air mineral yang juga akan menghindarkan Anda dari dehidrasi.

Tips Minum Kopi yang Tepat dan Sehat

Ada beberapa hal yang penting untuk Anda ketahui tentang konsumsi kopi yang benar, sehat dan tepat menurut waktu hingga jenis kopi yang sebaiknya diminum. Berikut ini adalah sejumlah tips bagi Anda yang ingin tetap mengonsumsi kopi tapi tidak membahayakan kesehatan tubuh.

  • Antara jam 10-11 pagi, Anda bisa meminum kopi karena turunnya produksi hormon kortisol dalam tubuh. Tubuh mulai membutuhkan asupan kafein karena pada jam tersebut biasanya akan melemas.
  • Pada jam 12 hingga 1 siang, ada kenaikan hormon kortisol lagi, lalu turun di antara jam 2-5 sore sehingga Anda bisa meminumnya di waktu-waktu tersebut supaya menjadi lebih semangat dan produktif.
  • Dalam sehari, Anda hanya perlu mengonsumsi 3 cangkir kopi dan sebaiknya pun diatur waktunya seperti yang sudah dianjurkan sebelumnya. Usahakan agar tidak berlebihan agar tidak membahayakan kesehatan tubuh.
  • Kalaupun Anda memilih minum kopi pada jam 10, pastikan bahwa Anda sudah sarapan alias mengisi perut lebih dulu.
  • Saat Anda tahu waktu sudah menjelang malam, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi kopi. Konsumsi kopi menjelang malam atau sudah masuk malam hari hanya akan membuat otak terstimulasi dan akhirnya menyebabkan susah tidur alias insomnia.
  • Kopi yang diminum pun yang jauh lebih baik adalah kopi hitam dan tidak memakai tambahan susu maupun gula. Jika pun ingin menikmati kopi dengan tambahan susu, masukkan sedikit saja. Bahkan untuk tambahan gula serta krim pastikan tidak terlalu banyak supaya tak meningkatkan risiko kolesterol tinggi dan diabetes tipe 2.
  • Untuk menggantikan kopi di pagi hari tepat setelah bangun tidur atau di waktu antara jam 6-10, Anda bisa mengonsumsi air mineral. Air putih yang Anda tambah dengan perasan lemon sedikit akan menyegarkan tubuh. Bahkan stres di pagi hari bisa mereda berkat kandungan vitamin C pada perasan lemon yang ditambahkan.

Jadi, minum kopi di pagi hari tepat dan aman atau tidak? Sayangnya, konsumsi kopi pagi-pagi kurang dianjurkan apalagi pada kondisi perut kosong. Paling aman dan paling disarankan, Anda bisa mengonsumsi kopi saat waktu sudah menunjukkan jam 10 atau lebih dari itu.

Waspadai konsumsi minum kopi ketika perut belum terisi apapun, sebab ini bisa menjadikan tubuh mengalami dehidrasi. Saat dehidrasi terjadi, ketidakteraturan detak jantung pun dialami dan sebagai akibatnya, tekanan darah pun terpengaruh. Jadi bila ingin tetap sehat, pastikan Anda tahu waktu tepat mengonsumsi kopi.