Ini 9 Hal yang Perlu Dilakukan dalam Memperkecil Risiko Penyakit Ginjal

613

Ginjal berperan besar sebagai pembuang racun dari dalam tubuh, bahkan fungsinya sebagai penyeimbang tekanan darah serta cairan tubuh sangat besar. Itulah kenapa ginjal harus dijaga kesehatannya dari segala macam gangguan. Intip beberapa hal penting yang bisa dilakukan apabila ingin memperkecil potensi terkena penyakit ginjal seperti berikut ini.

  1. Mengurangi Asupan Lemak Trans dan Lemak Jenuh

Lemak yang berjenis lemak trans dan lemak jenuh adalah yang tak sehat bagi tubuh apalagi kalau asupannya terlalu berlebihan. Demi ginjal yang sehat, mulailah batasi konsumsi makanan kemasan, gorengan, makanan cepat saji, dan daging-daging berlemak di mana makanan-makanan ini biasanya adalah sumber lemak trans dan lemak jenuh tinggi.

  1. Memperbanyak Asupan Buah dan Sayur

Konsumsilah buah dan sayur segar untuk menjaga kesehatan ginjal dan menurunkan risiko penyakit ginjal. Pastikan untuk setiap hari mengonsumsi lima porsi buah dan sayur yang tak hanya bagus untuk ginjal, tapi juga mampu menghindarkan Anda dari gangguan sistem pencernaan.

  1. Minum Air Putih Cukup

Kebutuhan cairan tubuh yang terpenuhi akan memperlancar aliran darah ke ginjal juga. Oleh sebab itu, penting untuk mengonsumsi cukup air putih setiap hari 6-10 gelas supaya ginjal tetap sehat. Bahkan sebagai pencegahan infeksi saluran kencing, cara ini salah satu yang alami dan terjitu, termasuk juga cara mencegah dehidrasi yang mengganggu fungsi ginjal.

  1. Mengurangi Asupan Makanan Asin atau Garam

Bagi yang suka mengonsumsi makanan-makanan asin atau yang mengandung garam tinggi, sebaiknya mulai membatasi jika dulunya gemar makan terlalu banyak. Tak hanya berisiko tekanan darah tinggi, asupan garam tinggi juga berpengaruh pada fungsi ginjal. Maka kurangi asupan makanan kalengan, makanan kemasan, makanan cepat saji, dan makanan berpengawet tinggi.

  1. Menjaga Agar Berat Badan Tetap Ideal

Berat badan yang berlebih tak hanya kurang baik untuk kesehatan jantung, otot dan sendi, sebab nyatanya ginjal juga bakal bekerja secara lebih keras karena tubuh yang kegemukan. Jika kinerjanya lebih keras, otomatis prosesnya pun jadi lebih lambat dan tak maksimal.

  1. Rutin Olahraga

Kurang olahraga bisa lebih mudah mendatangkan berbagai gangguan kesehatan, tak terkecuali masalah pada organ ginjal. Sehari 20 menit saja berolahraga bisa meminimalisir penyakit ginjal dan membuat ginjal bekerja secara lebih optimal.

  1. Menghindari Aktivitas Konsumsi Alkohol dan Merokok

Bahaya merokok bagi kesehatan tak hanya berdampak buruk bagi paru-paru, kulit dan mulut. Bahaya minuman keras bagi kesehatan pun tak hanya meliputi kesehatan saraf dan otak. Keduanya perlu dihindari agar tidak merusak ginjal karena kandungan-kandungan racun di dalamnya yang dapat mengganggu kinerja ginjal.

  1. Rajin Cek Kolesterol, Tensi, dan Gula Darah

Kadar kolesterol, kadar tekanan darah, dan kadar gula darah yang tak terkontrol dengan baik dapat menjadi faktor-faktor yang meningkatkan risiko penyakit ginjal. Kolesterol dan tekanan darah yang tinggi rupanya mampu membuat ginjal tertekan dan bekerja secara lebih berat atau keras.

Sementara ketika kadar gula darah yang terlalu tinggi, pembuluh darah yang mengalirkan darah menuju ginjal dapat terganggu dan cenderung rusak. Bahkan bagian ginjal yang berfungsi sebagai penyaring darah dapat terkena dampak buruknya juga. Jika tak mulai mengendalikan tekanan darah, kadar kolesterol dan kadar gula darah, gagal ginjal atau ginjal bocor dapat berpotensi besar untuk terjadi.

  1. Menghindari Penggunaan Obat Tertentu

Mengonsumsi obat dalam jumlah yang banyak, terlalu sering atau jangka panjang dapat memengaruhi fungsi dan kesehatan ginjal, padahal ginjal adalah organ yang membuang sisa-sisa obat dari dalam tubuh. Jika pun benar-benar membutuhkan obat untuk kondisi kesehatan Anda, konsultasikan dengan dokter, dan konsumsilah sesuai resep dan anjuran dokter.

Hindari penggunaan obat tertentu secara sembarangan, seperti penggunaan obat aspirin dan ibuprofen yang termasuk dalam golongan obat anti-inflamasi nonsteroid. Bahkan obat antibiotik pun sebenarnya perlu dihindari kalau memang tubuh tak terlalu membutuhkannya. Waspadai juga akan efek obat herbal maupun suplemen yang selama ini dianggap lebih aman, padahal jika berlebihan dan memakai jangka lama, hal ini pun dapat juga mengancam kesehatan ginjal.

Demikianlah beberapa tips atau langkah aman dalam menghindari potensi terkena penyakit ginjal. Fungsi ginjal secara alamiah bakal menurun seiring usia kita yang bertambah, sama seperti fungsi organ tubuh lainnya. Itulah kenapa, mulai sekarang jalani tips diet sehat supaya fungsi ginjal tetap baik ketika usia sudah lanjut sekalipun.