Minum Kopi Sebelum Sarapan Baik Atau Tidak? Ini Penjelasannya!

1108

Beberapa orang memiliki kebiasaan minum kopi tepat setelah bangun tidur dalam kondisi perut kosong alias sebelum sarapan apapun. Alasannya pun beragam, seperti misalnya meyakini bahwa kopi di pagi hari akan mengusir rasa kantuk sekaligus menambah semangat. Asalkan sudah minum kopi, tak masalah untuk tidak sarapan bagi beberapa orang.

Hanya saja, minum kopi di saat perut masih kosong sebelum sarapan dan bahkan tidak disusul sarapan sama sekali setelahnya apakah merupakan hal yang baik bagi kesehatan? Sayangnya, ini adalah kebiasaan buruk yang perlu diubah untuk sejumlah orang walau memang sebagian merasa hal ini baik-baik saja.

Minum kopi sebelum sarapan boleh dan aman atau tidak?

Pada dasarnya, mengonsumsi kopi sebelum sarapan alias dalam kondisi perut kosong tidaklah berbahaya, asalkan Anda tak memiliki riwayat gangguan pencernaan pada lambung sama sekali. Jika Anda memiliki masalah pada lambung sebelumnya, seperti asam lambung, penyakit maag dan lainnya, maka kafein di dalam kopi bakal membuat produksi asam lambung mengalami peningkatan.

Bila Anda merasa bahwa lambung Anda tidak bermasalah dan baik-baik saja, minum kopi bahkan sebelum sarapan apapun berpotensi tak menimbulkan keluhan apapun. Namun bagi yang sudah punya penyakit maag apalagi asam lambung yang kronis, minum kopi setelah makan saja akan berdampak buruk dan bisa menyebabkan kekambuhan.

Meski tak ada salahnya mengonsumsi kopi sebelum sarapan bagi yang tak memiliki riwayat penyakit lambung, tetap dianjurkan untuk minum kopi sesudah sarapan saja. Ini karena ada pula risiko di mana perut akan terasa tidak nyaman dan juga kembung jika dikonsumsi sebelum makan apapun. Untuk kesehatan tetap terjaga hingga masa mendatang, Anda perlu mulai mengubah kebiasaan ini di mana perut diisi makanan dulu sebelum menyesap secangkir kopi.

Alasan Mengapa Kopi Sebaiknya Tidak Diminum Sebelum Sarapan

Selain berbahaya bagi yang memiliki riwayat asam lambung sehingga menimbulkan kenaikan kadar asam lambung, ada beberapa alasan lainnya mengapa kopi tidak seharusnya dikonsumsi saat perut kosong sebelum sarapan.

  • Menghambat produksi hormon kortisol

Produksi kortisol, yakni hormon yang membantu kita agar malam hari merasa ngantuk dan pagi hari dapat bangun tepat waktu justru terhambat dengan meminum kopi sebelum sarapan. Dilansir dari Lifestyle Kompas, kortisol yang dilepaskan oleh otak pada pagi hari sangatlah banyak agar kita terbangun.

Saat bangun tidur lalu dilanjutkan dengan minum kopi secara langsung, ini menjadi faktor penyebab penurunan produksi kortisol. Itulah mengapa kemudian tubuh pada akhirnya menjadi ketergantungan terhadap kafein yang terkandung di dalam kopi pemberi efek melek. Dengan konsumsi kopi sebelum sarapan berkepanjangan, tubuh pun lama-lama pasti kebal terhadap efek dari kafein tersebut.

Kopi di pagi hari apalagi sebelum sarapan diyakini memberikan semangat lebih besar dalam mengawali segala bentuk aktivitas. Namun minum kopi juga ada efek buruknya, seperti misalnya memicu rasa stres dan perubahan mood. Jika minum kopi pagi-pagi sebelum sarapan dibiasakan, detak jantung pun menjadi jauh lebih cepat yang otomatis menyebabkan diri lebih gampang merasa stres.

  • Meningkatkan kecemasan

Selain memudahkan seseorang merasa stres, rasa cemas pun dapat meningkat ketika mengonsumsi kopi justru pagi-pagi sebelum sarapan. Pada waktu pagi hari, hormon serotonin (hormon pemicu rasa bahagia, rileks dan tenang) yang otak produksi berada pada kadar yang termasuk rendah.

Jika ditambah dengan minum kopi setiap pagi saat perut belum terisi apapun, tekanan darah pun bakal ikut naik dan detak jantung meningkat sehingga mudah untuk merasa cemas dan panik saat pagi-pagi. Itulah mengapa minum kopi yang benar adalah setelah perut terisi dengan makanan padat.

Apabila mungkin Anda kurang selera untuk sarapan langsung di pagi hari, apalagi makan makanan padat, cobalah untuk menambahkan susu pada kopi Anda. Atau jika Anda sering minum kopi hitam sebelum sarapan, kini mulailah biasakan untuk menambahkan sesendok mentega agar tubuh bisa memperoleh nutrisi yang cukup dari sumber makanan lainnya.

Dengan menambahkan mentega atau susu pada kopi yang Anda minum, hal tersebut juga akan meminimalisir segala efek bahaya kopi bagi kesehatan yang dapat terjadi pada tubuh Anda. Tak hanya itu, minum air hangat sebelum sarapan dan tepat setelah bangun tidur jauh lebih dianjurkan ketimbang minum kopi sebelum sarapan.