Waspada! 5 Gaya Hidup Tidak Sehat Ini Dapat Memicu Kematian

96

Pergeseran zaman membuat banyak orang terlena dengan berbagai aktivitasnya hingga sering melupakan kesehatan. Demi mencari kesenangan sesaat, tanpa disadari pola hidup yang tidak sehat pun mulai dijalani. Tanpa disadari pula gaya hidup yang buruk tersebut lama kelamaan akan menyebabkan munculnya berbagai penyakit hingga penderitanya meninggal. Kondisi sejatinya dapat kita hindari jika mau sedikit saja lebih peduli dengan apa yang kita jalani setiap harinya. Jika Anda terbiasa menerapkan gaya hidup buruk, berhati-hatilah dengan gaya hidup tidak sehat ini karena dapat memicu kematian datang lebih cepat.

1. Merokok

Siapapun pasti setuju jika merokok adalah kebiasaan buruk yang dapat membahayakan kesehatan, namun masih banyak yang mengabaikan fakta tersebut dan terus menikmati asap rokok yang diisapnya setiap hari. Merokok dapat menyebabkan banyak gangguan kesehatan seperti jantung koroner, hipertensi, sesak napas hingga kanker paru-paru yang semuanya dapat berujung pada kematian. Jadi, waspadalah jika Anda sering merokok, dan sebaiknya mulai hentikan kebiasaan tersebut.

2. Makan Lemak Berlebih

Makanan yang mengandung lemak biasanya memang terasa lebih nikmat, dan penggemarnya pun cukup banyak. Sebut saja seperti makanan bersantan, gorengan dan makanan lainnya yang banyak mengandung minyak sangat diminati, padahal lemak jahatnya dapat merusak tubuh kapan saja. Kandungan lemak jahat dalam makanan yang masuk ke dalam tubuh akan menumpuk dan sulit untuk dicerna, sehingga memicu berbagai penyakit seperti kolesterol, darah tinggi, asam lambung dan penyakit jantung.

3. Menahan Kencing

Kebiasaan menahan kencing dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada saluran kemih dan kerusakan pada ginjal secara permanen. Saat air seni terkumpul di kantung kemih, maka seharusnya dibuang segera. Jika dibiarkan penuh terlalu lama, maka air seni yang banyak mengandung bakteri dapat menginfeksi dinding saluran kemih atau kantung kemih. Lebih parahnya, air seni dapat masuk kembali ke dalam ginjal dan menyebabkan infeksi akut. Jika sering terjadi, maka hal ini dapat menyebabkan gagal ginjal yang membahayakan nyawa.

4. Melewatkan Waktu Makan

Orang yang beralasan ingin diet atau terlalu sibuk dengan pekerjaannya, sangat sering melewatkan waktu makan meski hanya memakan waktu sedikit. Padahal, gaya hidup seperti ini dapat berdampak buruk terhadap kesehatan. Melewatkan waktu makan pada orang yang diet justru dapat membuatnya makan lebih banyak di lain waktu sehingga penumpukan lemak justru terjadi lebih cepat. Sementara itu, lambung yang tidak diisi pada waktunya akan mengalami masalah seperti iritasi hingga naiknya asam lambung yang menyebabkan perut terasa perih.

5. Mengkonsumsi Alkohol

Sedikit atau banyak, alkohol tetap tidak baik untuk kesehatan, namun banyak orang mengkonsumsinya demi mendapat sensasi ketenangan sesaat. Kebiasaan mengkonsumsi alkohol dapat membuat fungsi organ tubuh terganggu dan dampaknya berbagai penyakit berbahaya akan muncul. Alkohol dapat menyebabkan penyakit jantung, kerusakan otak, kerusakan atau kanker hati dan masalah pada lambung hingga paru-paru.

Sebaiknya pola hidup tidak sehat di atas dijauhi sebisa mungkin, agar kesehatan tubuh dapat terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit. Dengan begitu, kita telah menyelamatkan nyawa dari dampak mematikan kebiasaan buruk tersebut.