Inilah Cara Aman Menggunakan Fasilitas : Toilet Umum

656

Kegiatan – kegiatan yang anda lakukan di luar rumah secara rutin setiap hari, seperti ke kampus, ke kantor atau sekedar jalan – jalan ke mall – mall di kota anda, mengharuskan anda untuk memanfaatkan toilet umum. Misalkan saja toilet mall atau toilet kantor.

Sekilas pandang, kondisi WC umum ini terlihat bersih seperti WC di rumah sendiri. Meskipun demikian, anda tetap harus waspada terhadap kehadiran kuman – kuman penyebab penyakit pada umumnya suka bersarang di toilet / WC umum ini. Kuman – kuman tersebut adalah Salmonella, Streptococcus, E. Coli dan virus jenis lainnya yang dengan mudah menyebabkan anda terserang Penyakit Flu, radang tenggorokan, atau gangguan pencernaan.

Bagaimanakah cara kuman – kuman tersebut masuk ke dalam tubuh si penderita ?

Kuman – kuman penyakit pada umumnya masuk ke dalam tubuh anda melalui interaksi yang sedang anda lakukan di dalam WC umum terhadap benda – benda di sekitarnya. Contohnya adalah saat anda sedang menyentuh flush pada kloset, keran, pegangan pintu atau benda – benda yang lainnya dengan terbiasa anda pegang / sentuh. Setiap orang pastilah pernah memanfaatkan WC / toilet umum karena yang namanya manusia tidak mungkin akan mampu menahan keinginan untuk segera ke toilet daripada kebelet, bahkan jika dipaksa ditahan maka justru akan menyebabkan munculnya masalah baru pada tubuh seperti kemungkinan besar anda dapat terkena infeksi saluran kemih.

Bagaimanakah cara terbaik untuk melindungi diri dari kuman – kuman penyakit di WC umum ?

Meskipun kuman – kuman penyakit mudah bersarang di WC umum, anda jangan merasa khawatir berlebihan untuk menggunakan toilet umum karena dikenal beberapa cara jitu guna melindungi diri agar tubuh terhindar dari kuman – kuman penyakit yang biasa berlindung di tempat – tempat umum, seperti yang kami rangkum dari berbagai sumber berita tersebut di bawah ini, antara lain :

1/Barang bawaan anda seperti tas, dompet, atau benda – benda yang lainnya harap dijaga kebersihannya dan jangan sembarangan meletakkan di lantai toilet.

2/Lakukan flush guna mengeluarkan urine dan kotoran lainnya sebelumnya yang menjadi sarang subur bakteri, sebelum anda menggunakan kloset.

3/Seka / bersihkan terlebih dahulu dudukan toilet dengan memakai tisu sebelum anda menggunakan kloset duduk.

4/Hindari duduk di atas dudukan kloset apabila dudukan kloset dalam kondisi kotor atau basah karena sebelumnya ada yang memakai. Posisikan tubuh anda adalah dalam posisi duduk melayang tanpa seluruhnya area pantat menyentuh dudukan kloset. Bertumpulah pada dinding WC atau pintu saat anda akan melakukan BAB atau kencing bagi kelompok wanita.

5/Wajib melapisi dudukan kloset dengan pelapis dudukan kloset (jika tersedia), atau gunakan tisu tebal sebagai pelapisnya.

6/Jangan menyentuh benda apa saja yang ada di toilet umum. Gunakan tisu ketika anda hendak menekan flush pada kloset atau akan membuka pintu jika sudah selesai BAB atau kencing.

7/Setelah anda usai BAB atau selesai memakai kloset, wajib mencuci tangan dengan memakai sabun yang tersedia. Lakukan cuci tangan dengan cara yang benar sekitar 20 s/d 30 detik, termasuk di dalamnya adalah menggosok telapak tangan, punggung tangan, sela – sela jari tangan dan daerah di bawah kuku. Jika di dalam toilet tersedia air panas maka lebih bersih menggunakan air panas untuk membunuh kuman.

8/Setelah selesai mencuci tangan maka wajib keringkan dengan memakai tisu bersih.

9/Tutuplah kloset sebelum anda menekan flush (jangan lupa memakai tisu). Apabila dalam kondisi terbuka maka memudahkan kuman – kuman di dalam kloset untuk meloncat – loncat keluar dan dengan mudah masuk atau menempel di dalam tubuh anda. Jika kloset tanpa penutup maka jauhi kloset ketika anda akan melakukan flush.

10/Apabila secara kebetulan anda membawa cairan pencuci tangan yaitu alkohol maka sebaiknya alkohol digunakan tanpa pembilas atau diaplikasikan setelah anda usai mencuci tangan dan meninggalkan toilet.
Hal – hal penting lainnya perlu mendapat perhatian dari anda jika kebetulan menggunakan WC umum agar terhindar dari penyakit adalah imbangi dengan menjaga kondisi tubuh tetap sehat sehingga anda akan terbebas dari gangguan kuman – kuman yang suka bersarang di toilet umum.

Semoga bermanfaat !